Plus Minus Meminjam Uang di Bank untuk Modal Usaha. Sebelum Nekat, Pahami Juga Risikonya

plus minus modal pinjam bank

Selama ini modal menjadi salah satu tantangan terbesar bagi beberapa orang yang ingin memulai sebuah usaha. Biasanya sih paling aman menggunakan tabungan yang sudah dimiliki atau menjual aset yang dipunya. Sayangnya tak semua orang bisa memiliki dua hal tersebut hingga akhirnya harus meminjam, entah dari saudara atau dari bank sekalian. Yang kedua ini biasanya dijadikan alternatif paling menjanjikan tapi bagi sebagian orang juga bikin deg-degan.

Advertisement

Nah, jika kamu juga sempat kepikrian untuk meminjam uang dari bank sebagai modal usaha sebaiknya pertimbangkan dulu beberapa kekurangan dan kelebihan supaya nggak asal-asalan dan kaget sendiri saat sudah berjalan. Simak yuk apa saja!

Beberapa kelebihan yang dimiliki membuat banyak orang memutuskan untuk memilih meminjam uang di bank sebagai modal

Lebih aman/ Credit: ijeab on Freepik via www.freepik.com

Ada beberapa kelebihan yang mungkin akan kamu dapatkan ketika memutuskan berbisnis dengan pinjaman modal dari bank yaitu:

  • Biasanya setiap bank akan menawarkan berbagai jenis pinjaman untuk modal usaha seperti untuk mereka yang memulai usaha mikro, KUR, atau kredit bentuk lain. Macam-macam pilihan ini akan memberikanmu opsi untuk menyesuaikan yang paling cocok dengan kebutuhan usahamu.
  • Jika biasanya mendapatkan modal dari investor maka mereka akan ikut turun tangan dalam membuat keputusan terhadap sesuatu yang terjadi dengan bisnismu, bank berbeda. Mereka cenderung tak ikut campur asal kamu disiplin dalam membayar tagihan.
  • Bank yang menyediakan pinjaman untuk usaha mikro biasanya menawarkan bunga yang relatif rendah. Pastikan memperthitungkannya dan biaya sebelum memilih jenis pinjaman dan pastikan untuk bisa mengembalikannya.
  • Meminjam di bank juga cenderung lebih aman karena memiliki jaminan berupa surat agunan yang biasanya tak diberikan jika meminjam kepada pihak yang kurang terpercaya.
Advertisement

Meskipun punya banyak kelebihan, ada juga kekurangan yang harus dihadapi ketika memutuskan meminjam uang di bank

Pusing/ Credit: wayhomestudio on Freepik via www.freepik.com

Barangkali kekurangan berikut yang harus lebih kamu perhatikan sebelum benar-benar meminjam karena kenyataannya banyak juga yang mengalami kesulitan.

  • Kamu tak bisa begitu saja mendapatkan pinjaman dari bank namun harus ada proses survei dan verifikasi terkait usaha yang kamu jalankan. Proses ini seringnya butuh berhari-hari atau bahkan berminggu-minggu sehingga cukup menguras waktu.
  • Nominal yang diberikan oleh bank biasanya juga tergantung dengan agunan yang diajukan, bisa jadi lebih rendah dari yang dibutuhkan sehingga tak bisa menutup seluruh kebutuhan modal.
  • Salah satu risiko yang juga ditakutkan oleh banyak orang adalah bahwa ketika ternyata tak bisa mengembalikan pinjaman karena bisnis yang ternyata tak berhasil maka aset yang dijadikan agunan harus rela disita bank.

Jika sudah mantap akan mengajukan pinjaman setelah mempertimbangkan plus minusnya, ada juga cara supaya kamu bisa lancar dapat pinjaman ini

Dokumen/ Credit: osaba on Freepik via www.freepik.com

Layaknya mencari seorang investor, kamu juga perlu menunjukkan bahwa usahamu memiliki tujuan yang jelas dan prospek yang bagus ke depannya ketika mengajukan pinjaman ke bank. Pasalnya seperti yang sudah dikatakan mereka tak hanya asal memberikan pinjaman, namun juga melakukan pengecekan terhadap bisnismu. Baik secara tertulis melalui proposal maupun ketika berbicara langsung, keduanya tetap harus disiapkan dengan sebaik mungkin supaya bisa meyakinkan. Selain itu, kamu juga harus mengecek persayaratan apa saja yang dibutuhkan supaya bisa melengkapi dokumennya, jika kurang biasanya pengajuanmu memiliki potensi untuk ditolak.

Dalam bisnis akan selalu ada risiko yang ditanggung ke depannya, makanya dalam memulainya pun kamu perlu mengambil tantangan tersebut termasuk dalam mencari modal. Akan tetapi, risiko yang ditimbulkan bisa dikurangi dengan perencanaan yang baik dan penuh dengan perhitungan.

Untukmu yang saat ini ingin atau sedang merintis usaha, gabung yuk sama komunitas UMKM #KitaMulaiBersama! Daftar di bit.ly/MILISKMB untuk berlangganan newsletter supaya nggak ketinggalan info berisi konten dan event menarik seputar kewirausahaan dan pengembangan UMKM.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE