Mengenal QRIS pada Sistem Pembayaran Cashless. Apa Aja Manfaatnya untuk Para Penjual?

QRIS adalah

Sadar nggak sih, belakangan ini ketika membuka layanan e-money pada aplikasi e-commerce atau ojek online di ponselmu maka akan muncul lambang QRIS si bagian pojok atasnya? Mungkin selama ini kamu sudah melihat keberadaannya beberapa kali namun masih belum tahu apa arti dari lambang tersebut dan kegunaannya atau malah sebenarnya tak begitu memedulikan.

Advertisement

Nah, ternyata layanan ini merupakan sebuah sistem yang dibuat oleh Bank Indonesia melihat betapa maraknya penggunaan e-money saat ini. Dengan adanya arus digitalisasi yag makin masif, sistem ini dinilai memberikan benefit baik bagi penggunanya maupun untuk para pelaku usaha. Selengkapnya, simak tuntas ulasannya berikut ini!

QRIS dibuat oleh Bank Indonesia supaya proses transaksi yang menggunakan QR code berjalan dengan lebih aman

QRIS adalah kependekan dari Quick Response Code Indonesian Standard yang merupakan gabungan dari berbagai Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) menggunakan QR code. Sistem ini diklaim akan membuat transaksi yang menggunakan QR code berjalan dengan lebih mudah, cepat, dan aman. Makanya, semua PJSP diwajibkan untuk menerapan QRIS yang dikembangkan oleh industri sistem pembayaran bersama dan Bank Indonesia ini.

Masyarakat yang menggunakan aplikasi pembayaran ini nantinya bisa menggunakannya untuk bertransaksi di toko, warung, membeli tiket, donasi, dan di semua merchant yang memiliki logo QRIS. Walaupun aplikasinya berbeda, nantinya transaksi tetap bisa dilakukan di tempat berlogo tersebut. Akan tetapi, akan ada pembatasan nominal per transaksi yang bisa digunakan yaitu paling banyak sebesar Rp2.000.000,00. Sedangkan untuk batas harian atau bulanan bisa ditetapkan berdasarkan manajemen risiko penerbit.

Advertisement

Ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan melalui program ini baik untuk merchant maupun para pengguna lainnya

QR Code/ Credit: Pixabay via www.pexels.com

Dengan menggunakan program QRIS ini maka merchant atau penjual bisa mendapatkan beberapa keuntungan yaitu:

  • Jika dulu biasanya harus ada beberapa QR code yang dipajang karena setiap aplikasi memiliki QR code yang berbeda, dengan menggunakan QRIS maka penjual hanya perlu menyediakan satu QR code untuk beberapa aplikasi yang sudah mendapatkan izin.
  • Ketika menggunakan QR code maka penyebaran uang palsu dapat dihindari, selain itu para merchant juga tak perlu repot menyiapkan uang kembalian karena nominal transfer bisa dipaskan.
  • Transaki secara otomatis sudah tercatat dan terintegrasi sehingga lebih praktis, catatan ini juga bisa dilihat setiap saat ketika dibutuhkan.
  • Melalui QRIS maka kamu hanya perlu mendaftar sekali untuk menerima pembayaran dari aplikasi apapun tanpa perlu mendaftarkan diri di setiap aplikasi sebagai merchant.

Sebagai penjual perlu dipahami pula apa saja kemudahan yang didapatkan pembeli untuk mengetahui seberapa berpotensi transformasi pembayaran yang satu ini. Berikut ini beberapa benefit yang akan mereka dapatkan:

  • Transaksi akan lebih mudah dan cepat karena tak perlu menghitung uang tunai.
  • Tak perlu pusing memikirkan QR code milik aplikasi mana yang terpasang pada merchant, asal menggunakan aplikasi yang sudah mendapat izin maka pembeli bisa menggunakannya.
  • Transaksi ini juga aman karena semua PJSP sudah mendapatkan izin dan diawasi langsung oleh Bank Indonesia.

Proses transaksi yang satu ini sebenarnya sama saja dengan proses pembayaran melalui QR code yang selama ini kita lakukan kok

Ada 3 jenis pembayaran yang bisa dilakukan yaitu:

  • Merchant memasang QRIS, pelanggan melakukan scan, memasukkan nominal, memasukkan PIN, kemudian membayar.
  • QR dikeluarkan oleh satu device, merchant memasukkan nominal, pelanggan melakukan scan.
  • Pelanggan menunjukkan QRIS yang tampil di aplikasi, merchant melakukan scan. Yang terakhir ini masih dalam tahap uji coba.

Wah, dengan begini pembeli dan merchant bisa sama-sama diuntungkan karena lebih praktis dengan berbagai aplikasi yang terintegrasi. Jangan-jangan nih gara-gara maraknya cashless society begini, uang kertas akan hilang dari perederan? Hmm.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE