Mengenal Ryan Shakes, Remaja yang Sukses Raup Miliaran Rupiah Berkat TikTok

ryan shakes tiktoker

Dulu dibilang alay, kini banyak sekali penggunanya, mulai dari kalangan artis hingga orang biasa. TikTok! Media sosial ini kini bukan cuma sekadar jadi media sosial biasa tapi sebuah komunitas potensial yang digunakan sebagai ladang bisnis. Makanya tak heran jika ada orang yang namanya besar dan berhasil memeperoleh banyak uang dari sini. Bukan hanya dari paid promote, tapi ternyata platform yang satu ini bisa berpotensi lebih banyak lagi seperti bisa digunakan sebagai ajang untuk branding hingga marketing produk.

Advertisement

Salah satu pengguna yang mampu melihat peluang ini adalah Ryan Shakes yang berhasil menghasilkan miliaran rupiah dari 5 juta pengikutnya di TikTok. Kita simak yuk kisah sukses selengkapnya dikutip dari beberapa sumber berikut ini!

Jiwa pengusaha Ryan ternyata sudah mulai ada saat dia masih duduk di bangku sekolah menengah, ia sudah mulai berjualan

Jualan sejak SMP/ Credit: Ryan Shakes via www.instagram.com

Ia memulai bisnis ini ketika masih berada di kelas 8 sekolah menengah. Produk yang ia jual disesuaikan dengan pasarnya, saat itu ia berjualan permen karet manis. Ternyata bisnis ini tak berjalan mulus karena ia sempat tertangkap beberapa kali, uniknya Shakes konsisten menjalankan bisnis ini agar tetap bisa bertahan bertahun-tahun. Di akhir kelas 8, ia sudah mampu mengumpulkan uang sebanyak $500 atau sekitar Rp7juta dari berjualan tersebut.

Uang yang dihasilkannya tak lantas dihabiskan begitu saja, namun justru digunakan untuk investasi ke ajang latihan bisnis berikutnya

Lulus/ Credit: Ryan Shakes via www.instagram.com

Sebagai seorang remaja ternyata Ryan memiliki pemikiran yang jauh dari usianya. Ia bahkan sudah terpikirkan untuk melakukan investasi dengan uang yang diperolehnya. Akan tetapi, investasinya berupa peralatan untuk rekaman video serta lighting karena ia akan memulai sebuah kanal Youtube yang berisi review teknologi. Meskipun tak mendapatkan begitu banyak perhatian, namun melalui kanal tersebut ia belajar bagaimana untuk bisa berbicara di depan kamera yang nantinya akan berguna di TikTok.

Ia memulai karier TikToknya sejak tahun 2016 yang saat itu sebenarnya hanya digunakan untuk bersenang-senang saja

Malah rame/ Credit: Ryan Shakes via www.instagram.com

Saat itu TikTok masih bernama Musical.ly, ia mengunduh aplikasi ini hanya untuk bersenang-senang saja. Shakes secara konsisten merekam video berdurasi 15 detik setiap harinya sebelum ia berangkat ke sekolah. Di awal tahun 2019, pengikutnya di platform tersebut sudah sebanyak 500.000 orang, angka tersebut terus naik hingga mencapai 1 juta dalam kurun waktu kurang dari satu tahun. Ia kemudian menjadi seorang content creator yang cukup diperhitungkan bahkan mendapat kesempatan untuk menjadi panel acara media sosial terkenal yaitu Playlist Live.

Hingga saat ini, Shakes sudah memiliki pengikut sebanyak 5 juta orang di TikTok dan memulai bisnisnya sendiri

Padahal masih muda/ Credit: Ryan Shakeshttps://www.instagram.com/p/B5n3nmkHY1F/ via www.instagram.com

Ia mulai membuka toko online yaitu Shakeyfam.com dengan memanfaatkan pengikutnya yang sudah mencapai 5 juta orang tersebut. Dari sana, ia menjual berbagai merchandise seperti kaus dan hoodie dan mendapatkan nominal yang cukup fantastis. Di bulan pertama membuka toko, ia sudah bisa mendapatkan keuntungan sebesar $125.000 atau sekitar Rp1,8 milyar! Hal ini bisa digunakan sebagai sebuah bukti bagaimana berpengaruhnya ia saat ini, sekaligus TikTok yang bisa digunakan sebagai platform untuk ‘menjual diri’ serta produk apapun yang dimiliki.

Walaupun saat ini sudah menuai kesuksesannya di usianya yang masih muda, bukan berarti kesuksesan tersebut tak memerlukan waktu, karena ia pun memulai dari bawah saat masih remaja. Ia mengatakan bahwa segala sesuatu membutuhkan waktu sehingga jika menginginkan sesuatu ada baiknya untuk tetap sabar dan konsisten. Pun, kamu juga bisa melihat peluang saat di manapun. Bahkan platform bersenang-senang seperti TikTok bisa digunakan untuk menciptakan pasar di mana kamu bisa menawarkan produkmu.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE