6 Kiat Memulai Usaha Snack Kiloan yang Bisa Untung Banyak. Patok Harganya Jangan Kemahalan

Snack kiloan

Kebiasaan mencamil masyarakat Indonesia ternyata mendatangkan peluang bisnis yang menjanjikan. Salah satu yang populer dan patut dicoba ialah bisnis snack kiloan. Walau kini sudah ada banyak penjual snack kiloan, namun tak masalah jika kamu turut terjun di dalamnya. Pasalnya, peminat snack kiloan ini makin bertambah setiap harian.

Advertisement

Beberapa waktu lalu sempat ditemukan kasus penjual snack kiloan kadaluarsa. Hal ini lantas memicu perdebatan: snack kiloan amankah dikonsumsi atau tidak. Menurut pakar, sebenarnya snack kiloan aman dikonsumsi, selama dikemas dengan baik dan produk yang dijual belum melewati masa kedaluwarsa serta masih dalam kondisi bagus. Jika kamu ingin membuka usaha snack kiloan, baiknya terapkan prinsip kejujuran saat memasarkan produknya nanti. Dengan begini tentu penjualanmu akan makin bagus dan siap menyaingi toko snack kiloan terdekat. Berikut kiat-kiat membangun usaha snack kiloan yang pasti menguntungkan.

1. Pertama, tentukan dulu jenis snack kiloan yang mau dijual. Baiknya sih pilih yang lagi ramai di pasaran

pilih jenis camilan | credit: camilannusantara via www.camilannusantara.com

Coba kunjungi toko snack kiloan terdekat lalu amati apa saja camilan yang biasa dibeli. Setelah kelihatan, baru tentukan jenis snack yang mau kamu jual. Dari sekian banyak camilan, biasanya basreng, stik keju, dan kerupuk kulit pedas lumayan banyak peminatnya. Kamu bisa memasukkan tiga jenis camilan tersebut dalam lis varian snack yang akan dijual nanti.

2. Supaya mudah diingat, snack kiloanmu mesti diberi nama alias merek dagang

beri merek dagang | credit: Lazada via www.lazada.co.id

Karena penjual snack kiloan cukup banyak, kamu mesti memberi nama pada daganganmu. Tujuannya agar pembeli mudah mengingat dan gampang menelusuri produkmu. Baiknya, buatlah merek dagang yang gampang diingat supaya namanya melekat pada benak pembeli. Terutama jika kamu mau memasarkannya secara daring. Atau, buatlah nama plesetan dari brand terkenal contohnya snack kiloan Indofood diubah jadi Indogood.

Advertisement

3. Carilah supplier snack kiloan yang harganya paling murah tapi bagus kualitasnya

supplier termurah dan terpercaya | credit: Okezone via lifestyle.okezone.com

Beberapa waktu lalu, santer berita snack kiloan diinjak-injak. Karena hal inilah lalu banyak orang mengklaim snack kiloan bahaya. Padahal sebenarnya nggak juga lo! Meski begitu, kamu kudu berhati-hati saat memilih supplier snack kiloan untuk jualan nanti. Baiknya jangan gegabah langsung beli banyak kalau kamu belum melihat produknya langsung. Alih-alih membeli secara daring, lebih baik keliling di kota asalmu untuk menemukan distributor snack kiloan terpercaya. Tak jarang di beberapa toko snack kiloan Jakarta atau kota lain juga menyediakan harga khusus kalau mau dijual lagi.

4. Untuk harganya, baiknya ikuti standar pasar saja. Usahakan jangan kemahalan supaya pembeli nggak enggan berdatangan

harganya jangan kemahalan | credit: Okezone via lifestyle.okezone.com

Kesalahan saat membuka usaha snack kiloan original biasanya mematok harga yang jauh dari standar. Padahal pembeli penginnya beli snack kiloan karena harganya yang lebih murah daripada camilan kebanyakan. Di tahap awal, kamu mesti berani bersaing soal harga dengan para penjual lainnya. Jika biasanya mereka menjual snack seharga 7 ribu, maka kamu bisa jual dengan harga 5 ribu saja. Tapi tentunya ini sudah dihitung dengan laba yang akan didapat.

Trik ini dapat digunakan untuk menarik minat para pembeli ketika toko baru saja buka. Lambat laun kamu boleh sedikit menaikkan harga atau mengikuti harga pasar yang sesuai standar. Biar pelanggan makin betah, coba beri kupon diskon setiap belaja camilannya.

Advertisement

5. Snack kiloan juga bisa dipasarkan secara daring, lewat marketplace atau media sosial

dijual online | credit: snackkiloanjogja via snackkiloanjogja.business.site

Selain membuka gerai usaha dan menitipkan snack kiloan di berbagai toko, kamu juga dapat memasarkannya secara daring. Bisa lewat grup Facebook, Instagram, ataupun marketplace. Untuk mendapatkan pembeli lebih banyak, maka kamu mesti mau merogoh kocek untuk mengiklankan produknya, bisa pakai ads media sosial atau pada martketplace-nya. Jangan khawatir, harga beriklan daring ini tidak begitu mahal kok. Bujetnya pun bisa diatur sesuai kebutuhan atau hasil penjualan.

6. Pikirkan juga bagaimana pengemasan produknya. Nggak perlu bagus, yang penting bisa membuat snack tahan lama alias nggak melempem

pikirkan kemasannya | credit: Lazada via www.lazada.co.id

Bagi pencinta snack kiloan murah, kemasan produk sebenarnya tak begitu penting. Selama kemasan bisa ditutup rapat dan mencantumkan nama maupun tanggal kedaluwarsa, sebenarnya sudah cukup. Daripada repot-repot mengemas snack jadi estetis, lebih baik pikirkan kemasan seperti apa yang dapat membuatnya tetap renyah meski disimpan lama. Nah, karena mau dipasarkan secara daring, kamu juga perlu memikirkan pengemasan saat pengirimannya nanti. Usahakan paket sampai ke pelanggan dalam kondisi utuh alias nggak ada yang remuk.

Ingat, tujuan pelanggan membeli snack kiloan yakni supaya dapat camilan dengan harga murah. Makanya sebisa mungkin usahakan snack kiloan yang dijual harganya bisa sedikit lebih murah atau setidaknya sama dengan pasaran. Kalau kesulitan mengatur labanya, kamu dapat menawarkan harga snack kiloan per balย  kalau pembeli memang mau pesan banyak. Terakhir, jangan lupa terus berinovasi dan tambah varian camilannya biar dagangnya makin laris. Semoga berhasil!

Gelombang resesi mulai menghampiri, bagaimana kalian mempersiapkan diri menghadapinya? Isi survei berikut ini.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE