Siapa sih yang tidak ingin menjalani hari yang produktif? Energi berlipat ganda dari semangat dan fokus yang dimiliki akan membuat seseorang mampu menjalani kewajibannya dengan lebih baik. Permasalahannya, tidak setiap hari kita dihadapkan pada keadaan yang bisa membuat kita maksimal mengeluarkan modal produktivitas yang dimiliki.

Mood yang kurang baik, masalah dengan orang-orang terdekat, hingga rasa malas bisa jadi penghalangnya. Tapi jangan patah arang dulu ya, selalu ada cara kok untuk selalu menciptakan ruang bagi munculnya produktivitas. Salah satu jalannya adalah lewat menerapkan 9 perubahan ini di hidupmu.

1. Buat To-Do Lists-mu Dulu, Sebelum Beralih Ke Rutinitas Membaca Surat Elektronik

Buat to do listsmu dulu via m.c.lnkd.licdn.com

Sesampainya kamu di tempat aktivitas, bukalah agendamu dan tuliskan hal apa saja yang perlu kamu selesaikan di hari tersebut. Atur dan prioritaskan kewajibanmu sedemikian rupa. Jauhkan tanganmu dari mouse dan laptop. Jangan biarkan dirimu tergoda untuk membuka e-mail sebagai kegiatan pertama hari itu.

Mengubah kebiasaan untuk tidak langsung membuka e-mail di awal hari bisa membuatmu lebih fokus pada hal-hal yang lebih penting untuk diselesaikan hari itu. Selalu yakinkan dirimu bahwa e-mail bisa menunggu. Daripada menyia-nyiakan energi untuk melakukan sesuatu yang kurang produktif, lebih baik kamu geber tenagamu untuk menyelesaikan tugas terpentingmu.

2. Tempatkan Tugas Tersulit Di Urutan Pertama, Jangan Menghindarinya

Advertisement

Selesaikan tugas tersulit di urutan pertama via triplethreatpress.tumblr.com

Apa tugas tersulitmu hari ini? Membuat laporan untuk bos, menulis artikel, menyelesaikan skripsi dan paper yang menumpuk, atau justru menyiapkan desain yang sesuai dengan keinginan klien? Sebagai manusia, kita kerap secara tidak sadar menyingkirkan tugas tersulit tersebut dari depan mata. Menghindarinya dengan menyibukkan diri untuk melakukan hal yang lain.

Ubahlah paradigma mengenai tugas tersulit ini. Alih-alih menundanya hingga akhir hari, ada baiknya kamu justru menyelesaikannya sesegera mungkin. Menyelesaikan tugas tersulit di awal hari sama dengan memberikanmu waktu yang lebih luas untuk menyelesaikan tugas-tugas lain. Jika tugas tersulit sudah berhasil kamu taklukkan, kamu punya sisa waktu yang banyak untuk merampungkan kewajiban lain.

3. Jangan Bawa Dokumen Tidak Penting dan Barang yang Bisa Menimbulkan Distraksi Ke Meja Kerjamu

Hanya bawa hal yang penting ke tempat kerja via guerreisms.com

Tergoda untuk membawa gawai yang bisa membuatmu terlalu asyik memainkannya di tengah aktivitas? Atau terlalu malas mengatur dokumen hingga memutuskan membawa seluruhnya ke tempat kerja dan menemukan yang kamu butuhkan nanti? Hal ini terlihat lebih mudah dan tidak merepotkan sih, tapi tahukah kamu apa dampaknya pada produktivitasmu hari ini?

Membawa barang-barang yang berpotensi menimbulkan distraksi dan dokumen yang tidak penting ke atas meja kerjamu hanya akan membuatmu gagal fokus. Konsentrasimu akan mudah teralih pada hal-hal yang seharusnya tidak begitu signifikan untuk kamu lakukan hari ini. Jadi, pastikan kamu hanya membawa benda-benda yang benar-benar penting untuk diletakkan di atas meja kerja.

4. Taruh Post It Notes Di Layar Komputermu Sebagai Alat Pengingat

Tempel post it notes via studyspiration.tumblr.com

Dalam kegiatan yang riuh, terkadang kita dengan mudah beralih ke tugas lain tanpa sepenuhnya menyelesaikan tugas yang sedang kita lakoni. Sedang asyik menulis artikel untuk blog kantor misalnya, tapi tiba-tiba atasanmu menelepon dan mengajakmu meeting. Alhasil, blog-postmu terbengkalai dan gagal selesai di hari itu.

Agar kamu kembali ingat pada tugas yang sedang kamu lakoni sebelumnya, tidak ada salahnya menempelkan post it notes di layar komputermu. Tuliskan tugas apa yang sedang kamu lakoni dan apa saja yang harus kamu selesaikan sebelum beranjak ke tugas lain. Ini adalah media untuk mengingatkanmu, agar kamu segera bisa melanjutkan langkah yang sempat terhenti dengan segera.

5. Ciptakan Kesepakatan Untuk Melaksanakan Meeting yang Lebih Ringkas dan Produktif

Ciptakan rapat yang ringkas dan produktif via kickstarter.tumblr.com

Rapat dan berdiskusi dengan rekan kerja memang jadi salah satu cara untuk menemukan solusi dari permasalahan yang muncul di tempat kerjamu. Namun harus disadari, bahwa kegiatan rapat terkadang bisa jadi bumerang. Kalau tidak diatur dengan baik, ia bisa menghabiskan jam berharga di harimu hingga kamu tidak bisa menyelesaikan tugas-tugas penting.

Selalu ciptakan kesepakatan dengan rekan kerja dan kolega untuk melaksanakan rapat yang lebih ringkas. Tetapkan tujuan yang ingin dicapai sebelum setiap rapat dimulai, kemudian fokuskan diskusi pada usaha pencapaian tujuan tersebut. Jiak cara ini benar-benar dilakoni oleh seluruh peserta, rapat akan lebih cepat selesai dan semua orang bisa kembali ke pekerjaannya masing-masing.

Ingat! Kamu dibayar bukan untuk rapat ‘kan? Melainkan untuk menyelesaikan tugas-tugasmu.

6. Mulai Harimu Dengan Segelas Air, Bukan Kopi

Minum lebih banyak air via drinqmorewater.tumblr.com

Bukan hanya mengubah cara kerja, reformasi juga perlu kamu lakukan di kebiasaan-kebiasaan kecil. Salah satunya adalah dengan menyingkirkan kafein dari depan matamu di awal hari. Energi yang diberikan oleh kafein dari segelas kopi memang bisa membuatmu bersemangat sesaat, namun dalam jangka panjang ia justru bisa merusak energi.

Singkirkan kopi dari menu sarapanmu, gantilah ia dengan segelas besar air putih. Air adalah metode terbaik untuk membangunkan tubuhmu setelah dibawa beristirahat pada malam sebelumnya. Ia adalah alarm alami bagi tubuh yang bisa membuatnya kembali siap untuk diajak melakoni berbagai aktivitas.

7. Tanyakan Pada Dirimu Sendiri, “Apakah Aku Sudah Memanfaatkan Waktu Dengan Baik?”

Apakah kamu sudah memanfaatkan waktu dengan baik? via www.orangejuice-etc.com

Selalu ciptakan waktu di tengah aktivitas untuk menengok to do lists dan nilailah performamu hari itu. Apakah kamu sudah melakukan yang terbaik yang kamu mampu? Apakah waktumu sudah dimanfaatkan dengan sebijak mungkin? Refleksi macam ini penting, untuk mengingatkanmu pada tujuan awal yang ingin kamu capai di hari itu.

Setelah bertanya pada diri sendiri, cari jalan untuk kembali ke track yang paling benar. Fokuslah pada hal-hal yang memang bisa membantumu mencapai tujuan. Jangan mudah teralih pada kesibukan yang sebenarnya tidak produktif untukmu.

8. Hanya Buka Tab yang Benar-Benar Kamu Perlukan Di Layar Komputer

Tutup semua tab yang tidak diperlukan via axon-axoff.tumblr.com

Kadang kita sering tergoda membuka banyak laman dan program sekaligus. Mulai dari e-mail kantor, Facebook, Twitter, e-mail pribadi, hingga berbagai program yang tidak penting. Tahukah kamu, jika hal ini berisiko menimbulkan distraksi dan mempengaruhi produktivitasmu di hari itu?

Saat sedang bekerja, pastikan hanya layar komputermu hanya diisi oleh tab yang benar-benar kamu perlukan. Tutup dan jauhkan semua distraksi dari jangkauan matamu. Paksa dirimu terpaku pada tugas yang wajib kamu selesaikan hari itu.

9. Jangan Ragu Untuk Memasang Headphone Di Telingamu

Jangan ragu pasang headphone via headphonegirl.tumblr.com

Cara ini bisa membuatmu lebih fokus sekaligus menghindari distraksi yang datang dari orang lain. Sesampainya di tempat kerja, pasanglah headphone di telingamu. Pasang musik kesukaan yang rancak, atau musik klasik sesuai dengan seleramu. Musik yang kamu suka telah terbukti secara ilmiah dapat meningkatkan konsentrasi.

Selain itu, cara ini secar atidak langsung bisa menyingkirkan distraksi dari rekan kerja yang suka mengajakmu mengobrol. Ketika kamu memasang headphone orang akan berpikir kamu sedang mendengarkan musik dan tidak bisa diganggu. Akhirnya mereka pun enggan mengajakmu berbincang yang tak perlu.

Ternyata hari yang produktif tidak selalu harus diciptakan dari perubahan besar ‘kan? Perubahan kecil yang dilakukan dengan konsisten juga bisa mengubah harimu ke arah yang lebih baik.

Selamat memulai hari! Semoga hanya kebaikan yang datang padamu hari ini!