8 Tips dari CEO-CEO Dunia, Tentang Apa yang Harus Kamu Lakukan Sebelum Usia 30

Tips-tipsnya unik dan out of the box

4. Charlie Wood dari Dropbox merekomendasikanmu untuk kerja di multinational company setidaknya sekali seumur hidup. Gimana, kamu sanggup?

Charlie Wood | Credit: Lifehacker

Selepas lulus kuliah, ada beberapa pilihan karier yang kamu ambil. Langsung jadi pengusaha (bila sudah ada modalnya), ikut CPNS, kerja di perusahaan besar, atau di meniti karier di startup. Masing-masing tentu punya iklim yang berbeda.

Advertisement

Nah, bagi Charlie Wood, setidaknya sekali di awal usia 20an, kamu harus mencoba perusahaan multinasional. Di sana kamu bisa menimba ilmu tentang bagaimana sebuah perusahaan besar bisa berjalan. Selanjutnya, kamu yang berniat jadi pengusaha, bisa mencuri banyak ilmu dari sana untuk diterapkan nantinya.

5. Bagi Chief Marketing Officer Open Colleges, menemukan orang-orang yang tepat adalah mantra paling mujarab. Dengannya kamu bisa belajar dan sukses bersama

Kevin Lynch | Credit: Bussiness Insider

Menyalahkan keadaan tidak ada di kamus orang-orang besar. Kamu bisa menentukan siapa saja orang-orang yang bisa ada di sekitarmu.  Kamu harus bisa mengambil ilmu dari mana saja, tak meski secara formal di bangku-bangku sekolah.

Kamu bisa belajar dari orang-orang di sekelilingmu. Itulah, yang menurut Kevin Lynch harus kamu lakukan di usia 20-an. Karena itu, penting untuk memilih orang-orang yang ada di dekatmu. Karena kamu sadari atau tidak, bagaimana lingkunganmu berpengaruh besar pada dirimu.

Advertisement

6. Keluar dari zona nyaman, dan carilah pengalaman sebanyak-banyaknya Menurut CEO The Winning Group, jangan ragu untuk pindah karier dan mencoba banyak hal

John Winning | Credit: Power Retail

Meski sudah punya pekerjaan tetap, jangan ragu untuk mengambil pekerjaan sampingan. Jangan juga membatasi diri dari kegiatan volunteer ataupun magang. Dan bila memang dibutuhkan, jangan ragu untuk pindah karier bila pekerjaanmu sekarang memang tidak memiliki sesuatu yang bisa dipertahankan.

Tak perlu takut berganti-ganti bidang pekerjaan. Karena selain ilmunya pasti bergunia, barangkali dari sanalah kamu bisa menemukan apa yang benar-benar kamu inginkan. Setidaknya, John Whinning sudah membuktikannya.

7. Meski kecil, mulailah bisnismu sendiri. Jangan takut mencoba, karena bila tidak berani mencoba, mungkin Bill Gates sekarang tidak pernah ada

Bill Gates Muda

Advertisement

Kisah sukses Bill Gates tentu sudah mendunia. Drop out dari perguruan tinggi bergengsi dan memulai bisnis sendiri di usia awal 20an. Microsoft tentu tak akan sebesar sekarang bila Bill Gates tidak berani melepaskan Harvard dan bergabung dengan rekannya Paul Allen. Bukan berarti kamu harus drop out kuliah, tapi semangat Bill Gates untuk memulai bisnis sendiri patut menginspirasi.

Meskipun sesederhana online shop dropship kamu harus mencoba. Gagal, coba lagi. Begitulah para jutawan belajar dan mendewasa.

Baca sepuasnya konten-konten pembelajaran Masterclass Hipwee, bebas dari iklan, dengan berlangganan Hipwee Premium.
Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Penikmat kopi dan aktivis imajinasi

CLOSE