Selain dokumen, busana, dan riasan, makanan juga merupakan salah satu hal yang harus kamu perhatikan sebelum wawancara kerja. Apalagi jika ini merupakan kali pertama kamu melakukan wawancara. Nah, pastinya kamu nggak mau kan tubuhmu tiba-tiba merasa nggak enak akibat salah makan?

Dilansir dari laman Kompas, pakar kesehatan Michael Rozien menyebutkan bahwa ada beberapa jenis makanan yang bisa kamu konsumsi sebelum wawancara kerja agar dapat berjalan dengan lancar. Hipwee Sukses sudah merangkumnya untukmu, yuk simak!

Sebelum melakukan wawancara kerja, jangan lewatkan sarapan, tapi juga jangan sembarangan. Perhatikan beberapa makanan yang perlu dikonsumsi dan baiknya dihindari ini

Outmeal dan buah-buahan via www.cookinglight.com

Advertisement

Saat sarapan, hindari makanan yang meninggalkan bau seperti pete, jengkol, dan bawang putih. Selain itu, kamu juga perlu menghindari makanan berkarbohidrat tinggi agar gula darah dalam tubuhmu tetap stabil. Sebagai gantinya, kamu bisa mengonsumsi biji-bijan utuh yang terkandung dalam roti gandum dan oatmeal.

Konsumsi beberapa buah-buahan juga akan membuat energi dalam tubuhmu tersimpan lebih lama. Agar konsentrasimu terjaga, kamu bisa menambahkan oatmeal-mu dengan rami juga lo. Kamu juga diperbolehkan untuk meminum kopi selama masih dalam batas wajar, ya!

90 menit sebelum wawancara kerja, ada beberapa makanan yang perlu kamu konsumsi untuk menjaga keseimbangan perutmu

Kacang-kacangan untuk cemilan via hitsbanget.com

Ini berlaku kalau misalnya wawancaramu nggak di jam-jam pagi setelah sarapan. Hal ini penting kamu lakukan agar kamu nggak merasa kembung dan penuh selama wawancara kerja. Makanan yang bisa kamu konsumsi di antaranya sandwich ayam dengan gandum utuh plus irisan alpukat.

Advertisement

Tapi, kalau nggak pengen makan terlalu berat, kamu bisa memilih kacang-kacangan dengan sepotong buah dan kopi. Makanan ini bisa memberimu energi yang cukup daripada kamu mengonsumsi banyak karbohidrat yang malah bikin kamu jadi ngantuk.

Saat sudah tiba di tempat wawancara, kamu juga dianjurkan untuk mengonsumsi beberapa asupan biar nggak gugup

minum air putih via www.thedailymeal.com

Sambil menunggu giliran wawancara, jangan lupa bawa sebotol air supaya mulutmu nggak kering dan kamu bisa tetap fokus. Kamu juga bisa membawa camilan kacang-kacangan jika jadwal wawancaramu panjang. Sebuah penelitian menemukan bahwa, kacang-kacangan dapat mengurangi kecemasan, jadi kamu nggak akan gugup ketika tiba saat wawancara nanti.

Beberapa makanan di atas dipercaya dapat meningkatkan konsentrasimu sehingga kamu bisa fokus pada wawancara yang bakal kamu lakukan. Jadi, jangan sampai perut kosong atau salah makan ya. Semoga sukses wawancaranya!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya