Trik Marketing di Bulan Ramadan ala 5 Brand Terkenal. Saking Uniknya, Ada yang Sampai Viral~

ramadan marketing brand

Momen Ramadan adalah momen penuh berkah, termasuk untuk para brand. Biasanya banyak yang melakukan promosi atau kegiatan marketing sesuai dengan tema Ramadan yang penuh dengan kehangatan ketika memasuki bulan ini. Salah satu yang sempat bikin dunia maya cukup heboh adalah adanya kemasan Indomie yang jika biasanya ada gambar mi disajikan lengkap, mereka membuat piring jadi kosong selama bulan Ramadan.

Advertisement

Tak hanya itu, ternyata ada juga berbagai cara brand lain dalam memaksimalkan strategi marketing mereka di momen bulan puasa, entah melalui kampanye media sosial maupun gimmick tagline yang melegenda. Kita simak yuk apa saja!

1. Indomie sukses bikin gempar dunia maya melalui kemasan edisi Ramadan yang dibuat. Kreatif!

Mi instan selalu memiliki daya tariknya sendiri hingga saat kita cuma lihat fotonya saja, entah ada bisikan dari mana kita akan mudah tergoda untuk ikut-ikutan membuatnya juga. Nah, maka dari itu Indomie membuat kemasan khusus edisi bulan Ramadan dengan piring kosong warna hitam. Gambar mi yang biasanya disajikan lengkap diganti dengan tulisan “Selamat menunaikan ibadah puasa.’ Walaupun tampak sederhana namun strategi ini cukup efektif hingga membuat edisi ini viral di dunia maya.

Advertisement

2. Tehbotol Sosro memiliki slogan yang selalu terngiang-ngiang sampai sering disebut orang saat puasa

Berbukalah dengan yang manis

Begitulah bunyi dari tagline Tehbotol Sosro yang sudah dijadikan pegangan bagi banyak orang selama ini saking kuatnya kalimat yang disusun. Singkat namun mampu menanamkan pikiran ke audience bahwa saat buka maka harus mencari sesuatu yang manis, di mana Tehbotol Sosro menyediakannya. Melalui sebuah cuitan resmi dari akun Tehbotol Sosro pada 2016 lalu, mereka mengaku menggunakan tagline tersebut 10 tahun sebelumnya lo.

3. Coca-cola barangkali jadi juara kampanye di bulan Ramadan tahun 1435 H melalui inovasi botolnya

Kampanye yang dilakukan oleh brand Coca-cola kala itu adalah menghidupkan silaturahmi di bulan Ramadan melalui botol yang didesain unik. Ada berbagai tulisan yang ditaruh di label seperti “Maaf ya” serta beberapa kata sapaan seperti Ayah, Ibu, Kakak, Adik, dan Sahabat. Tujuannya adalah untuk menarik mereka yang ingin mengungkapkan pesan silaturahmi dengan cara yang lebih unik.

4. Jika diperhatikan, brand Listerine lebih gencar mempromosikan varian siwak ketika bulan puasa

Siwak merupakan akar pohon yang digunakan untuk membersihkan mulut oleh Nabi. Akan tetapi, kini malah jarang diterapkan karena lebih praktis menggunakan sikat dan pasta gigi. Melihat peluang ini, Listerine menciptakan varian pencuci mulut dari bahan dasar siwak. Tak hanya itu, biasanya mereka akan lebih gencar mempromosikannya ketika sudah masuk bulan Ramadan karena lebih dibutuhkan oleh banyak orang.

5.  Untuk menyambut bulan Ramadan biasanya brand Burger King juga memiliki strategi sendiri

Salah satu brand yang cukup kreatif dalam membuat poster menyambut bulan Ramadan adalah Burger King. Mereka sempat membuat poster edisi ini dengan gambar potongan burger berbentuk bulan sabit atau seperti hilal. Tak hanya itu, mereka yang terkenal senang menjual produk dalam bentuk paketan juga biasanya akan membuat paket khusus untuk sahur maupun berbuka puasa.

Nah, itu dia beberapa strategi marketing yang digunakan oleh brand untuk memaksimalkan seasonal marketing mereka di bulan Ramadan. Tak perlu melakukan hal yang terlalu ekstra, asal bisa unik dan berbeda bahkan hal sederhana pun bisa kok bikin marketing-mu viral.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE