Cara Menerapkan Prinsip Marie Kondo dalam Bekerja. Bikin Lebih Efektif dan Bahagia~

marie kondo dalam karier

Mungkin kamu sudah tidak asing dengan sosok Marie Kondo yang membawa perubahan besar ke pada orang-orang selama beberapa tahun terakhir karena gaya hidupnya yang minimalis. Ia sukses dengan bukunya yaitu The Life Changing Magic of Tidying Up pada tahun 2014 yang berhasil terjual hingga 3 juta kopi dan dan serial di Netflix, Tidying Up with Marie Kondo yang berhasil ditonton jutaan orang. Frasa yang terkenal darinya adalah membuang hal-hal yang tidak memancarkan kebahagiaan.

Advertisement

Ternyata konsep kehidupan minimalis ini bukan hanya bisa diterapkan di kehidupan pada umumnya lo tapi bisa juga digunakan untuk gaya hidup dalam bekerja. Lalu, apa saja cara-cara untuk menerapkannya demi lebih produktif dan bahagia? Simak yuk selengkapnya!

1. Jangan sampai dirimu justru dikuasai oleh pekerjaanmu sendiri, hindari mengecek pekerjaan terlalu di awal hari

Ngecek HP/ Credit: Freepik via www.freepik.com

Saat baru bangun sebaiknya hindari gawai apalagi mengecek e-mail, sebaiknya e-mail tidak dibuka di jam pertama hari tersebut. Alasannya jika kamu mengecek e-mail lalu membalasnya berarti kamu mendahulukan kepentingan orang lain daripada diri sendiri. Alih-alih melakukannya sebaiknya makan makanan sehat, minum kopi, dan nyalakan musik yang penuh semangat untuk mengawali hari.

2. Berkomitmen untuk selalu merapikan meja kerja juga menjadi prinsip dalam menerapkan gaya hidup ala Marie Kondo yang bisa diterapkan dalam pekerjaan

Merapikan meja/ Credit: Freepik via www.freepik.com

Kalau belakangan ini kamu sering merasa stres hingga burned out, coba perhatikan seberapa berantakan meja kerjamu. Dilansir dari Forbes, menata meja tersebut dan mengurangi barang-barang yang tidak perlu bisa meningkatkan produktivitasmu lo. Kamu bisa mulai membuang barang-barang yang tidak terpakai di sana.

Advertisement

3. Menentukan pekerjaan yang ideal juga perlu mulai dipikirkan namun harus tetap realistis dan bisa dilakukan dari sekarang

Ideal/ Credit: Freepik via www.freepik.com

Setiap orang mungkin memiliki pekerjaan ideal versi mereka sendiri. Saat sedang merasa sibuk, menciptakan versi ideal tersebut bisa dilakukan demi terciptanya peluang baru. Akan tetapi, yang perlu diperhatikan adalah jangan membayangkan terlalu jauh melainkan lihat apa yang bisa dilakukan mulai dari saat ini untuk mendekati versi ideal tersebut. Caranya dengan mengurangi hal-hal yang tidak perlu serta memikirkan apa yang kamu inginkan dalam kariermu.

4. Berani mengatakan tidak harus dimulai dari sekarang supaya bisa bebas merdeka dari hal yang kurang esensial~

Tidak/ Credit: Freepik via www.freepik.com

Seringkali dalam pekerjaan ada beberapa pekerjaan tambahan yang sebenarnya bukan job desc milikmu namun terpaksa kamu lakukan hanya karena tidak enak jika menolaknya. Padahal jika kamu merasa tak memiliki kapasitas atau justru hanya akan menambah stres dan buang-buang waktu berhargamu maka sebaiknya katakan saja tidak. Caranya dengan tegas mengatakan “Saya punya waktu satu menit dan setelah itu akan meeting” atau “Proyeknya menarik tapi sepertinya saya belum bisa terlibat.”

5. Marie Kondo juga menyarankan untuk merapikan sesuatu berdasarkan kategori, bukan lokasi

Toxic nggak?/ Credit: Freepik via www.freepik.com

Kamu perlu mengategorikan beberapa aspek dalam kehidupan pekerjaan sehari-harimu. Kategori itu bisa mencakup beberapa hal seperti orang-orangnya, sistem, prosedur, politik pekerjaan, hubungan dengan rekan kerja, tanggung jawab, perangkat lunak, aplikasi, dll, serta training dan pengembangan karier. Coba sekarang diamati, adakah yang bisa dirapikan dari beberapa hal tersebut?

Advertisement

6. Untuk membangun efisiensi dalam bekerja maka to do list bisa dibuat agar tahu mana yang harus diprioritaskan juga

To do list/ Credit: Freepik via www.freepik.com

Dalam masa seperti sekarang ini tak bisa dimungkiri bahwa jam kerja seringnya jadi berantakan, namun membuat jam sendiri untuk memulai dan mengakhiri perkerjaan juga bisa mulai dibuat. Hal ini akan meningkatkan efisiensi dalam bekerja serta menujukkan mana yang harus diprioritaskan dan harus selesai duluan.

Mungkin beberapa hal sulit untuk dilakukan namun kadang hanya perlu ketegasan serta konsistensi agar nantinya cara bekerja lebih efektif dan efisien. Plus, hasilnya sesuai dengan prinsip dasar gaya hidup ala Marie Kondo, pekerjaan akan terasa lebih menyenangkan dan memancarkan kebahagiaan.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE