Maaf, Investasi Emas Nggak Bakal Jadi Menguntungkan Kalau Kamu Abai Sama 4 Hal ini!

rugi investasi emas

Sebagai anak muda yang peduli akan investasi masa depan, belajar banyak seputar apa saja yang bisa dimanfaatkan sebagai investasi jangka panjang adalah hal yang penting. Banyak banget bertebaran saran di luar sana, soal membeli ini atau itu untuk dapat menghasilkan cuan yang menggiurkan. Salah satunya adalah membeli dan menyimpan emas. Nah, pertanyaannya, apakah benar investasi emas dijamin menguntungkan? Nggak bakal rugi?

Advertisement

Menjawab pertanyaanmu, kali ini Hipwee Sukses mau kasih tahu 4 hal penting yang perlu kamu perhatikan saat kamu memulai investasi emas. Biar nggak menanam harapan kosong dan malah berakhir buntung~ Yuk, simak baik-baik!

1. Kalau buat gegayaan, emas perhiasan memang jagonya. Tapi soal investasinya, mending tanamkan ke emas batangan

Credit: Pixabay for Pexels via www.pexels.com

Dilansir dari Lifepal,  berinvestasi pada emas perhiasan sering kali nggak memberikan untung banyak karena bukan 100% emas. Seringkali saat dijual, malah jadi rugi karena banyak potongan. Jadi baiknya, kalau mau untung lebih baik beli emas batangan saja. Tapi ingat, beli emas batangan pun jangan di sembarang tempat ya. Pastikan kamu membeli di toko atau agen yang sudah terpercaya, bukan lewat toko bodong atau titip-titip sama orang.

2. Hati-hati, jangan mudah tergiur investasi emas bodong. Bukannya untung eh malah rugi 🙁

Credit: Pixabay for Pexels via www.pexels.com

Sebagai pemula, mudah untuk termakan bujuk rayu untuk menginvestasikan uang untuk dibelikan emas. Oknum yang menawarkan investasi emas bodong ini biasanya menjanjikan keuntungan tinggi kepada para investor dengan cara nanti katanya emas yang kamu ‘beli’ nanti akan dibeli pihak lain dengan harga lebih tinggi. Nyatanya, uang investor bisa dibawa lari dan kamu nggak dapat untung apa-apa. Makanya, lebih baik kamu membeli emas langsung pada pihak terpercaya misalnya pegadaian atau cabang antam yang asli.

Advertisement

3. Salah besar kalau berharap untung instan. Emas memang akan selalu naik, tapi nggak secepat itu

Credit: Toko Perhiasan Emas Dua Semar – dtcwonokromo via dtcwonokromo.com

Membeli emas sama dengan investasi jangka panjang. Keuntungannya nggak bisa langsung kamu dapat dalam hitungan hari atau bulan, tapi bisa bertahun-tahun. Oleh karena itu, pastikan kamu membeli emas memang untuk investasi jangka panjang, minimal 5-10 tahun ke depan.

4. Jangan membeli emas dengan sistem kredit karena biasanya hal itu malah bikin kamu rugi

Credit: Energepic.com for Pexels via www.pexels.com

Hati-hati, jika kamu memilih membayar emas dengan kredit, ada kemungkinan kamu gagal membayar di kemudian hari. Selain itu, pada beberapa layanan perbankan atau non-perbankan untuk kredit emas, mereka tetap menerapkan bunga. Harus jeli!

Emas bukanlah dana darurat jadi kamu benar-benar harus pikir panjang saat ingin membelinya sebagai investasi. Pastikan kamu membelinya untuk dana simpanan di masa depan, karena harga emas sangat mungkin anjlok sewaktu-waktu, jadi kamu harus memperhitungkan dengan baik, kapan harus membeli dan kapan harus menjual. Plus, pastikan kamu menyimpan emas batangan di tempat yang aman misalnya brankas atau safe deposit box agar nggak tercecer apalagi dicuri orang.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

An independent woman, loving mom and devoted wife.

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE