Setiap individu di dunia ini terlahir dengan kepribadian unik yang berbeda-beda. Kepribadian tersebut secara garis besar dikelompokkan menjadi 3 jenis yaitu ekstrovert, introvert dan ambivert. Tentu terkadang seseorang dapat memiliki sekaligus 3 jenis kepribadian tersebut dalam dirinya, tapi pasti ada satu yang paling dominan.

Nah, kamu wajib tahu lho jenis-jenis kepribadian tersebut agar dapat memberikan pengaruh positif yang signifikan pada perjalanan karirmu. Yuk simak baik-baik ulasan Hipwee Sukses kali ini, agar kamu bisa memberikan dampak yang yang lebih positif pada karier sesuai dengan jenis kepribadianmu!

Memiliki sifat ekstrovert akan membuat seseorang menjadi pribadi yang terkesan ceria, lebih supel dan gampang membaur di dunia kerja. Tapi hati-hati agar nggak sampai mengarah ke sikap ceroboh

Selalu heboh dan ceria adalah ciri khas si ekstrovert via pixabay.com

Advertisement

Seseorang dengan kepribadian ini akan selalu terlihat aktif bicara, ceria, ramah, supel dan meriah. Dimanapun dia berada, dia selalu dapat menghidupkan suasana dan membuat mata tertuju padanya. Yap, jika kamu tergolong dalam tipe kepribadian ini, kamu pasti akan sangat menikmati menjadi pusat perhatian bahkan di kantor tempatmu bekerja. Orang tipe ini juga nggak takut mengambil risiko meski tetap harus hati-hati agar nggak gegabah.

Sifat-sifat yang kamu bawa ini akan membantumu menjadi seseorang yang mudah beradaptasi, menjadi pembicara yang baik di depan orang banyak dan pandai dalam memimpin suatu rapat atau pertemuan. Nah, kekurangan sifat ini adalah karena pembawaannya yang selalu ramai dan terbuka, terkadang agak sulit buatmu untuk menjadi pendengar yang baik. Saat pertama kali diwawancara sebaiknya ungkapkan perihal kelebihan dan kekurangan kepribadian ini dengan cara halus, agar di kantor para atasan bisa mendelegasikan tugas atau pekerjaan yang lebih cocok buatmu. Kamu pun harus belajar mengelola sifatmu agar nggak sampai membuat jengkel rekan kerja atau atasan karena terlalu heboh atau sulit fokus.

Memiliki sifat yang introvert membuat seseorang terkesan penyendiri atau pendiam, padahal yang bersangkutan hanya bukan tipe orang yang suka blak-blakan mengungkapkan isi pikiran

Lebih fokus saat bekerja sendirian adalah ciri khas si introvert via pixabay.com

Para introvert biasanya dicap pemalu atau penyendiri karena lebih suka bekerja sendiri dan terkesan nggak terlalu banyak bicara seperti para introvert. Padahal nggak selalu demikian, lho. Para introvertbiasanya memang lebih nyaman bertemu dengan orang-orang dengan jumlah terbatas dan mengungkapkan isi hati dan pikirannya saat ada orang bertanya atau saat benar-benar dibutuhkan saja.

Advertisement

Dalam dunia kerja, para introvert juga dibutuhkan mereka tipe pemikir yang suka mempertimbangkan sesuatu dengan matang dan enggan tergesa-gesa. Jika kamu masuk dalam kelompok ini, kekuatan dari kepribadian ini ada di pikiran, bukan pada tindakan. Orang dengan tipe seperti ini lebih cocok dengan pekerjaan yang nggak membutuhkan banyak interaksi dengan orang banyak dan akan berfungsi maksimal saat dihadapkan dengan pekerjaan yang menuntut fokus tinggi dalam waktu yang relatif lama.

Kepribadian ambivert merupakan kombinasi yang pas di tengah yang membuat seseorang dengan kepribadian ini cenderung lebih pandai dalam menempatkan diri

Ambivert, memiliki kepribadian yang seimbang nih via www.pexels.com

Beruntunglah kamu yang memiliki kepribadian ambivert yang merupakan perpaduan dari kepribadian ekstrovert dan introvert. Jika kamu tergolong dalam tipe kepribadian ini, kamu bisa menempatkan diri dalam berbagai situasi dengan baik. Kamu tahu benar kapan harus ramai dan kapan harus menjadi orang yang tenang. Nah, orang kepribadian ini biasanya cocok bekerja sebagai HRD, terapis atau psikolog. Saat menjadi seorang psikolog, kamu paham betul kapan harus bicara dan kapan harus menjadi pendengar yang baik untuk klien.

Kamu yang tergolong dalam kepribadian ini dapat mengungkapkan isi pikiran dengan tepat dan dibutuhkan sebagai penengah antara introvert dan ekstrovert. Jika kamu memiliki kepribadian ini, kamu bisa membantu rekan kerja yang terlalu introvert dan terlalu ekstrovert untuk dapat bekerja dengan harmonis dan melengkapi kekurangan dan kelebihan masing-masing.

Apapun jenis kepribadianmu, selama kamu paham betul kekurangan dan kelebihanmu di dunia kerja, pasti akan memberikan dampak positif dalam kariermu kok

Sukses pasti mengikuti asal pandai menempatkan diri dan bersikap positif via www.pexels.com

Setelah kamu tahu, dirimu tergolong dalam kepribadian yang seperti apa akan lebih mudah bagimu untuk memfokuskan diri untuk bekerja di bidang apa dan mengerjakan bagian apa di kantor. Manusia memang unik karena memiliki beragam kepribadian jadi nggak usah khawatir kamu nggak seceria si A atau sekalem si B di tempat kerja, karena masing-masing punya peran penting untuk menjalankan pekerjaannya. Kalau kamu sudah paham letak kekurangan dan kelebihanmu, kamu pasti akan lebih mudah menapaki karier dan menjalaninya tanpa merasa terbebani atau menjadi seseorang yang bukan dirimu.

Nah, setelah memahami perbedaan kepribadian yang sudah Hipwee jabarkan untukmu, semoga kamu bisa lebih bijak lagi dalam menanggapi sikap atasan, bawahan atau rekan kerja yang mungkin berbeda daripada kamu ya. Dengan menghargai perbedaan dan bijak dalam menggeluti tugas yang sesuai dengan kepribadianmu, pasti akan membawa pengaruh yang baik pada kariermu dan menciptakan lingkungan kerja menjadi lebih kondusif. Semangat!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya