Mengulik Peluang Usaha Custom, Bisnis Anti Rugi yang Sesuaikan Produk dengan Keinginan Pelanggan~

peluang bisnis custom

Modal sudah ada, niat untuk berbisnis sudah menggebu-gebu, tapi mencari peluang usaha yang diminati malah bikin pusing tujuh keliling. Kalau mau ngikutin yang ramai kok banyak saingannya tapi kalau masuk pasar yang spesifik takut bingung mengembangkannya. Tenang, ada kok pilihan yang lainnya yaitu bisnis custom atau kustomisasi di mana produk yang kamu buat menyesuaikan dengan keinginan para konsumen.

Advertisement

Salah satu produk yang populer selama ini mungkin sablon kaus, tapi ada juga lo berbagai bisnis custom lainnya yang layak dicoba. Jika penasaran dengan peluangnya serta cara supaya sukses bisnis di bidang ini, simak yuk penjelasan selengkapnya!

Kalau masih belum ada gambaran seperti apa bisnis custom maka saatnya berkenalan, semua yang dibuat disesuaikan dengan pesanan

Sudah disebutkan sebelumnya bahwa bisnis yang satu ini akan mengikuti keinginan konsumen, lebih spesifiknya para pebisnis custom akan membuatkan produk sesuai dengan pesanan mereka. Hal ini bisa meliputi model, desain, ukuran, warna, dan lain sebagainya. Berbagai spesifikasi tersebut bisa langsung dibuat oleh para pemesan dan penjual tinggal membuatkan namun bisa juga penjual menerima brief dan mengeksekusi mulai dari desain hingga jadi produk jadi. Kelebihan produk custom selain mengikuti keinginan konsumen sehingga sesuai selera mereka adalah sifatnya yang limited edition alias terbatas dan tak dimiliki semua orang sehingga kemungkinan akan selalu ada peminatnya.

Seperti bisnis lainnya, bisnis custom juga memiliki kelebihan serta kekurangan yang bisa kamu pertimbangkan

Mug custom/ Credit: AndreyPopov on Deposit Photos via depositphotos.com

Ada beberapa kelebihan yang bisa digunakkan untuk memasukkan bisnis ini ke pertimbangan bisnismu.

Advertisement
  • Bisnis ini memiliki modal yang relatif sedikit dibandingkan dengan keuntungan yang akan didapatkan.
  • Bisa menyesuaikan dengan kebutuhan pelanggan sehingga akan selalu ada pasar yang cukup besar. Sifat eksklusivitas yang diberikan juga akan membuat pelanggan makin senang.
  • Menggunakan sistem pre-order sehingga dapat menghindarkan dari kerugian barang yang tak terjual.

Selain kelebihan, ada beberapa kelemahan yang juga harus diperhitungkan

Advertisement
  • Sifatnya yang memenuhi keinginan pelanggan membuatmu harus bersabar dengan mereka yang kadang perfeksionis dan minta revisi sampai barang benar-benar sesuai dengan keinginan.
  • Saat memulai maka kamu harus meyakinkan para pelanggan bahwa hasil custom di tempatmu memiliki kualitas yang bagus sehingga perlu ada portofolio dan branding yang kuat.
  • Pengerjaan biasanya memerlukan waktu yang relatif lebih lama daripada produk yang seragam.

Tenang, untuk mengatasi berbagai tantangan yang mungkin akan dihadapi maka ada beberapa tips yang bisa diterapkan

  • Walaupun sistemnya custom namun bukan berarti kamu membuat produknya selalu dari bahan mentah. Untuk itu, perlu supplier untuk produk polosan tersebut. Pastikan sudah melakukan riset untuk mendapatkan supplier terbaik dengan harga yang paling masuk akal.
  • Jika masih mengerjakan semuanya sendiri maka kemampuan mendesain yang bagus sangat diperlukan.
  • Kemampuan mendesain yang bagus tentunya harus didukung degan promosi dan branding supaya bisnismu dikenal. Jangan lupa untuk meminta testimoni pada para pelanggan untuk meningkatkan kepercayaan.
  • Jangan lupa berikan update yang jelas terkait perkembangan produk yang sedang dibuat supaya pelanggan mengetahui bahwa ada progres terhadap pesanannya.

Seperti yang sudah disebutkan bahwa bisnis custom tak melulu hanya berkutat pada baju sablon saja tapi ada banyak yang lainnya

Berikut ini beberapa contoh bisnis custom yang bisa kamu coba:

  • Case telepon pintar
  • Sepatu lukis, sepatu pernikahan
  • Buket, kado atau hampers
  • Mug, tumblr, gelas
  • Masker
  • Sepeda atau motor
  • Notebook
  • dll.

Sebenarnya ada banyak sekali barang yang bisa dibuat dengan cara custom, tinggal jeli saja melihat peluang dan kira-kira apa yang paling dibutuhkan oleh orang-orang masa kini.

Untukmu yang saat ini ingin atau sedang merintis usaha, gabung yuk sama komunitas UMKM #KitaMulaiBersama! Daftar di bit.ly/MILISKMB untuk berlangganan newsletter supaya nggak ketinggalan info berisi konten dan event menarik seputar kewirausahaan dan pengembangan UMKM.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE