7 Pekerjaan yang Cocok Bagi Fresh Graduate Tanpa Pengalaman. Bisa Dicoba untuk Batu Loncatan

Pekerjaan untuk fresh graduate tanpa pengalaman

Menjadi seorang fresh graduate terkadang mesti legawa saat cari kerja pertama kali. Sebab, nggak semua pekerjaan yang didapat sesuai dengan ekspektasi. Ketimbang pilih-pilih kerjaan, lebih baik jika kamu menekuti satu profesi yang bisa dijadikan batu lonjatan dulu, daripada nganggur, hayo! Terlebih jika kamu nggak punya skill khusus.

Advertisement

Nggak perlu cemas, lowongan pekerjaan untuk fresh graduate tanpa pengalaman itu cukup banyak. Contohnya beberapa profesi di bawah ini β€” yang bisa kamu coba daftar. Cek dulu, barangkali ada yang sesuai minatmu.

1. Kamu yang menyukai bidang penjualan, posisi Sales Officer bisa banget dijajal

jadi sales nggak masalah via www.topspeed.com

Profesi ini cocok untukmu yang pintar merayu pelanggan dan menawarkan produk. Sayangnya, sales sering dipandang sebelah mata, padahal kalau mencapai target, mereka bisa dapat bonus setara gaji lo!

2. Ada juga posisi Customer Relation buatmu yang orangnya senang menelateni orang lain

bisa jadi Customer Relation via malangvoice.com

Biasanya, tugas Customer Relation berhubungan langsung dengan pelanggan. Mereka yang bekerja di posisi ini diharapkan mampu membina hubungan baik dengan pelanggan, termasuk meng-handle keluhan mereka supaya pelanggan tetap bertahan alias nggak lari ke perusahaan lain.

Advertisement

3. Hampir setiap lulusan dari semua jurusan bisa bekerja sebagai staf administrasi

staf admin kalau paham arsip via mitsubishikendari.blogspot.com

Seorang staf admin mesti punya sifat yang teliti dan sistematis. Sebab, pekerjaannya berurusan langsung dengan data perusahaan. Staf admin biasanya diminta untuk mengentri data perusahaan dan mengelola arsipnya.

4. Setingkat di atas sales, ada posisi Account Executive yang bisa kamu coba daftar juga, berhubungan dengan β€˜jualan’ juga

kudu pinter bikin strategi penjualan via uniwisegroup.com

Tugas utama Account Executive ialah mengordinasi para sales supaya target hariannya tercapai. Di samping itu, ia juga harus bisa mengatur strategi pemasaran produk yang akan dijalankan selanjutnya. Lowongan untuk posisi ini seringnya ditujukan untuk fresh graduateΒ tanpa pengalaman lo!

5. Cobalah apply posisi staf gudang/logistik karena cukup bisa memberikanmu pengalaman

jadi staf gudang logistik via www.kompasiana.com

Profesi ini bisa juga dibilang dengan administrasi logistik. Umumnya, mereka akan diminta untuk membuat pencatatan pengelolaan barang mulai dari pemindahan, penyimpanan, pengadaan, hingga pemeliharaan. Supaya bisa jadi seorang staf gudang logistik, kamu mesti menguasi Ms. Office dan Outlook.

Advertisement

6. Management Trainee merupakan satu posisi untuk fresh graduate yang cukup bergengsi

ikut program MT via sleekr.co

Management Trainee (MT) merupakan program khusus untuk fresh graduate yang bertujuan untuk membentuk karyawan supaya lebih siap berada di posisi manajerial dalam waktu singkat. Gampangnya, ini merupakan program pelatihan untuk karyawan baru dalam kurun waktu tertentu. Biasanya, kamu juga akan menerima gaji selama mengikuti MT. Banyak kok perusahaan besar yang membuat program seperti ini, jadi nggak ada salahnya dicoba!

7. Kalau jeli dan teliti dalam hitung-hitungan, kamu bisa bekerja sebagai staf kasir

kasir hotel gajinya gede lo! via majoo.id

Posisi ini bisa kamu temui di banyak industri perdagangan. Biar dapat gaji tinggi, coba daftar sebagai staf kasir di restoran atau hotel ternama. Kalau kinerjamu bagus, nanti bakal ditawari posisi yang lebih tinggi juga lo!

Nggak perlu minder, pekerjaan untuk fresh graduate itu cukup banyak kok, seperti halnya yang bisa kamu pilih di laman Karir ini. Yang terpenting, telateni saja dulu pekerjaan yang kamu jalani sekarang ini, kalau skill sudah terasah, barulah mencari pekerjaan lain yang gajinya lebih tinggi. Semangat!


Advertisement
loading...
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE