6 Perempuan yang Jadi Pengusaha Sukses Indonesia. Usahanya Sampai Mancanegara!

pengusaha perempuan indonesia

Selamat Hari Kartini!

Advertisement

Jika zaman dulu perempuan masih sulit bebas beraktivitas bahkan untuk bekerja, kini kesempatan sudah semakin terbuka lebar untuk kita yang ingin meraih mimpi setinggi-tingginya. Bukan hanya bekerja dengan orang lain tapi para perempuan pun juga bisa bersaing dengan yang lainnya dalam menjalankan usaha sendiri. Bahkan banyak lo perusahaan-perusahaan sukses yang didirikan dan dipimpin oleh seorang perempuan, mungkin kamu salah satu pengguna jasa atau produknya.

Perempuan-perempuan ini membuktikan bahwa kita juga bisa menguasai berbagai bidang usaha bahkan termasuk bidang yang selama ini didominasi oleh laki-laki. Siapa saja mereka? Kenalan satu-satu yuk!

1.Catherine Hindra Sutjahjo memilih keluar dari zona nyaman pekerjaan yang mapan untuk mendirikan Zalora

Advertisement

Sebelumnya Catherine bekerja di sebuah perusahaan konsultasi bonafide McKinsey & Company, namun ia kemudian memilih untuk melepaskan pekerjaan ini dan mendirikan sebuah e-commerce bersama seorang temannya yang lebih dulu memiliki toko fesyen online. Perusahaan bernama Zalora ini ia dirikan tahun 2012 dan kini sudah memiliki rata-rata pemesanan harian 600 sampai 700 transaski, karyawannya pun sudah sebanyak 200 orang. Situs Zalora juga sudah ada di beberapa negara di Asia seperti Hongkong, Taiwan, Thailand, Singapura, dll.

2. BerryBenka didirikan oleh dua sosok wanita yaitu Claudia Wijaya dan Yenti Elizabeth

Mungkin kamu pernah melakukan pembelian barang fesyen melalui situs yang satu ini. Ternyata BerryBenka buatan anak bangsa lo, kerennya lagi pendirinya adalah dua orang perempuan. Awalnya mereka memulai bisnis ini dari toko online kecil-kecilan pada tahun 2011 dan ternyata bisa sukses berkembang menjadi sebuah e-commerce yang menyediakan kebutuhan fesyen bagi perempuan maupun laki-laki.

3. Para hijabers mungkin sudah akrab dengan HijUp, pendirinya ternyata adalah perempuan bernama Diajeng Lestari

Ternyata situs HijUp merupakan e-commerce fesyen untuk muslim pertama di dunia lo. Situs ini dibuat sebagai jembatan bagi para desainer dan pembeli dari seluruh dunia yang dibuat oleh Diajeng Lestari yang memilih keluar dari pekerjaan kantorannya setelah menikah. Tak hanya melayani transaksi dari dalam negeri, HijUp juga menyediakan pengiriman internasional untuk pelanggan dari luar negeri karena ternyata sumber terbesar pengunjung justru memang dari luar negeri.

4. Kartini Muljadi tak hanya memiliki nama yang sama dengan RA Kartini namun juga memiliki semangat yang serupa dalam memimpin perusahaan

Kartini merupakan seorang yang aktif di bidang hukum dan memiliki pengalaman menjadi seorang hakim dan notaris serta memiliki firma hukum komersial. Tak hanya itu, ia bersama anak-anaknya juga mengelola Grup Tempo yang memproduksi barang konsumsi serta obat-obatan. Berkat usaha tersebut, ia dan keluarganya masuk ke deretan oraang terkaya versi Forbes. Bahkan ketika itu, ia juga menjadi wanita terkaya karena ia hanyalah satu-satunya wanita yang masuk masuk daftar Forbes tersebut.

5. Sering kepo dengan gaji suatu perusahaan? Mungkin kamu juga sering membuka Qerja, situs yang ternyata didirikan oleh perempuan bernama Veronika Linardi

Qerja merupakan sebuah situs di mana seseoraang bisa saling bertukar informasi secara anonim tentang pengalaman kerja di suatu perusahaan hingga gaji yang diberikan. Situs ini ternyata didirikan oleh Veronika yang juga memiliki latar belakang bidang Sumber Daya Manusia (SDM). Selain Qerja, ia juga membuat jobs.id di bawah Qareer Group Asia. Tak hanya itu, ia juga memiliki perusahaan bidang perekrutan sejak tahun 2006 yang bernama Linardi Associates.

6. Sudah sejak tahun 2006 Aulia Halmatussadiah mendirikan bisnis di bidang literatur online

View this post on Instagram

A post shared by Dodolo ID (@dodolo.id)

Tahun 2006 dunia jualan online apalagi di bidang litertatur mungkin belum semasif sekarang namun Aulia sudah mulai mendirikan bisnisnya sejak tahun tersebut. Ia memadukan antara hobinya menulis dan jurusan kuliahnya yaitu Teknik Informatika dengan mendirikan toko online Kutukutubuku dan kemudian juga mendirikan situs di mana para penulis bisa mempublikasikan tulisan mereka sendiri melalui Nulisbuku.

Itu dia beberapa entrepreneur perempuan Indonesia yang mampu bersaing tak hanya di dalam negeri namun juga di tingkat mancanegara. Semoga setelah ini akan ada semakin banyak wanita hebat yang memiliki kesempatan untuk mengejar mimpi tanpa dipandang sebelah mata. Semangat!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE