Produk Luar Negeri Masuk dengan Harga Lebih Murah, Simak 6 Cara untuk Hadapi Perang Harga

menghadapi produk luar negeri

Marketplace mempermudah transaksi dari yang awalnya orang-orang harus datang ke toko untuk membeli jadi bisa melakukan pembelian hanya melalui beberapa klik saja. Jadi, kalau barang yang diinginkan berada di tempat jauh sekalipun, pelanggan tetap bisa memesannya. Tak hanya terhalang kota atau provinsi, bahkan transaksi ini juga bisa dilakukan antar negara. Pengguna aplikasi biasanya akan senang karena harga yang ditawarkan oleh penjual dari luar negeri ini bisa berkali-kali lipat lebih murah, bahkan jika sudah ditambah ongkirnya.

Advertisement

Hal ini menjadi dilema tersendiri bagi para penjual lokal yang tak bisa menetapkan harga serupa karena jika dipaksa maka tak ada untung yang bisa didapatkan. Kamu mungkin salah seorang penjual yang juga sedang mengalami dilema yang sama. Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Simak yuk beberapa tipsnya!

1. Walaupun harga produk sedikit lebih mahal, namun jika kualitas yang didapatkan sesuai maka pelanggan akan tetap melirik tokomu kok!

Biasanya harga sebanding dengan kualitas yang diberikan. Jika mereka mematok harga yang murah maka kualitas yang diberikan juga sebanding. Makanya jika menawarkan harga yang lebih tinggi sebaiknya pastikan kualitas yang diberikan juga sesuai sehingga tidak mengecewakan. Walaupun sekilas tak kelihatan di foto marketplace namun konsumen akan menilainya begitu produk sudah tiba.

2. Value added juga salah satu hal yang bisa membuat produkmu satu langkah lebih maju dari produk milik pesaing yang lebih murah

Value added adalah nilai yang ditambahkan pada produk yang bentuknya tak melulu dalam nominal. Hal ini dilakukan supaya produkmu terlihat lebih menarik dibandingkan dengan produk serupa dengan harga yang sama atau justru lebih murah. Value added misalnya ketika menjual sepatu maka kamu bisa menambahkan tali tambahan atau kaus kaki sebagai bonus. Contoh lain adalah kemasan yang membuat produkmu terlihat lebih menarik atau bahkan hal sesederhana kertas berisi panduan merawat produk.

Advertisement

3. Barang murah memang banyak tapi biasanya penjual akan lepas tangan ketika produk sudah di tangan konsumen, padahal after sales service juga penting lo

Follow up/ Credit: leungchopan on Deposit Photos via depositphotos.com

Biasanya produk dengan harga murah juga akan memberikan deskripsi tegas berupa ‘tidak boleh ada komplain setelah barang diterima’ dan semacamnya yang membuat konsumen akan merasa kecewa jika produk yang diterima ternyata payah. Nah, kamu bisa melakukan after sales service untuk mendapatkan feedback dari para konsumen. Selain itu, mereka juga akan merasa lebih diperhatikan jika kamu melakukannya sehingga akan semangat untuk kembali memesan di tokomu.

4. Jadilah seorang penjual yang ramah dan responsif supaya konsumen betah dan akhirnya memutuskan untuk membeli

Semurah apapun harga suatu produk jika penjualnya ogah-ogahan dalam membalas atau bahkan jutek karena konsumen banyak tanya akhirnya hanya akan membuat pelanggan kabur. Makanya, kamu bisa bekerja ekstra di bagian yang satu ini. Yang diperlukan adalah kesabaran dan kecepatan untuk membalas pertanyaan-pertanyaan dari mereka. Hindari membalas dengan nada yang dingin karena hal ini malah akan memperburuk reputasi tokomu jika ia mengatakan ke orang lain atau bahkan membuatnya viral.

5. Melakukan inovasi pada produk juga menjadi salah satu cara membuat produkmu berbeda dari yang harganya murah

Misalnya saja jika suatu produk berupa kaus dijual oleh toko dari luar negeri dengan harga yang murah namun dalam keadaan polosan, maka kamu bisa memberikan sablon dengan desain unik yang dibuat sendiri. Bisa juga misalnya menawarkan suatu rangkaian produk untuk dibungkus dalam bentuk hampers yang bisa langsung dikirim ke alamat orang lain sebagai penerima hadiah.

Advertisement

6. Selain produk itu sendiri, branding adalah salah satu kunci paling penting untuk membuat produkmu tak terkalahkan

Branding/ Credit: rawpixel on Deposit Photos via depositphotos.com

Inovasi dan kualitas produk merupakan elemen yang penting namun nama perusahaanmu juga tak kalah penting. Jika sudah memiliki branding yang bagus apalagi jika memiliki konsumen loyal hingga komunitas penggemar maka kamu sudah memiliki nilai plus berupa kepercayaan sehingga menjual dengan harga yang sedikit lebih tinggi biasanya tak masalah.

Tak perlu takut kalah bersaing dengan produk-produk murah yang masuk ke pasar Indonesia. Harga bukan menjadi satu-satunya patokan untuk seorang konsumen memilih membeli suatu barang kok sehingga faktor yang lain mulai bisa kamu perkuat jika tak ingin tergerus persaingan.

Untukmu yang saat ini ingin atau sedang merintis usaha, gabung yuk sama komunitas UMKM #KitaMulaiBersama! Daftar di bit.ly/MILISKMB untuk berlangganan newsletter supaya nggak ketinggalan info berisi konten dan event menarik seputar kewirausahaan dan pengembangan UMKM.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE