Camilan pedas memang tak pernah sepi peminat. Camilan ini juga bisa dinikmati semua kalangan, terutama anak muda. Bisa kamu santap kapan pun, saat tengah bosan di kantor atau saat sedang menunggu kuliah. Nah, daripada hanya sekadar jadi penikmat setia camilan pedas, kenapa kamu nggak menjajal peruntungan dengan berjualan ragam camilan pedas kegemaranmu. Kali ini Hipwee akan mencoba merangkumkan 5 ide bisnis camilan pedas yang bisa kamu praktikan dengan modal di bawah Rp 100.000. Buat kamu pebisnis pemula,  bisnis-bisnis ini harus kamu coba!

1. Makaroni pedas, bisa dijual di kantor atau kampus dalam bentuk bungkusan kecil. Jajanan satu ini nggak pernah sepi peminat!

Makaroni pedas via maxmanroe.com

Makaroni pedas bisa dibilang sebagai camilan pedas sejuta umat yang nggak pernah sepi peminat. Sebanyak apa pun peminatnya. Makanan yang bercita rasa pedas gurih ini memang camilan yang cocok untuk menonton TV atau saat tengah berkumpul dengan teman-teman. Nah, daripada hanya jadi konsumennya saja, kenapa kamu nggak mencoba untuk menjajal peruntungan dengan menjajakannya? Caranya gampang kok, kamu hanya perlu membelinya dalam jumlah banyak untuk kemudian kamu bagi-bagi lagi dalam porsi yang lebih kecil.

Hitung-hitungannya seperti ini: modal awal= Rp 50.000 untuk dibelikan 1 kg Makaroni pedas.

1 Kg makaroni bisa dibagi menjadi kira 20 bungkus kecil.

Ambil keuntungan Rp 1000 saja per bungkus, kamu bisa mendapat laba total sebesar Rp. 20.000. Lumayan ‘kan?

P.S: Jangan lupa untuk menyisakan budget sekitar Rp 5.000 untuk membeli plastik pembungkusnya.

2. Basreng pedas, a.k.a keripik baso goreng. Modalnya cukup Rp 100 ribu aja. Untungnya lumayan..

Advertisement

Seperti halnya makaroni, basreng pedas juga menjadi camilan favoritnya segala usia. Teksturnya yang renyah dan rasanya yang gurih-pedas, menjadikan basreng sebagai camilan yang cocok disantap bersama bakso atau nasi goreng. Nggak salah sih, kalau berjualan camilan satu ini terbilang menguntungkan. Caranya hampir sama dengan makaroni pedas, kamu cukup membeli basreng pedas yang sudah jadi sebanyak 1 kg (di awal). Setelah itu kamu bagi-bagi basreng tersebut menjadi 10 atau 15 bungkus.

Modal awal Rp 32.000 untuk membeli 1 kg basreng (harga tersebut berbeda-beda tergantung produsen basreng).

1 kg basreng bisa kamu bagi menjadi 10-15 bungkus.

Dengan keuntungan Rp 1.000 per bungkus, kamu bisa dapat laba Rp 15.000/ kg-nya. Keuntungan ini bisa kamu atur sendiri, tapi sebaiknya di awal berjualan kamu bisa menentukan harga jual yang murah dulu, demi menarik pelanggan.

P.S: Jangan lupa untuk menyisakan budget sekitar Rp 5.000 untuk membeli plastik pembungkusnya.

3. Mie Lidi Pedas, nggak bakal rugi deh kalau menjajal peruntungan dengan menjual camilan pedas satu ini. Ambil untung Rp 1000 /bungkus aja udah lumayan lho buat beli pulsa bulanan

Mie Lidi Pedas. via bukalapak.com

Kamu butuh modal Rp 50.000 untuk membeli 1 kg mie lidi pedas seharga Rp 45.000 dan

Rp 5000 untuk membeli plastiknya.

1 kg tersebut bisa kamu bagi menjadi kira-kira 20 hingga 25 bungkus mie lidi pedas.

Dengan mengambil keuntungan Rp 1000/ bungkus, kamu bisa mengantongi omzet Rp 20.000.

Mie lidi pedas juga tergolong camilan yang menguntungkan untuk dijajakan. Seperti hitung-hitungan di atas yang omzetnya bisa kamu gunakan untuk membeli pulsa atau paket internet. Buat kamu yang mahasiswa atau pekerja kantoran, berjualan camilan satu ini bisa kamu jadikan sebagai penghasilan tambahan. Lumayan ‘kan?

4. Samosa Goreng Dengan Sambal Kacang Pedas, jualan camilan khas Timur Tengah ini omzetnya cukup menguntungkan lho..

Harga 1 bungkus samosa beku adalah 25.000/ bungkus – isi 10.

Minyak goreng gratis (minta dari dapur mamah, demi menekan harga jual)

Modal untuk sambal kacang pedas (bumbu kacang instan dan cabai rawit)= Rp 4.000

Total modal yang diperlukan= Rp 29.000

Sementara itu harga jual perbuah: Rp 3.500, dengan kata lain kamu mengambil untung Rp 600/buah.

Camilan khas Timur Tengah ini bisa kamu beli dalam bentuk beku. Satu bungkusnya berisi 10 buah. Jadi nanti bisa kamu jajakan beserta cocolannya berupa sambal kacang pedas yang diracik dari sambal kacang instan yang dicampur dengan ulekan cabai rawit. Gurih isiannya dipadu dengan sambal kacang yang pedas, dijamin deh bikin pelangganmu ketagihan!

5. Dim Sum Dengan Saus Pedas, biar makin menarik kamu bisa bikin level kepedasannya. Modalnya juga nggak banyak, cukup Rp 100 ribu aja kok!

Dim Sum saus pedas ada levelnya. via fasyaulia.wordpress.com

Jadi konsep berjualan dim sum ini adalah dengan membeli dim sum dalam bentuk beku yang beraneka macam, misalnya beli 4 macam. Siomay, pangsit udang, lumpia udang, atau bisa sisipkan crab stick (sesuai selera). Kamu bisa menjualnya per sterofoam dengan isi 4 dim sum. Supaya menarik, bisa kamu sediakan sausnya yang pedas dengan disertai level.

Modal awal Rp. 80.000 (perkiraan untuk membeli 4 bungkus dim sum beku yang berbeda macam).

Sterofoam 10 buah = Rp. 2.500

Sambal barbeque pedas = Rp 15.000 (untuk membeli bahan sambal dari paprika, bawang bombay, dan bawang putih)

Biar pedas bisa ditambahkan cabai rawit yang telah dihaluskan.

Total modalnya Rp 97.500.

Kamu bisa mengambil keuntungan Rp 1.250/ bungkus untuk harga jual Rp 11.000/ sterofoam.

Harga jual bisa kamu naikkan sesuai keinginan. Ini hanya gambaran minimalnya saja.

Semoga artikel ini bisa jadi referensi buat kamu yang ingin memulai usaha. Selamat mencoba!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya