Menjadi pemimpin yang hebat tidaklah mudah. Kamu tidak hanya dituntut untuk mampu menjadi teladan bagi orang lain, tapi juga berani mengambil keputusan. Terkadang, keputusan yang mereka ambil adalah yang akan mempengaruhi hidup ribuan orang.

Kualitas untuk menjadi seorang pemimpin tidak didapat hanya dengan sekali coba. Tidak ada pula orang yang ditakdirkan dengan jiwa pemimpin sejak ia lahir. Yang ada adalah para pemimpin hebat menempa diri mereka sehingga punya kualitas serupa satu sama lain. Apa saja kualitas-kualitas tersebut? Simak artikel berikut, yuk!

1. Pemimpin Hebat Adalah Mereka yang Gigih Berusaha

Gigih untuk mencapai tujuan via www.foreignpolicy.com

Pemimpin yang hebat tidak pernah menyerah pada kegagalan. Mereka selalu berusaha bangun dan meniti kembali jalannya untuk meraih kesuksesan. Bagi mereka, kegagalan justru yang membuat hasrat untuk sukses semakin berkobar.

Kunci utama keberhasilan para pemimpin hebat adalah kegigihan. Bukannya mereka paling cerdas atau paling berbakat. Mereka hanya tak berhenti berusaha. Selalu fokus dan memiliki tekad yang bulat, tidak setengah-setengah. Tidak heran jika hasilnya pun memuaskan.

Advertisement

Lakukan hal yang sama jika kamu ingin jadi pemimpin yang hebat. Fokus dan gigihlah dalam mencapai tujuanmu. Jangan pernah melakukannya setengah-setengah, karena nanti hasilnya pun hanya akan memuaskanmu setengah hati.

2. Bisa Bekerja Dengan Orang Lain. Artinya, Mampu Menghargai dan Menyadari Keberadaan Orang Lain.

Mampu bekerja sama via www.somdnews.com

Untuk bisa menjadi pemimpin yang hebat, kamu harus bisa menjalin kerja sama yang baik dengan tim yang kamu pimpin. Kerja tim yang solid akan membuat kalian lebih mudah dalam meraih pencapaian yang diinginkan.

Coba bayangkan jika seorang pemimpin tidak bisa berkoordinasi dengan timnya. Bisa jadi, dialah nanti yang akan memikul semua beban pekerjaan yang ada. Selain hasilnya kurang memuaskan, anggota tim pun tidak memiliki ruang untuk mengembangkan diri.

Oleh karena itu, kemampuan bekerja sama sangatlah diperlukan untuk jadi seorang pemimpin yang hebat. Karena nantinya, kamu tidak hanya memimpin saja tapi juga mengantarkan timmu menuju kesuksesan.

3. Pemimpin yang Hebat Mampu Menginspirasi. Terutama, Dengan Kerendahan Hati.

Memberi semangat dan motivasi via deadcurious.com

Pemimpin yang hebat jelas harus bisa memimpin dengan baik. Di sisi lain, ia juga harus mampu menginspirasi rekan timnya untuk bekerja dengan ulet dan gigih.

Untuk bisa menjadi pemimpin yang menginspirasi, kamu tidak perlu menjadi seseorang yang kaku dan sempurna. Bersikaplah sesederhana mungkin seperti biasanya. Justru ini yang akan memberikan kesan positif bagi rekanmu. Selalu perlihatkan sifat optimis yang dapat menyulut semangat mereka untuk menjadi lebih baik dalam bekerja.

4. Di Antara Ribuan Pilihan, Mereka Memahami Mana yang Benar-Benar Esensial

Berani ambil keputusan via medicaldaily.com

Kalau hanya duduk diam saja, bukan pemimpin hebat namanya. Seorang pemimpin harus mampu membuat keputusan di berbagai keadaan. Sebagaimana manusia lainnya, mereka punya keraguan. Tapi itu tidak membuat mereka plin-plan.

Maka dari itu, singkirkan keraguan yang selama ini selalu jadi penghambatmu dalam membuat keputusan. Kamu harus berani. Sadari risiko yang ada, namun jangan lari. Pelajari, lalu hadapi.

5. Pemimpin yang Hebat Tidak Akan Pelit Berbagi Pengetahuan. Bagi Mereka, Mengembangkan Orang Lain Jauh Lebih Baik Daripada Jadi Paling ‘Wah’ dalam Tim.

Jangan pelit pengetahuan via www.usnews.com

Pengalaman dan pengetahuan itu tidak untuk disimpan sendiri. Jangan pelit untuk berbagi ‘harta’mu itu, karena seorang pemimpin hebat tidak akan pernah merasa keberatan untuk memberikan apa yang dimilikinya kepada orang lain tanpa berniat menggurui.

Mau berbagi pengalaman dan pengetahuan juga akan membuatmu lebih dihargai oleh rekan-rekan satu tim. Kamu dianggap tidak pelit berbagi kepintaran, dan untuk selanjutnya, mereka tidak akan segan untuk meminta pendapat atau pandangan kepadamu. Kamu juga yang akan senang, ‘kan?

Menjadi pemimpin yang hebat memang tidak mudah. Tapi selama kamu berusaha untuk menumbuhkan kualitas-kualitas di atas, kamu pasti bisa menjadi pemimpin yang diperhitungkan. Selamat mencoba!