7 Self Care di Kantor yang Bikin Produktif dan Nggak Ngeluhan. Kerja Nyaman, Hati pun Senang

Self care di kantor

Kantor jadi tempat kedua selain rumah yang seringnya digunakan untuk menghabiskan banyak waktu. Itulah kenapa, kamu perlu membuat dirimu nyaman ketika berada di kantor. Sayangnya, untuk mendapatkan perasaan tersebut bukanlah perkara mudah. Selalu saja ada tuntutan yang membuatmu jadi kesal dan merasa nggak nyaman. Padahal rasa nyaman sangat dibutuhkan agar kamu selalu produktif dan bahagia.

Untuk mendapatkan rasa nyaman, coba lakukan beberapa hal sepele yang bisa jadi self care-mu. Bukan apa-apa, toh ini juga demi kebahagianmu sendiri kok!

1. Sarapan sehat bisa meningkatkan mood yang membuatmu merasa lebih bahagia

sarapan sehat via www.careeraddict.com

Advertisement

Banyak orang yang beranggapan bahwa happy tummy itu bisa jadi happy people. Untuk itu, cobalah perhatikan asupan gizi sarapanmu agar nggak ngantuk dan lebih produktif ketika bekerja. Sayur, buah-buahan, dan karbohidrat kompleks bisa jadi pilihan.

2. Saat mulai merasa penat, putarlah musik favoritmu dan dengarkan melalui earphone

dengarkan musik via www.eliteworldhotels.com.tr

Nggak cuma ketika penat, musik juga bisa mengembalikan semangatmu ketika mengantuk lo! Mendengarkan musik favorit akan membuatmu merasa lebih rileks dan nyaman untuk melakukan aktivitas lagi.

3. Lakukan meditasi singkat ketika kamu sedang beristirahat bekerja

sempatkan meditasi via esqnews.id

Sediakan beberapa menit untuk melakukan meditasi singkat di atas kursi dengan cara menarik napas secara teratur sambil memejamkan mata. Agar lebih fokus, kamu bisa mencoba mendengarkan musik dengan suara alam.

4. Berani berkata ‘tidak’ juga jadi salah satu bentuk self care yang bisa kamu lakukan lo!

berani bilang nggak via biz.kompas.com

Advertisement

Bersikap profesional saat di kantor memang suatu keharusan. Namun, bukan berarti kamu harus selalu mengiyakan semua hal yang dilimpahkan kepadamu, apalagi kalau itu bukan bagianmu. Belajarlah untk berani berkata ‘tidak’ untuk menolak hal-hal yang sebenarnya di luar tanggung jawabmu.

5. Jangan lupa untuk bergaul dengan sesama teman kerja agar nggak merasa suntuk ketika di kantor

main dengan teman via www.foodnavigator-usa.com

Bergaul dengan teman kantor secara positif akan meningkatkan rasa nyaman dan bahagia. Namun, usahakan untuk nggak terlibat gosip atau isu politik yang nggak sehat, ya!

6. Selalu datang dan pulang tepat waktu juga perlu kamu perhatikan agar bisa lebih produktif

datang dan pulang tepat waktu via www.mnn.com

Alih-alih menghabiskan seluruh waktumu di kantor, kamu bisa melakukan kegiatan yang jadi hobimu. Makanya, usahakan untuk mengatur waktu kerja seefisien mungkin agar kamu bisa pulang tepat waktu dan nggak bawa pulang pekerjaan ke rumah.

7. Sesekali, luangkanlah waktumu untuk bekerja remote agar pikiran nggak suntuk

kerja remote via blog.indeed.com

Bila profesimu memungkinkan untuk bekerja di luar kantor, baiknya kamu manfaatkan kesempatan ini dengan teratur. Bekerja di luar kantor secara remote akan memberikan suasana baru yang membuatmu lebih bersemangat. Cobalah bekerja di kafe, taman, atau tempat-tempat lainnya dan rasakan manfaatnya bagi peningkatan produktivitas.

Bentuk self care di tempat kerja bisa meminimalisir kemungkinanmu terkena stres. Kamu bisa mencobanya agar senantiasa merasa bahagia ketika berada di kantor. Yuk, cintai diri sendiri!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement
loading...
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world