Sekarang ini banyak anak muda yang berbondong-bondong banting setir ke dunia usaha. Tanpa modal dan pengalaman, mereka seringnya nekat untuk menerjunkan diri ke dunia bisnis. Modal dan keadaan yang serba pas-pasan tak dijadikan halangan.

Karena memang, sebenarnya modal pas-pasan tak perlu jadi halangan.

Advertisement

Di artikel ini Hipwee akan menjabarkan kiat jitu yang bisa kamu coba dengan modal seadanya ketika menjalankan bisnis mandiri. Semoga bisa sedikit membantumu!

1. Pilih dan geluti bidang bisnis yang memang kamu kuasai. Keahlian yang sudah kamu miliki akan mampu mencegah keluarnya biaya-biaya ekstra yang tidak perlu

geluti bidang usaha yang kamu ketahui

geluti bidang usaha yang kamu kuasai via i.investopedia.com

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah memilih bidang usaha yang sudah kamu akrabi sebelumnya. Misalnya, dengan menjadikan hobi atau latar belakang akademikmu sebagai bidang usaha. Hal ini akan mempermudah jalanmu ke depan. Kamu tak harus menggelontorkan biaya ekstra untuk mempelajari dari awal bisnis yang akan kamu garap ini.

Kamu bisa menggunakan pengetahuan yang kamu punya sebagai modal utama. Bahkan, wawasan mengenai usaha ini bisa digunakan untuk menganalisa hal-hal apa saja yang memang butuh sokongan dana dan kepentingan apa saja yang bisa disubstitusi sehingga bisa memangkas modal.

2. Supaya jaringan kian lapang, beritahukan kepada teman dan saudara. Bahkan, siapa tahu mereka juga akan urun pemikiran serta tenaga.

beritahukan teman serta keluarga

beritahukan teman serta keluarga via data.archive.moe

Advertisement

Kamu harus getol memperkenalkan bisnismu kepada masyarakat luas. Mulailah dengan rajin memperkenalkan bisnis kepada orang terdekat. Kamu bisa memulainya dari keluarga, lingkar pertemanan, pacar, dan seterusnya. Dengan memberitahukan kepada mereka mengenai bisnis yang sedang atau akan kamu geluti ini, secara tidak langsung kamu pun sudah berpromosi.

Bahkan, tak menutup kemungkinan kamu akan mendapat suntikan ide segar, tambahan tenaga bantuan, hingga sokongan dana.

3. Kemampuan berkomunikasi sangat penting dimiliki calon pengusaha. Mulai sekarang asah skill komunikasi, jadilah tenaga marketing untuk bisnismu sendiri.

jadilah tenaga merketing untuk bisnismu sendiri

jadilah tenaga merketing untuk bisnismu sendiri via d225fqn1pkg6mt.cloudfront.net

Lihai membawa diri dan mampu berkomunikasi merupakan kemampuan dasar yang wajib dimiliki oleh para pengusaha sukses. Ini adalah kunci supaya bisnismu makin maju ke depannya. Tak usah cemas, pada dasarnya setiap orang memiliki skill untuk berkomunikasi. Kamu hanya harus mengasahnya terus menerus. Setelah kamu kian mumpuni menjadi PR serta marketing bagi bisnis mandirimu, kamu pun juga bisa menekan ongkos untuk menggaji mereka.

4. Supaya tidak besar pasak, segeralah buat skala prioritas. Dengan begini kebutuhan yang tak terlalu penting bisa dipangkas.

buatlah skala prioritas

buatlah skala prioritas via i.huffpost.com

Skala prioritas sangat penting untuk dibuat. Ketika kamu mulai mendirikan usaha, kamu pun diwajibkan untuk membuat skala prioritas dengan segera. Skala prioritas bisa digunakan sebagai pengendali supaya keuanganmu tidak timpang. Kamu bisa mencatat segala kebutuhan yang memang wajib dan tidak tergantikan.

Sementara itu eliminasi kebutuhan yang sifatnya tidak urgent dan masih bisa digantikan dengan barang lain yang lebih murah. Dengan begini, bisa dipastikan bisnis yang akan kamu jalani tetap memiliki perekonomian yang bersifat aman.

5. Jangan buru-buru mengajukan pinjaman pada bank, ajak saja teman atau keluarga untuk patungan.

ajak teman atau keluarga untuk patungan

ajak teman atau keluarga untuk patungan via kerch.biz

Ketika terhimpit masalah keuangan dan tak lagi memiliki dana untuk mendirikan bisnis sendiri seringnya pegadaian dan bank tampak seperti solusi yang menggiurkan. Namun, sebenarnya hal ini juga mampu mengantarkanmu kepada lilitan hutang suatu hari nanti.

Tak perlu terburu-buru mengajukan pinjaman kepada pihak bank, kamu bisa mengajak keluarga maupun teman yang kamu percayai untuk patungan mendirikan usaha. Tak hanya beban keuangan yang dibagi berdua, beban tenaga dan pikiran bisa ditanggung bersama.

6. Jadikan media sosial sebagai kendaraan untuk berpromosi. Bila digarap dengan matang, promosi gratis dengan hasil maksimal bisa kamu kantongi.

promosi melalui media sosial

promosi melalui media sosial via cdn-media.viva.id

Kamu tak bisa memandang sebelah mata pada aplikasi media sosial yang sekarang ini sudah marak digunakan. Bila kamu jeli, kamu bisa menjadikannya kendaraan untuk meraih kesuksesan. Manfaatkan saja media sosial yang sudah ada untuk memperluas usahamu dan mendapatkan banyak massa.

Dengan menggarap konsep secara matang, media sosial gratis yang sudah ada bisa dijadikan pasar utama. Adakan saja berbagai kuis, kampanye hashtag, dan jangan lupa untuk selalu meng-update media sosial bisnismu. Hal ini bisa menguatkan brand dan menjadi ajang promosi yang mumpuni.

7. Tanamkan rumus kesuksesan di dalam kepala, “Modal pas-pasan + kerja pas-pasan = hasil pas-pasan, modal pas-pasan + kerja keras = hasilnya memuaskan”.

tanamkan prinsip kesuksesan di dalam diri

tanamkan prinsip kesuksesan di dalam diri via cdn.metrotvnews.com

Tak perlu berkecil hati dengan modal pas-pasan yang kamu punyai. Banyak para pengusaha muda yang juga memiliki modal seadanya namun bisa meraih kesuksesan. Ingat dan tanamkan rumus kesuksesan di dalam kepala, modal pas-pasan dengan kerja yang pas-pasan maka hasil yang akan dipetik juga tak maksimal. Berbeda halnya jika kamu memiliki modal pas-pasan namun dihujani dengan kerja keras, maka hasil yang kamu tuai juga akan memuaskan.

Jadi, sudah siapkah kamu memeras keringat supaya bisa berhasil di dunia usaha? Semangat ya para calon pengusaha sukses!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya