Peluang Usaha Gas LPG. Tinggal Nunggu Distributor dan Pelanggan Buat Datang Sendiri~

peluang usaha galon gas

Selain menjadi seorang bapak atau ibu kos, berbisnis gas LPG mungkin menjadi salah satu peluang menyenangkan lainnya. Bayangkan saja, tinggal duduk manis, nantinya baik distributor maupun pelanggan akan datang sendiri kepadamu. Tentunya hal tersebut akan terjadi kalau sudah berjalan dengan baik dan semuanya tertangani dengan lancar ya. Pasalnya ada-ada saja tantangan yang datang ketika berbisnis.

Nah, sekarang kamu mungkin penasaran dengan peluang usaha yang satu ini. Kerjanya memang kelihatan enak tapi bagaimana cara memulainya? Terus apakah keuntungannya juga besar? Simak jawaban selengkapnya berikut ini yuk!

Ada beberapa keuntungan dan tantangan yang harus kamu mulai persiapkan dari sebelum memulai bisnis ini

Gas LPG/ Credit: kaiskynet on Deposit Photos via depositphotos.com

Kamu bisa mendapatkan beberapa keuntungan dengan membuka bisnis ini, kalau sebelumnya nggak kepikiran mungkin usaha ini akan jadi bisnis impian.

  • Gas adalah sesuatu yang selalu dibutuhkan oleh semua orang bahkan seperti sudah masuk ke dalam kebutuhan pokok sehingga pasti selalu laku.
  • Bisnis ini relatif mudah untuk dijalankan. Kamu tak perlu memproduksi apapun dan tak perlu keahlian khusus terkait hal ini selain hitung-hitungan.
  • Sambil menjalankan bisnis yang satu ini kamu juga bisa menjalankan bisnis yang lainnya sehingga keuntungan pun bisa berlipat ganda.
  • Bisnis ini tak memerlukan tempat yang begitu luas, kamu bahkan bisa memanfaatkan ruangan di rumah seperti garasi.

Eits, tahan dulu jangan keburu kegirangan. Tentunya tak hanya keuntungan saja yang akan kamu dapatkan tapi tantangannya pun juga cukup bikin deg-degan.

  • Jalur distribusi bisa saja menjadi salah satu hambatan yang akan ditemui, apalagi jika lokasi berjualanmu ada di desa yang terpencil.
  • Risiko kebocoran pada gas bisa saja terjadi ketika sedang bongkar muat. Kemungkinannya adalah volume gas yang berkurang karena bocor atau yang lebih berbahaya adalah jika sampai terjadi ledakan.
  • Kamu mungkin siap menghadapi risiko yang terburuk tapi tetanggamu bisa jadi ikut was-was hingga merasa tak nyaman ketika proses bongkar muat dilakukan.
  • Karena berbagai keuntungan yang ditawarkan maka bisa saja kamu punya banyak saingan sehingga harus berhati-hati menentukan harga.

Meskipun kelihatan menguntungkan namun kamu jua perlu modal yang tak sedikit untuk memulai usaha yang satu ini

Di awal, kamu akan perlu menyiapkan tabung gas. Misalnya kamu bisa mulai dengan 100 tabung, jika harga satuannya Rp150.000,00 maka perlu modal sebesar Rp15 juta untuk memulainya. Itu baru tabung gas saja, masih ada biaya lain seperti biaya sewa jika tempat yang digunakan bukan milik sendiri.

Ada juga biaya promosi untuk banner atau biaya cetak brosur jika ingin lebih berkembang lagi. Jangan lupa juga masukkan uang bensin untuk mengantar jika menggunakan sistem pesan antar. Paling tidak, secara kasar kamu mungkin akan membutuhkan modal Rp25 juta untuk menjual 100 tabung dari awal hingga bisnis siap berjalan.

Jika sudah mempertimbangkan keuntungan dan tantangannya lalu sudah siap untuk memulai bisnis ini maka ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan

  • Meskipun cuma satu ruangan namun kamu tetap harus memperhatikan keamanan tempat penyimpananmu. Pastikan jauh dari jangkauan anak serta sumber api.
  • Untuk mencari pemasok biasanya akan ada pemasok resmi di pangkalan. Merekalah yang akan mengambil dari distributor pusat. Usahakan untuk mencari pemasok yang dekat dengan dengan lokasi usahamu untuk menghemat biaya transportasi.
  • Melihat berbagai persaingan yang ada, jangan lupa untuk menentukan harga yang bersaing. Kalau perlu kamu juga bisa menambahkan fasilitas pesan antar untuk radius tertentu. Untuk menghadapi hal in jangan lupa juga membangun citra positif dengan menjadi penjual yang ramah dan jujur ya.
  • Promosi juga penting lo untuk dilakukan, misalnya melalui hal sesederhana memasang banner supaya kelihatan kalau berjualan.

Yang namanya bisnis tentu tak ada yang isinya cuma enak saja. Akan ada tantangan, risiko, dan juga modal yang diperlukan untuk menjalankannya. Asal siap menghadapinya maka peluang usaha ini pasti bisa kamu taklukan kok. Tertarik mencoba?

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.