5 Miliarder yang Tak Wariskan Kekayaan ke Anak. Prinsipnya Kalau Mau Sukses Juga, Ya Usaha!

miliarder tidak wariskan kekayaan

Banyak yang bilang kalau punya orang tua kaya raya, maka hidupnya akan terus enak selamanya. Hal tersebut mungkin tak sepenuhnya salah, namun juga nggak 100% benar. Walaupun anak orang kaya cenderung memiliki kehidupan yang terjamin dan memiliki kemudahan untuk mengakses banyak hal seperti pendidikan dan kesehatan namun bukan berarti mereka juga berhak atas seluruh harta orang tua yang mungkin mencapai triliunan rupiah.

Beberapa orang tua yang kini menjadi miliarder dunia bahkan sudah berencana untuk tak mewariskan seluruh harta mereka kepada anak-anaknya. Jadi, kalau sang anak mau sukses dan punya harta serupa ya harus usaha sendiri sampai mendapatkannya. Berikut jajaran miliarder yang punya rencana tersebut, simak yuk siapa saja!

1. Walaupun memiliki kepedulian terhadap orang lain dan sering menyumbangkan uangnya, Bill Gates tak mau mewariksannya begitu saja

Gates bisa saja membagikan hartanya pada beberapa anak sekaligus namun ia memilih untuk tak melakukannya. Hal ini dilakukannya bukan tanpa alasan. Menurutnya memberikan banyak uang sekaligus akan menghambat anak-anaknya melakukan sesuatu untuk membuka jalan mereka sendiri menuju kesuksesan. Ia malah lebih banyak menggunakan uangnya untuk disumbangkan melalui yayasannya yaitu Bill & Melinda Foundation.

2. Seperti yang kita tahu, Mark Zuckerberg menjadi salah seorang pengusaha bidang teknologi paling sukses saat ini tapi ia tak akan mewariskan semua hartanya

View this post on Instagram

A post shared by Mark Zuckerberg (@zuck)

Mark Zuckerberg dengan harta yang dimilikinya mampu membelikan apapun yang diinginkan oleh anak-anaknya, namun ia dan istri tak ingin melakukannya. Mereka sudah sepakat untuk membesarkan anak jauh dari kemanjaan. Mereka bahkan mengajarkan anak-anak untuk mengerjakan pekerjaan rumah dan melihat bagaimana orang dewasa berkontribusi tehadap pekerjaan. Pasangan ini juga tak berniat memberikan warisan mereka begitu saja. Alih-alih mereka akan menggunakan uangnya untuk disumbangkan melalui Chan Zuckerberg Initiative.

3. Investor kenamaan, Warren Buffet hanya akan memberikan sebagian kecil uangnya saja sebagai warisan

Kekayaan Warren Buffet saat ini mencapai $108,2 miliar yang menjadikannya orang paling kaya nomor 6 saat ini. Meskipun begitu, ia hanya akan memberikan masing-masing warisan kepada anaknya sebesar $2 miliar. Mungkin bagi kita angka tersebut cukup banyak tapi tak ada apa-apanya dibandingkan kekayaan yang dimiliki sang ayah. Sisanya sebanyak 99% sudah ia rencanakan untuk diberikan sebagai sumbangan melalui yayasan Bill Gates.

4. Banyak orang yang ingin meninggal dalam keadaan makmur supaya bisa meninggalkan warisan, Chuck Feeney justru ingin tak punya uang

Sementara orang-orang sibuk menyimpan uang mereka supaya memiliki kehidupan yang terjamin, Chuck Feeney pendiri Duty Free Shopper malah bergegas untuk menghabiskan seluruh uang yang ia miliki hingga ia ‘jatuh miskin.’ Meskipun begitu, ia merasa lega dan senang karena uang tersebut dihabiskan untuk kegiatan sosial. Dari total kekayaan $8 miliar yang ia miliki, ia hanya menyisakan $2 juta untuk dana pensiunnya dan istri. Anak-anaknya? Harus rela tak mendapatkan warisan apapun. Meski begitu, mereka juga legowo terhadap sikap yang diambil sang ayah.

5. Michael Bloomberg yang merupakan seorang pebisnis, politikus, dan philanthropist memiliki cara lain untuk mewariskan sesuatu kepada anak-anaknya

Michael Bloomberg memiliki harta mencapai $50 miliar. Ia memilih untuk ‘menginvestasikan’ uang yang ia miliki kepada organisasi filantropis. Menurutnya jika memiliki rasa cinta terhadap anak dan ingin memberikan yang terbaik kepada mereka, maka langkah yang paling tepat untuk diambil adalah dengan mendukung organisasi yang mampu mewujudkan dunia yang lebih baik untuk ditinggali anak-anak.

Ternyata kebanyakan miliarder yang menjadi orang tua lebih memilih untuk mendonasikan harta yang mereka miliki daripapda diberikan ke anak-anaknya. Alasannya, supaya anak bisa mengambil jalan mereka sendiri dan tak terus-terusan menjalani hidup dengan ketergantungan.

Hmm, kira-kira kalau orang tuamu miliarder tapi ogah kasih warisan, reaksimu bakal gimana?

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.