5 Hal yang Perlu Kamu Pikirkan Matang-matang Sebelum Bisnis Bareng Teman. Jangan Sungkan!

persiapan bisnis sama teman

Modal udah ada, teman seperjuangan yang membangun bisnis bersama juga sudah ada. Kurang apa lagi?

Advertisement

Saat memutuskan untuk memulai bisnis bareng sahabat atau teman dekat, ada beberapa hal yang wajib kamu perhatikan. Bukan berarti kamu lantas harus mencurigai mereka berlebihan, tapi bersikap preventif akan membantu kalian mengatasi masalah secara lebih profesional daripada nggak ada persiapan sama sekali.

Dilansir dari berbagai sumber, salah satunya dari laman American Express, ada 5 hal penting yang harus kamu perhatikan sungguh-sungguh sebelum mantap menjalankan bisnis bersama. Apa saja?

1. Bukan bermaksud untuk curiga, tapi lebih baik berhati-hati dan waspada saat memutuskan berbisnis bareng teman. Pasalnya, bisa jadi ada tabiatnya yang belum kita ketahui

Credit: Elle Hughes for Pexels via www.pexels.com

Banyak orang terjebak penyesalan setelah menjalankan bisnis bareng teman karena di awal sudah merasa ‘gue kenal banget sama dia, udah kenal lama banget pasti tahu segalanya tentang dia’, padahal belum tentu lo. Pada beberapa situasi penuh tekanan, seseorang bisa saja mengungkap watak aslinya. Ini hal yang perlu kamu antisipasi sejak awal, jadi pastikan sebelum memulai bisnis kamu sudah tahu tabiat dan baik buruknya sifat rekan bisnismu.

Advertisement

2. Terapkan aturan emas ini, “Perlakukan rekan bisnismu seperti kamu ingin diperlakukan.”

Credit: Fauxels for Pexels via www.pexels.com

Banyak pertemenan rusak karena tidak menerapkan hal ini. Mudah untuk lebih cepat marah atau merasa kecewa pada orang yang sudah dianggap dekat. Oleh karena itu, camkan hal ini baik-baik sebelum mulai berbisnis sama teman, “Perlakukan orang lain seperti kamu ingin diperlakukan.”

3. Hanya bekerja dengan seseorang yang kamu yakin dan percaya 100%. Kalau masih ragu, mending jangan

Credit: bongkarn thanyakij for Pexels via www.pexels.com

Apakah kepercayaanmu sudah 100%, atau masih ada kebimbangan? Coba cek dan hati-hati, kalau ada warning dari dalam diri, bisa jadi itu akan menyelamatkanmu di masa depan.

4. Perhatikan apakah temanmu punya kelebihan lain. Makin oke kalau dia bagus di bidang yang kamu lemah

Credit: The Coach Space for Pexels via www.pexels.com

Akan lebih baik lebih baik lagi kalau kamu dan temanmu bisa melengkapi. Misalnya, temanmu jago nego dan ngomong sedangkan kamu jago mengurus hal-hal detail. Ini akan membuat bisnis kalian bertumbuh lebih baik, ketimbang sama-sama punya kekurangan di satu bidang.

Advertisement

5. Tentukan batasan-batasan jelas sejak awal. Penting banget ini dibahas sebelum fix bekerja sama dalam sebuah bisnis

Credit: Fauxels for Pexels via www.pexels.com

Sudah jelas ya, menerapkan batasan itu wajib banget hukumnya. Kalau perlu, ya lakukan dengan cara hitam di atas putih. Batasan jelas sangat membantu kalian bekerja lebih nyaman dan profesional di masa depan. Nggak usah sungkan-sungkan sih soal menerapkan aturan dan batasan ini! Terutama soal urusan uang ya. Hati-hati!

Jadi sudah siap berbisnis sama teman? Yang pasti, pastikan kamu dan temanmu sudah siap menjalani susah senang bersama membangun sebuah bisnis bersama. Semoga sukses!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

An independent woman, loving mom and devoted wife.

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE