Cara Mempersiapkan Dana Pensiun. Demi Santai di Hari Tua, Mari Siapkan dari Sekarang Saja~

mempersiapkan dana pensiun

Selama ini banyak yang ingin menjadi PNS karena adanya iming-iming terjaminnya masa depan karena akan mendapatkan dana pensiun. Akirnya, timbul pernyataan bahwa jika bukan PNS maka seseorang masih harus terus bekerja di usia tua nanti. Padahal sebenarnya nggak juga lo. Buktinya sekarang banyak kok para pegawai swasta atau bahkan pengusaha yang bisa menikmati masa tua dengan duduk manis dan main sama cucu tanpa perlu mengkhawatirkan masalah finansial lagi.

Advertisement

Ingin menghabiskan masa tua di Swiss? Ingin berkeliling Indonesia untuk melihat keindahannya? Atau sekadar duduk dan bertegur sapa dengan tetangga di depan rumah untuk menghabiskan masa tua? Bisaaa, asal dana pensiun yang dibutuhkan sudah dipersiapkan dari sekarang. Bagaimana caranya? Simak yuk penjelasan selengkapnya!

Walau kelihatannya masih lama tapi untuk menyiapkan dana dalam jangka waktu tertentu hal yang pertama harus ditetapkan adalah kapan akan pensiun

Hal ini bisa digunakan untuk menentukan berapa banyak uang yang perlu disiapkan. Pun, patokannya nggak perlu dibikin sama dengan orang yang memiliki patokan dari kantornya lo. Misalnya saja Raditya Dika, ia sudah bisa pensiun di usia 40 tahun. “Tapi kan dia kaya?” Nah, itu dia artinya kamu bisa menyesuaikan dengan kemampuanmu juga. Anggaplah kamu ingin pensiun di usia 50 tahun, sedangkan harapan hidup orang Indonesia rata-rata adalah 71 tahun sehingga kamu perlu menyiapkan dana untuk hidup selama 21 tahun.

Lalu, yang perlu dilakukan adalah dengan menghitung berapa banyak uang yang dibutuhkan dan berapa banyak yang harus ditabung

Menghitung dana pensiun/ Credit: pressfoto on Freepik via www.freepik.com

Cara menghitung biaya yang diperlukan mirip kok dengan saat ini, misalnya setiap bulan kamu akan menghabiskan sebanyak Rp3 juta setiap bulannya maka dalam satu tahun kamu memerlukan dana sebesar Rp36 juta. Jangan lupa tambahkan juga jika masih memerlukan dana untuk kebutuhan yang lainnya. Tak hanya berhenti sampai di situ saja ya, jangan lupakan adanya inflasi yang akan terjadi di masa depan yang memungkinkan kamu harus menyiapkan lebih banyak uang.

Advertisement

Untuk mempersiapkannya maka kamu bisa menabung dari uang gajian yang didapatkan setiap bulan, misalnya dengan menyisihkan 10% dari gaji tersebut. Akan tetapi, yang mungkin terasa sulit adalah melakukannya secara terus menerus karena jangka waktunya yang lama sehingga perlu disiplin terhadap diri sendiri. Belum lagi jika terjadi sesuatu yang tak terduga. Makanya penting untuk menjaga kesehatan finansial dengan mengatur uangmu menjadi bagian-bagian sesuai skala prioritas. Sebelum menyiapkan dana pensiun sebaiknya siapkan dana darurat supaya nantinya uang yang dikumpulkan untuk pensiun nggak bubar begitu ada masalah.

Menabung saja mungkin akan memberikan hasil yang kurang signifikan makanya akan lebih baik jika uangmu diputar untuk mendapatkan penghasilan pasif

Gara-gara adanya inflasi maka kemungkinan nilai uang yang saat ini ditabung akan mengalami penurunan. Padahal kamu sudah susah payah menyimpannya. Makanya akan lebih baik jika uang tersebut diinvestasikan apalagi dana pensiun masih diperlukan dalam jangka yang panjang. Ada banyak jenis investasi sesuai dengan risikonya masing-masing, biasanya makin tinggi return makin tinggi pula risikonya. Kalau nggak berani melakukan investasi tesebut maka kamu bisa mencoba investasi melalui pendanaan seperti crowd funding ala Bizhare. Untuk mengurangi risikonya, kamu bisa melihat portfolio perusahaan dan visi misi mereka ke depannya lo.

Kamu bisa gunakan kode referal HIPWEE dan kamu bisa mulai berinvestasi pada semua jenis bisnis yang terdaftar di platform Bizhare mulai dari Rp50.000 saja lo. Yuk coba sekarang!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE