5 Kota Terbaik untuk Berbisnis Selain Jakarta, Untukmu yang Ingin Mulai atau Ekspansi Usaha

kota terbaik untuk berbisnis

Setiap kota di Indonesia menjadi menarik bukan hanya karena letak geografisnya semata, namun ada juga berbagai alasan lainnya, dari yang lebih sentimental atau justru praktis. Katakan saja Yogyakarta, ketika nama kota ini disebut maka akan banyak yang menganggapnya sebagai kota romantis, berisi nostalgia, dan sejenisnya. Sedangkan kota lain juga punya ciri khasnya masing-masing. Jika dikaitkan dengan bisnis, ternyata juga tak semua kota memiliki prospek yang sama bagusnya.

Advertisement

Beberapa kota dianggap menjadi tempat yang ideal untuk para pengusaha yang ingin memulai atau melebarkan bisnisnya karena memiliki ciri tertentu. Nah, kota apa sajakah yang dimaksud? Berikut daftarnya dilansir dari berbagai sumber, seperti Lokadata dan Liputan6. Simak sampai habis ya!

1. Selain terkenal sebagai tempat yang menyenangkan, Bandung juga dikenal sebagai kota yang kreatif sehingga cocok untuk berbisnis

Ketika membuka marketplace di bidang fesyen mungkin produk dari Bandung akan mudah ditemui. Kota yang satu ini ternyata memang memiliki daya tarik tersendiri di bidang kreatif serta menjadi salah satu kota yang terkenal dengan pusat perbelanjaannya yang ramai dikunjungi sehingga ada banyak peluang bisnis di dalamnya. Tak hanya itu, Bandung memiliki sumber daya berkualitas karena memiliki universitas terbaik khususnya di bidang teknologi.

2. Sudah jadi rahasia umum kalau Surabaya menjadi salah satu kota besar dengan berbagai bisnisnya

Surabaya/ Credit: Laman Surabaya via www.surabaya.go.id

Surabaya merupakan kota metropolitan terbesar kedua selain Jakarta. Berbagai sumber daya ada di sana dan didukung pula dengan infrastruktur yang memadai. Para investor juga tak segan untuk menanamkan modal mereka di kota ini. Mulai dari perusahaan di bidang konstruksi hingga bisnis ritel bisa dikembangkan di sini. Banyaknya orang yang tinggal maupun berkunjung dengan daya beli tinggi juga jadi market yang bagus untuk bisnis akomodasi, kuliner, dan lain sebagainya.

Advertisement

3. Tangerang juga merupakan salah satu kota yang menjadi pusat bisnis dan memiliki lokasi yang strategis

Kota yang berbatasan langsung dengan ibu kota ini merupakan lokasi yang strategis untuk berbisnis karena memiliki Bandara Internasional Soekarno-Hatta dan jalan tol utama. Transportasi umum yang tersedia pun membuat kota ini lebih dinamis. Tak hanya cocok untuk berbisnis dalam skala yang sangat besar, anak muda juga bisa berbisnis di bidang kreatif. Wali kotanya pun mendukung dengan mengadakan workshop film dan foto.

4. Medan juga menjadi salah satu kota yang strategis sehingga memiliki peluang yang bagus untuk membuka bisnis

Kota kreatif/ Credit: Laman Medan

Ada beberapa kelebihan yang bisa didapatkan ketika membuka bisnis di Medan yaitu lokasi strategis di mana ada pelabuhan dan bandara internasional serta lokasinya tak begitu jauh dari Singapura, memiliki sumber daya manusia yang baik, dan memiliki biaya operasional yang cenderung rendah. Ada beberapa bidang yang populer di kota ini seperti impor dan ekspor, agrikultur, dan estat.

Advertisement

 5. Selama ini Palembang terkenal sebagai tuan rumah untuk berbagai acara olahraga ternyata kota ini cocok untuk berbisnis juga

Seperti beberapa kota sebelumnya, Palembang juga termasuk salah satu kota yang strategis. Kota ini bahkan juga sering digunakan untuk menyelenggarakan event nasional seperti PON hingga Asian Games. Masalah logistik di kota ini juga diprediksi menjadi semakin mudah karena adanya perkembangan di bidang transportasi seperti kereta api. Tahun 2020 lalu, kafe-kafe baru mulai makin banyak bermunculan yang menandakan para penduduk kota ini menjadi lebih konsumtif sehingga berbagai bisnis mulai dari skala besar hingga kecil semua bisa dicoba.

Itu dia beberapa kota yang bisa kamu jadikan acuan jika ingin mengawali atau mengembangkan bisnismu nantinya. Tentunya setiap kota sebenarnya menawarkan peluang usaha jika kita mampu melihatnya namun beberapa di antaranya memiliki penawaran yang lebih.

Untukmu yang saat ini ingin atau sedang merintis usaha, gabung yuk sama komunitas UMKM #KitaMulaiBersama! Daftar di bit.ly/MILISKMB untuk berlangganan newsletter supaya nggak ketinggalan info berisi konten dan event menarik seputar kewirausahaan dan pengembangan UMKM.

Baca sepuasnya konten-konten pembelajaran Masterclass Hipwee, bebas dari iklan, dengan berlangganan Hipwee Premium.
Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE