15 Quotes tentang Menjadi Pemimpin yang Bijaksana. Bisnis Tak Berporos pada Diri Sendiri

quotes leadership

Banyak yang memutusukan mendirikan usaha supaya nggak harus ikut dengan orang lain dan bebas mengatur segala hal sendiri. Artinya, ketika itu pula seorang wirausahawan harus kembali bersiap juga untuk mengubah kebiasaan dari pengikut menjadi seorang pemimpin. Walau hanya memiliki sedikit karyawan tetapi tetap saja kemampuan untuk menjadi pentolan mereka sangat dibutuhkan.

Advertisement

Seiring berjalannya waktu, kemampuan ini bisa kok semakin diasah. Jika mungkin masih sulit untuk mengendalikan diri, mungkin kamu bisa belajar dari beberapa tokoh ternama melalui beberapa kutipan dari mereka berikut ini!

Jangan mengira bahwa ketika menjadi seorang pemimpin kamu bisa sewenang-wenang, justru yang perlu dilakukan adalah menjadi pelayan

Harus bijak/ Credit: jcomp on Freepik via www.freepik.com

  • The first responsibility of a leader is to define reality. The last is to say thank you. In between, the leader is a servant. —Max DePree (Tanggung jawab pertama seorang pemimpin adalah menegaskan kenyataan. Terakhir adalah mengucapkan terima kasih. Di antaranya, seorang pemimpin adalah pelayan.)
  • Before you are a leader, success is all about growing yourself. When you become a leader, success is all about growing others. —Jack Welch (Sebelum menjadi seorang pemimpin, kesuksesan adalah tentang mengembangkan diri sendiri. Ketika menjadi seorang pemimpin, kesuksesan adalah tentang mengembangkan orang lain.)
  • To command is to serve, nothing more and nothing less. —Andre Malraux (Memimpin adalah melayani, tak lebih dan tak kurang.)
  • A leader is best when people barely know he exists, when his work is done, his aim fulfilled, they will say: we did it ourselves. —Lao Tzu (Seorang pemimpin menjadi yang terbaik ketika orang-orang tak mengetahui keberadaannya, ketika pekerjaannya selesai, tujuannya tercapai, mereka akan mengatakan: kami menyelesaikannya sendiri.)
  • The pessimist complains about the wind. The optimist expects it to change. The leader adjusts the sails.
    -John Maxwell (Orang pesimis mengeluh tentang angin. Orang optimis berharap akan berubah. Pemimpin menyesuaikan layar.)

Menjadi seorang pemimpin artinya menjadi seseorang yang mampu mempengaruhi orang lain tanpa terlalu fokus mempengaruhi orang lain

Mempengaruhi/ Credit: pch.vector on Freepik via www.freepik.com

  • Become the kind of leader that people would follow voluntarily; even if you had no title or position. —Brian Tracy (Jadilah pemimpin yang akan diikuti orang secara suka rela; bahkan ketika kamu tak punya gelar atau jabatan.)
  • Effective leadership is not about making speeches or being liked; leadership is defined by results not attributes. —Peter Drucker (Kepemimpinan yang efektif bukan tentang membuat pidato atau disukai; kepemimpinan ditunjukkan dengan hasil bukan atribut.)
  • A great person attracts great people and knows how to hold them together. —Johann Wolfgang Von Goethe (Orang yang hebat menarik orang-orang yang juga hebat dan tahu bagaimana cara mempertahankan mereka.)
  • Leadership is influence. —John C. Maxwell (Kepemimpinan adalah mempengaruhi.)
  • You don’t lead by pointing and telling people some place to go. You lead by going to that place and making a case. —Ken Kesey (Kamu tidak memimpin dengan menunjuk dan menyuruh orang lain untuk pergi ke tempat tersebut. Kamu memimpin dengan pergi ke tempat itu dan membuat kasus.)
  • You don’t need a title to be a leader. –Multiple Attributions (Kamu tak memerlukan gelar untuk menjadi seorang pemimpin.
Advertisement

Menjadi pemimpin artinya juga tak pernah berhenti belajar dan mendengarkan walaupun posisinya seolah sudah di atas

Belajar terus/ Credit: pressfoto on Freepik via www.freepik.com

  • When people talk, listen completely. –Ernest Hemingway (Ketika orang-orang berbicara, maka dengarkanlah sepenuhnya.)
  • He who has never learned to obey cannot be a good commander. —Aristotle (Dia yang tak pernah belajar untuk patuh tak bisa jadi pemimpin yang baik.)
  • Leadership and learning are indispensable to each other. —John F. Kennedy (Kepemimpinan dan belajar tak bisa dipisahkan satu sama lain.)
  • Earn your leadership every day. –Michael Jordan (Dapatkan kepemimpinanmu setiap hari.)

Setelah membaca beberapa kutipan tersebut, semoga kamu bisa jadi pemimpin yang bijaksana ya. Jangan karena merasa di atas terus jadi suka semena-mena.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE