4 Jawaban Aman untuk Pertanyaan “Kenapa Menganggur dalam Waktu Lama?” Saat Wawancara Kerja

Pertanyaan menganggur saat wawancara kerja

Di dalam sebuah resume atau CV, ada beberapa informasi yang mestinya dicantumkan. Nggak terkecuali pengalaman bekerja. Kalau bagian ini memuat banyak poin, tentu kamu sebagai pelamar akan merasa aman lantaran ada referensi yang bisa dijadikan pertimbangan oleh perekrut. Tapi, gimana kalau misalnya pengalaman bekerjamu tak banyak? Belum lagi ada jeda cukup lama (alias nganggur) sampai akhirnya kamu melamar kerja? Besar kemungkinan perekrut akan menanyakan alasannya.

Tenang, nggak perlu bingung untuk menjelaskan alasan menganggur lama saat wawancara kerja. Coba pakai pilihan jawaban aman dari Hipwee Sukses berikut saja.

1. Tunjukkan bahwa kamu selalu meng-upgrade kemampuan dan keahlian di bidang yang ditekuni sekarang. Jadi meski menganggur, kompetensimu tetap terasah dan nggak tumpul

ikut kursus dan kelas online via jobhuntingguide.trademe.co.nz

“Jeda waktu yang lama tersebut saya gunakan dengan baik untuk meningkatkan kemampuan teknis saya dengan mengikuti kursus maupun kelas online. Hasilnya, saya bisa membuat animasi 3D dengan beberapa macam aplikasi.”

2. Nggak ada salahnya menceritakan pengalamanmu menjadi relawan baik untuk institusi maupun secara pribadi. Ada banyak hal positif yang bisa didapatkan dari sana dan ditularkan saat bekerja

pengalaman jadi relawan via www.careercontessa.com

“Sembari menunggu panggilan kerja, saya melakukan kegiatan kerelawanan di mana saya dikirim ke daerah terpencil untuk mengajar di sana. Saya dituntut untuk mandiri dan bekerja keras untuk bisa memberikan pendidikan yang layak bagi anak-anak yang membutuhkan. Kini, saya menjadi orang yang lebih dewasa dalam memecahkan masalah serta makin peduli terhadap sesama.”

3. Tak terkecuali kegiatan sosial yang dijalankan di kampung atau desa-desa. Meski lingkupnya kecil, namun pengalaman berorganisasi semacam ini juga dibutuhkan di lingkungan kerja. Nggak usah minder dulu lah~

ikut kegiatan kampung via www.forbes.com

“Walaupun saya tidak bekerja, namun dalam masa-masa kosong itu saya ikut berkontribusi menjalankan program yang diadakan karang taruna di kampung saya. Saya dan juga teman-teman karang taruna berhasil mengembangkan pemasaran batik dengan promosi online. Saya senang sekali mendapatkan pengalaman berharga ini.”

 4. Kamu yang sempat mengisi waktu menunggu panggilan kerja dengan berwirausaha juga nggak kalah menariknya di mata perekrut. Pengalaman ini tentu bisa jadi nilai tambah tersendiri bagi mereka

coba wirausaha via www.totaljobs.com

“Di masa-masa menganggur ini, saya mencoba peruntungan untuk berwiraswasta. Saya menjajakan minuman kekinian yang saya olah sendiri dan memanfaatkan jasa pesan antar online. Meski hasilnya belum mencapai target penjualan, namun saya belajar banyak tentang manajemen produksi, keuangan, dan juga pasar.”

Kalau keempat poin di atas nggak ada yang mewakili jawabanmu saat ditanya soal lama menganggur, tak mengapa. Kamu bisa katakan saja kalau kamu mengisi masa menganggur dengan terus berusaha mencari pekerjaan. Namun tetap tunjukkan sikap profesional dan attitude yang baik saat momen wawancara. Ya, karena sempat menganggur lama itu bukan berarti kamu adalah orang yang pemalas, bukan? Semangat, ya!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement
loading...
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

salt of the earth, light of the world

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE