Baru Berusia 12 Tahun, Bocah ini Sudah Sukses Jadi Investor lo. The Next Han Ji Pyeong?

kwon joon investor muda

Masih ingat nggak SoHip, ketika berusia 12 tahun kamu ngapain aja selain belajar? Bermain? Membantu orang tua? Atau malah belajar berinvestasi?

Advertisement

Membaca yang terakhir mungkin kamu langsung berpikir “Ya kali~” Padahal ternyata ada lo anak berusia 12 tahun bernama Kwon Joon yang belakangan ini hangat jadi perbincangan di kalangan para investor karena berhasil mendapatkan return yang tinggi melalui investasinya.

Ia banyak disebut sebagai The Next Warren Buffet tapi dengan usinya yang masih muda dan asalnya dari Korea Selatan mungkin malah karakter Han Ji Pyeong yang mampir di kepalamu saat mendengar ceritanya. Nah, seperti apa ceritanya? Simak nih ulasan lengkapnya…

Nama Kwon Joon jadi terkenal karena investasinya mampu mendapatkan return hingga 43% di usianya yang masih 12 tahun

Investor muda/ Credit: standret on Freepik via www.freepik.com

Kwon mendapatkan keuntungan hingga 43% pada tahun 2020 lalu melalui investasi pasar saham. Awalnya, ia meminta bahkan membujuk ibunya supaya membuka rekening di pasar saham pada bulan April tahun 2020 lalu karena dirinya masih di bawah umur. Hal ini ia lakukan di sela-sela sekolah yang selama pandemi dilakukan di rumah. Sebagai deposit awal, ia menggunakan uang sebanyak 25 juta won atau Rp313,6 juta setelah mendengarkan seorang ahli di televisi yang mengatakan bahwa kesempatan ini hanya terjadi sekali dalam satu dekade yaitu saat KOSPI mulai pulih dari penurunan terbesar selama satu dekade.

Advertisement

Kwon memilih Warren Buffet sebagai referensinya, ia juga memilih untuk berinvestasi dalam jangka waktu yang lama

Kwon kini jadi makin rajin membaca berita tentang bisnis untuk memulai harinya, ia juga menjadikan Warren Buffet sebagai panutannya. Dilansir dari Reuter, Kwon mengaku bahwa alih-alih berfokus pada investasi jangka pendek, ia lebih memilih untuk melakukan investasi dalam jangka waktu panjang seperti 10 hingga 20 tahun untuk memaksimalkan keuntungannya. Sebagai seorang investor pemula, ia juga memilih untuk ‘value investing’ pada saham blue chip dengan dana yang ia dapat melalui hadiah, menjual mobil-mobilan, hingga menjalankan mesin penjual otomatis.

Ternyata tren investasi oleh anak muda kini sedang tren di Korea Selatan terutama ketika sedang pandemi

Credit: Photo by Nataliya Vaitkevich from Pexels via www.pexels.com

Investor ritel kini juga makin banyak didominasi oleh para remaja atau bahkan anak-anak yang lebih muda di Korea Selatan. Pada tahun 2019 saja, mereka bahkan sudah mengambil bagian lebih dari 2/3 dari keseluruhan nilai yang diperdagangkan di bursa saham. Tren ini mulai muncul karena adanya masalah pendidikan dan pekerjaan yang muncul karena adanya pandemi Covid-19. Orang tua Kwon, khususnya ibunya juga mendukung passion sang anak yang tertarik di bidang bisnis.

Advertisement

Kwon mendobrak pakem yang selama ini berlaku bahwa hanya orang dewasa yang bisa mengelola uang apalagi sampai berinvestasi

Banyak yang mengira bahwa berinvestasi hanya bisa dilakukan dengan jumlah uang yang banyak sehingga harus menunggu ketika penghasilan sudah tinggi. Padahal semakin cepat memulai maka semakin banyak pula benefit yang bisa didapatkan seperti adanya penghasilan pasif, masa depan yang lebih aman, bisa mengumpulkan aset lebih banyak, dan berlatih untuk disiplin menggunakan uang.

Semakin muda maka kemungkinan return yang didapatkan juga semakin banyak. Lagipula, ternyata kamu bisa kok mulai investasi walau hanya memulai dengan jumlah yang sedikit. Jika merasa risiko investasi saham terlalu tinggi, maka kamu bisa memulai dulu dengan investasi lain seperti equity crowdunding melalui platform yang aman yaitu Bizhare.

Setelah mengunduh aplikasinya, kamu bisa lo menggunakan kode referal HIPWEE dan mulai berinvestasi pada semua jenis bisnis yang terdaftar di platform Bizhare mulai dari Rp50.000 saja. Siapa tahu kan makin lama bisa makin sukses seperti Dik Kwon Joon ini ya kan~

Baca sepuasnya konten-konten pembelajaran Masterclass Hipwee, bebas dari iklan, dengan berlangganan Hipwee Premium.
Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE