6 Pekerjaan ini Diprediksi Makin Dibutuhkan di Tahun 2021! Siap Adu Skill dengan Pesaingmu?

tren pekerjaan 2021

Tahun 2020 membuat banyak orang harus rela kehilangan pekerjaan atau rekan kerjanya. Hal ini juga menyebabkan mereka harus rela menyesuaikan kemampuan yang dipunya dengan apa yang paling dibutuhkan saat itu juga kalau tak mau disisihkan begitu saja. Hal ini dilakukan karena kebutuhan masyarakat akan sesuatu berubah, sehingga cara perusahaan dalam memenuhi produk yang diperlukan pun juga perubah. Secara tak langsung, ini akan berdampak pada peran-peran yang harus diisi dalam perusahaan.

Advertisement

Walau pandemi sudah dimulai sejak awal tahun 2020 ini namun sepertinya perubahan akan tetap terjadi di tahun 2021 nanti. Jika kamu penasaran pekerjaan seperti apa yang paling dibutuhkan tahun depan, kita simak yuk beberapa daftar berikut ini!

1. Labih banyak hal yang dilakukan secara daring sejak pandemi, digital marketing specialist jadi semakin dicari

Digital/ Credit: AndrewLozofyi on Deposit Photos via id.depositphotos.com

Perubahan ke arah digital memang banyak dilakukan di beberapa tahun ke belakang namun dengan adanya pandemi ini lowongan untuk menjadi digital marketing specialist rasanya jadi makin tinggi. Pekerjaannya mirip dengan marketing biasanya namun segala halnya lebih banyak dilakukan secara online.

2. Masih berkaitan dengan digitalisai, software developer dan sofware engineer diprediksi makin banyak dibutuhkan

Pekerjaan ini kurang lebih merancang, membuat, mengetes, hingga melakukan maintenance terhadap sebuah sistem atau aplikasi yang dibuat. Seperti kita tahu, semakin ke sini semakin banyak pula perusahaan yang memerlukan software sebagai produknya. Makanya, dua pekerjaan ini diprediksi masih laris di tahun 2021.

Advertisement

3. Tenaga medis seperti perawat akan makin dibutuhkan di tahun 2021, bahkan kuota CPNS untuk posisi ini cukup banyak lo

Seperti yang mungkin kamu amati, kasus Covid-19 rasanya tak kunjung menunjukkan adanya pengurangan, makanya tenaga medis akan masih tetap dibutuhkan dalam jumlah yang besar. Bahkan dilansir dari beberapa sumber, tenaga medis seperti perawat, bidan, dokter umum, dan dokter spesialis menjadi prioritas dalam penerimaan CPNS 2021 mendatang.

4. Medical sonographer menjadi salah satu pekerjaan di bidang medis yang sebenarnya sudah makin diperlukan sejak era new normal diberlakukan

Sonographer/ Credit: Wave Break Media on Deposit Photos via id.depositphotos.com

Medical sonographer bertugas untuk melakukan pemeriksaan, mencatat kondisi anatomi, dan mendiagnosis penyakit melalui gambar yang dihasilkan oleh medical ultrasound. Pekerjaan ini masuk ke dalam 30 besar pekerjaan paling dicari saat era new normal lo.

5. Sekarang data menjadi hal yang sangat dibutuhkan di berbagai lini perusahaan, makanya akan ada peluang besar untuk posisi data analyst

Advertisement

Tahun 2021, pekerjaan yang berhubungan dengan pengolahan data diprediksikan akan naik sebesar 35%. Hal ini tak bisa dipisahkan dari adanya 1,7 MB data yang diunggah oleh orang di seluruh dunia di setiap detiknya. Data-data ini dibutuhkan oleh perusahaan sehingga mereka bisa membuat analisis terhadap apa yang sedang tren dan yang dibutuhkan oleh orang-orang. Pekerjaan yang satu ini akan cocok untuk seseorang yang memiliki latar pendidikan statistik atau matematika.

6. Industri asuransi juga tampaknya semakin ramai sejak pandemi, posisi sales di bidang ini akan banyak dicari

Berbagai ketakutan akan segala hal yang tak pasti dan tiba-tiba di masa pandemi ini, seperti kehilangan pekerjaan atau jatuh sakit membuat orang mulai ingin mencari rasa aman, salah satunya dengan ikut asuransi. Bidang ini akhirnya memiliki pasar yang lebih luas dan lowongan pekerjaan untuk posisi di dalamnya pun ikut naik terutama posisi sales.

Nah itu dia beberapa pilihan pekerjaan yang mungkin bisa mulai kamu pertimbangkan sejak sekarang. Akan tetapi, selain melihat peluang yang besar, kamu mungkin sudah memiliki pertimbangan sendiri ketika memilih sebuah pekerjaan. Ikut polling berikut ini yuk!

Loading ...

Untukmu yang sedang berjuang menemukan pekerjaan yang paling cocok denganmu dengan pertimbangan apapun, semoga lekas dipertemukan di tahun 2021 mendatang ya!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE