Beda Perilaku Baby Boomer Sampai Gen Z di Tempat Kerja. Sejak Kapan ya Mulai Jadi ‘Kutu Loncat’?

Perbedaan generasi di tempat kerja

Kenapa ya, anak muda zaman sekarang suka kutu loncat? Padahal orang-orang di generasi sebelumnya bisa tahan belasan hingga puluhan tahun di tempat kerja.

Hal tersebut mungkin menjadi pertanyaan bagi sebagian orang yang mengamati kehidupan di tempat kerja saat ini. Bahkan, mungkin kamu atau orang-orang terdekatmu juga mengalaminya. Fenomena kutu koncat atau keseringan berganti-ganti tempat kerja memang banyak terjadi pada anak muda zaman sekarang. Fenomena tersebut sebenarnya bisa kita amati dari perilaku dan pola kerja tiap generasi.

Selain itu, ada juga fenomena lain di tempat kerja yang cukup menjadi persoalan serius bagi pengelola sumber daya manusia (SDM) di lingkungan kerja, yakni generation gap atau kesenjangan generasi di tempat kerja. Pasalnya, saat ini tempat kerja dihuni oleh 4 generasi sekaligus, yakni  25 persen Baby Boomers (1946-1964), 33 persen Gen X (1965-1980), 35 persen Gen Y atau Milenial (1981-2000) dan 5 persen Gen Z (2001-2020). 4 generasi yang digolongkan berdasarkan tahun kelahiran tersebut memang memiliki perbedaan perilaku.

Coba bayangkan jika dalam satu ruangan kamu punya rekan kerja seumuran dengan orang tuamu dan adikmu. Bisa jadi tiap generasi punya pandangan yang berbeda dalam menghadapi permasalahan pekerjaan. Beberapa data penelitian memang mengungkap kesenjangan usia tersebut bukan masalah yang serius. Namun, nyatanya sering terjadi masalah karena perbedaan perilaku dan pola kerja dari tiap generasi. Mari kita pahami lebih dalam bagaimana perilaku dan pola kerja tiap generasi saat ini!

Kecenderungan perilaku Baby Boomer, Gen X, Gen Y, dan Gen Z di tempat kerja

Setiap generasi memiliki aspirasi atau harapan dan tujuan keberhasilan yang berbeda-beda terhadap dunia kerja. Melansir dari laman resmi Purdue Global, Dr. Bea Bourne, pengajar di Universitas Purdue Global mengungkap bahwa perbedaan aspirasi tiap generasi memengaruhi perilaku kerja mereka. Baby Boomer bekerja dengan tujuan kenyamanan, Gen X dengan keseimbangan hidup mereka,

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Penikmat buku dan perjalanan

Editor

Learn to love everything there is about life, love to learn a bit more every passing day