4 Trik Terlihat Profesional Saat Telekonferensi. Jangan Cuek Bebek Meski Kerja dari Rumah

Profesional saat telekonferensi

Sampai waktu yang belum bisa dipastikan, beberapa kantor memberlakukan kebijakan bekerja dari rumah untuk karyawannya. Kebijakan ini merespon imbauan dari pemerintah untuk melakukan social distancing, karena eskalasi penyebaran Covid-19 yang makin meningkat.

Advertisement

Meski bekerja dari rumah, produktivitas harus tetap dijaga karena kamu tetap digaji perusahaan. Terima kasih kepada teknologi, karenanya kamu bisa tetap melakukan rapat dan komunikasi yang efektif dari rumah lewat telekonferensi atau video call. Nah, biar tetap terlihat profesional sekalipun rapat via video call, berikut Hipwee Tips rangkum 4 tips dari ahli yang harus kamu perhatikan. Simak!

1. Jaga penampilan dan tetap gunakan pakaian yang rapi seperti lagi ngantor

gunakan pakaian yang rapi via www.bloomberg.com

Gunakan pakaian yang rapi, meski dasteran atau bokseran adalah yang ternyaman. Ahli strategi karier, Linda Raynier mengatakan berpakaian rapi menunjukkan kalau nggak ada perbedaan produktivitas saat kamu bekerja dari rumah atau di kantor. Untuk cewek, kamu bisa pakai blus, kardigan, atau pakaian yang nggak mengekspos belahan dada. Sementara untuk cowok, bisa pakai kemeja atau sweater.

2. Rapikan rambut dan usahakan tetap gunakan riasan

gunakan riasan via www.stocksy.com

Ahli mengatakan, mata adalah hal pertama yang akan kelihatan buruk di kamera jika nggak dirias. Penata rias selebriti, Nam Vo menyarankan kamu menggunakan concealer dengan warna lebih terang dari biasanya, dan juga mengaplikasikan maskara tipis-tipis untuk menegaskan sorot mata. Sementara buat cowok, pastikan wajah nggak berminyak, dan rapikan rambut biar nggak kelihatan seperti baru bangun tidur.

Advertisement

3. Perhatikan sumber cahaya saat melakukan video call

perhatikan sumber cahaya via www.bloomberg.com

Kamu bisa duduk sedekat mungkin dengan jendela saat melakukan video call dengan cahaya alami dari sinar matahari. Kalau pencahayaan alami di ruanganmu kurang baik, kamu bisa menggunakan lampu yang diposisikan di belakang layar laptop atau komputer. Pencahayaan sangat penting karena akan memberi suasana positif kepada lawan bicara saat video call.

4. Perhatikan detail teknis dan kondisi ruangan saat melakukan video call

perhatikan detail ruangan via www.businessinsider.sg

Bagian terpenting, jangan tampilkan ruangan yang berantakan saat video call. Kalau kamu punya dekorasi yang bagus seperti lukisan atau tanaman, jadikan itu sebagai latar belakang. Pilihan lain, kamu bisa mengandalkan dinding polos. Kamu juga harus perhatikan posisi ideal kamera yakni sejajar dengan mata saat video call. Atau kalau menggunakan smartphone, usahakan pakai tripod atau benda lain yang menjaga kestabilan gambar.

Selain bikin kamu terlihat tetap profesional, persiapan yang matang saat melakukan telekonferensi bisa bikin kamu lebih percaya diri, dan atasan nggak menganggap kamu lagi bersantai-santai. Nah, semoga WFH-nya tetap produktif, dan situasi bisa lekas kondusif, ya!

Advertisement
loading...
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

colour my life with the chaos of trouble

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE