Arti 5 Logo Perusahaan Milik Elon Musk. Ternyata Bukan Sekadar Inisial Saja lo!

logo perusahaan elon musk

Baru-baru ini merek mobil canggih dan inovatif Tesla dikatakan akan tutup karena dicurigai sebagai mata-mata di Tiongkok. Dilansir dari BBC, militer mereka melarang penggunaan mobil ini sebagai fasilitas di kawasan militer. Mereka juga meningkatkan perhatian akan keamanan tentang data yang dikumpulkan melalui kamera yang terpasang di mobil. Akan tetapi, tuduhan ini dibantah oleh si pemilik perusahaan yaitu Elon Musk.

Advertisement

Kalau sampai mobil Tesla digunakan sebagai mata-mata di China atau negara lainnya, kita akan tutup.

Walau memiliki nama yang sederhana, merek  Tesla memang beberapa kali bikin heboh. Mulai dari kasus tersebut hingga sahamnya yang meroket dan sempat membuat pemiliknya jadi orang paling kaya di dunia. Seperti yang kita tahu, Tesla bukan hanya satu-satunya merek milik Elon Musk namun ada juga yang lainnya. Selain kasusnya, ada hal yang menarik dari merek-merek tersebut yaitu logonya. Simak yuk apa arti dari masing-masing logo tersebut!

1. Merek Tesla sendiri memiliki logo yang sederhana yaitu bentuk T yang meruncing di bagian bawahnya

Advertisement

Jika dilihat sekilas mungkin logo ini sederhana dan terlalu jelas bahwa bentuk huruf T adalah singkatan dari nama mereknya yaitu “Tesla”. Akan tetapi,  melalui cuitannya ketika membalas seorang pengikut di Twitter, Elon Musk mengatakan bahwa huruf T mereferensi dari produk perusahaannya sendiri yaitu bagian melintang dari motor listrik. Jika disusun berdampingan maka logo ini akan tersusun membetuk lingkaran seperti bagian yang dimaksud.

2. Memiliki alasan yang mirip dengan Tesla, merek SpaceX menyoroti bagian X dengan bentuk yang lebih unik

Logo SpaceX/ Credit: SpaceX official site via www.spacex.com

SpaceX adalah singkatan dari Space Exploration Technologies Corp yaitu sebuah perusahaan milik Elon Musk yang bergerak di bidang transportasi luar angkasa seperti mendesain dan membuat roket serta membawa muatan ke orbit. Logo perusahaan ini terlihat cukup sederhana, ditulis lengkap dengan huruf X yang tampak sedikit dimodofikasi. Huruf X tersebut dibuat layaknya lintasan roket untuk merepresentasikan bidang perusahaanya. Alasannya mungkin cukup mirip dengan logo Tesla karena ternyata pembuat dua logo ini adalah perusahaan yang sama yaitu RO-Studio, firma desain dari New Jersey.

3. Logo SolarCity juga terlihat sangat jelas karena ditulis lengkap dengan tambahan gambar matahari yang mewakili produknya

SolarCity/ Credit: Google Site/ Wiki SolarCity via sites.google.com

SolarCity merupakan perusahaan yang sebelumnya sudah ditangani oleh Elon Musk dan keluarga namun terpisah dari Tesla. Akhirnya, perusahaan ini diakuisisi dan menjadi bagian dari Tesla untuk bersinergi antara tenaga surya dan bisnis Tesla yaitu penyimpanan energi dalam baterai. Logonya terlihat sangat sederhana dengan tulisan SolarCity warna hijau dan simbol matahari warna kuning yang merupakan sumber energi yang digunakan.

Advertisement

4. PayPal merupakan salah satu perusahaan yang didirikan oleh Elon Musk, logonya sempat berganti beberapa kali

Paypal/ Credit: rteuman on Deposit Photos via depositphotos.com

Dulunya perusahaan ini dinamai Confinity namun kemudian berubah nama setelah merger dengan perusahaan bank online, X.com. PayPal sempat beberapa kali berganti logo dan yang dianggap paling sukses adalah logonya yang dibuat tahun 2014 yang berbentuk seperti huruf “P” yang bertumpang tindih dan dicetak miring. Ada dua tema yang ingin ditunjukkan melalui logo ini yaitu koneksi dan kesiapan. Sayangnya, kini Elon Musk sudah tak terlibat di perusahaan ini.

5. Perusahaan Hyperloop mengedepankan kecepatan, huruf “o” nya sengaja siambung membentuk tanda tak terhingga

Hyperloop/ Credit: Hyperloop Technologies on Wikimedia via en.wikipedia.org

Hyperloop merupakan konsep transportasi berbentuk kereta dengan kecepatan tinggi yang merupakan ide dari Elon Musk. Seperti ide-ide lainnya yang nyeleneh, Hyperloop juga terasa terobosan yang luar biasa karena mampu berjalan dengan kecepatan 1200 km/jam dan memiliki fitur unik lainnya. Logonya memiliki dua huruf “o” yang digabung hingga membentuk infinity atau tak terhingga yang dapat menunjukkan bagaimana perusahaan ini akan mencapai sesuatu tanpa batasan.

Wah, ternyata berbagai logo perusahaan Elon Musk yang kelihatannya sudah jelas sebagai inisial atau ditulis sederhana secara lengkap memiliki makna yang nggak kepikiran ya.

Baca sepuasnya konten-konten pembelajaran Masterclass Hipwee, bebas dari iklan, dengan berlangganan Hipwee Premium.
Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE