Siapa sih yang nggak senang ketika dikabari untuk hadir dalam interview kerja? Senang sekaligus deg-degan sih sebenarnya. Bagaimana pun, kamu perlu mempersiapkan diri agar nantinya bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan oleh pewawancara dan meninggalkan kesan yang positif.

Nah, Hipwee Sukses udah pernah kasih bocoran soal beberapa pertanyaan yang sering banget ditanyakan saat interview berikut jawaban terbaiknya. Ternyata, di balik-balik pertanyaan pemungkas ini, ada maksud tertentu yang harus kamu pahami lo!

1. “Coba ceritakan tentang dirimu?”

cari tahu cara kamu berkomunikasi via www.frisianflag.com

Advertisement

Saat kamu diminta untuk mendeskripsikan tentang dirimu, pewawancara nggak semata-mata pengen tahu karakter aslimu yang kemudian disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Jauh di balik itu, pewawancara juga pengen tahu sejauh mana kemampuan komunikasimu, gimana kamu saat presentasi dan menjelaskan sesuatu, terutama saat mempresentasikan diri sendiri.

2. “Tolong jelaskan kelemahan diri kamu?”

sejauh mana kamu mengenali diri sendiri via www.careerbuilder.com

Apa yang sebenarnya pengen diketahui pewawancara lewat pertanyaan ini adalah seberapa jujur kamu mengenal dirimu sendiri. Jangan menghindar dengan menjawab, “Saya tidak memiliki kelemahan apa pun”. Cobalah mencari sesuatu yang bukan jadi keunggulanmu tapi sedang berusaha kamu perbaiki. Hal ini akan menunjukkan pada pewawancara bahwa kamu juga peduli dengan perkembangan diri sendiri.

3. “Kenapa kamu tertarik melamar kerja di perusahaan ini?”

seberapa semangat usahamu untuk bisa bekerja di sana via www.rd.com

Kalau pertanyaan ini jelas maksudnya, yakni untuk mengetahui apakah kamu udah riset tentang perusahaan atau belum serta sejauh mana kamu tahu perkembangan perusahaan yang kamu lamar tersebut. Jawabanmu nanti akan menunjukkan seberapa jauh ketertarikan dan semangatmu untuk bekerja di sana. Kalau pengen banget keterima, harusnya ya udah paham kondisi perusahaan yang dituju dong?

4. “Kenapa perusahaan ini harus mempekerjakan kamu?”

menilai kepercayaan diri via www.wellandgood.com

Advertisement

Arah pertanyaan ini adalah agar kamu paham tentang posisi yang kamu lamar dan kecocokannya dengan kompetensimu. Manfaatkan pertanyaan ini untuk ‘menjual’ kemampuan yang kamu miliki. Bicaralah kalau kamu nggak hanya pengen bekerja, tapi juga bakal kasih yang terbaik untuk perusahaan. Dengan begini, pewawancara akan menilaimu sebagai seseorang yang PD dengan kemampuan diri sendiri.

5. “Apa rencana kamu dalam 5 tahun ke depan?”

Jangan muluk-muluk, yang terukur aja~ via www.fool.com

Pertanyaan ini nggak hanya untuk mengetahui tujuanmu di masa mendatang, tapi juga melihat seberapa oke kamu menyusun rencana berikut langkah yang udah kamu lakukan untuk mencapainya. Dalam jawabanmu nanti juga bakal dinilai apakah kamu punya ambisi untuk bertumbuh dan berkembang secara karier profesional pun yang rasional, termasuk dilihat apakah ada rencanamu yang sejalan dengan rencana perusahaan. Kalau cocok, kan bisa dipertimbangkan~

Kalau kamu udah tahu maksud dari pertanyaan-pertanyaan yang sering banget ditanyakan saat interview kerja ini, harapannya nanti kamu bisa lebih jeli ketika menjawabnya. Semoga nggak terkecoh, ya!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya