Bagi sebagian orang, usia muda identik dengan senang-senang. Mulai dari pacaran, jalan-jalan, hingga sibuk pulang malam. Namun tak semua masa muda dilalui dengan kesenangan semacam itu. Seperti yang kamu tau, banyak juga anak muda yang sudah bisa menikmati sukses di masa mudanya.

Bahkan, kamu yang juga sudah memiliki sifat dasar ini bisa dipastikan dapat mengalami kesuksesan yang sama. Penasaran sifat-sifat apa saja yang harus kamu punya? Hipwee akan menjabarkannya untukmu.

1. Kamu bisa mengatur jadwal dengan ahli. Gak heran, aktivitas yang mengantri selalu bisa tertanggulangi.

Atur jadwal via www.geovision.de

Tanda-tanda kalau kamu bisa sukses sebelum kepala 3 bisa dilihat dari bagaimana kamu mengatur jadwalmu. Bagi kamu yang ingin sukses diusia muda, tentunya bermacam kegiatan itu perlu guna memperkaya pengalaman. Tapi waktu main, belajar dan kegiatan lain harus ada pada porsi dan prioritas yang berbeda. Disitulah letak kemampuan mengorganisir waktu menjadi sangat penting dan perlu dimiliki sebagai bekal meniti tangga kesuksesan.

2. Meski tenggelam dalam banyaknya kegiatan, namun waktu tidur dan olahraga tak pernah kamu abaikan.

istirahat yang cukup via www.pinterest.com

Advertisement

Dari sekian banyak kegiatan, kamu masih saja memiliki waktu untuk bisa istirahat yang cukup. Kamu akan selalu menyempatkan untuk beristirahat karena kamu punya keyakinan bahwa kesehatan adalah hal yang penting untuk selalu dijaga. Pun demikian untuk olahraga. Jika kamu sakit dan tak bisa menjaga kesehatanmu sendiri, maka kamu akan merasa rugi sendiri. Kamu menyadari bahwa hal ini justru akan menjadi penghambat dalam meraih kesuksesanmu nanti.

3. Agenda kecil yang berisi to do list selalu dibuat tiap hari, ini indikasi sederhana bahwa kamu selalu teratur dalam menjalani hari.

Buku agenda via climaxonline.co.uk

Detail menjadi hal penting yang kamu perhatikan sampai-sampai kamu harus bikin to do list agar tak mudah lupa. Setiap kegiatan yang akan dilakukan akan kamu tulis di buku catatan kecil milikmu. Meski kamu bukan orang yang teliti, justru catatan kecil ini bakal jadi penyelamatmu suatu hari nanti.

4. Tabungan pengalamanmu tak pernah menipis, karena mengeksplorasi hal baru tak pernah absen dilakoni.

Pengalaman via startups.co.uk

Hal baru adalah tantangan buatmu. Dan bagimu, tantangan adalah sesuatu yang harus kamu selesaikan. Keberanianmu untuk mengeksplore hal-hal baru akan membuatmu mendapat pengalaman baru yang akan membantumu melewati apa yang akan dihadapi nantinya. Banyaknya hal baru yang telah kamu eksplore adalah bukti bahwa kamu sudah siap meraih kesuksesan dimasa mudamu ini.

5. Bagimu, tujuan hidup bukan hanya mencari kemapanan, namun passion juga patut diperjuangkan.

passion via bacaanbisnis.com

Setelah kamu memutuskan apa yang menjadi passionmu, kamu akan terus memperjuangkannya. Kamu tak memusingkan apa komentar buruk orang lain terhadap passion. Bagimu, passion adalah hidupmu. Oleh karenanya kamu berusaha sekuat daya demi bisa menjadi ahli dibidangnya.

6. Kegagalan adalah teman terbaikmu. Darinya kamu memperoleh banyak pengalaman yang berguna untuk bekal kesuksesan di masa depan.

Kegagalan sudah seperti sahabatmu via zuzkalight.com

Kalau banyak orang takut akan kegagalan, bagimu kegagalan adalah teman. Kamu sudah pernah gagal berkali-kali dalam usahamu. Namun kamu tak pernah sekalipun menyerah. Kegagalan justru dijadikan cemeti supaya kamu bisa semakin deras melangkahkan kaki. Meski memang kadang butuh waktu untuk bangkit lagi, tapi terus berjuang itu merupakan suatu hal yang pasti.

7. Tiap kali tak memahami sesuatu, kamu tak pernah ragu untuk selalu bertanya. Kamu meyakini bahwa tanya adalah kunci untuk membuka gerbang ilmu.

mau bertanya via www.shutterstock.com

Pepatah “Malu bertanya sesat di jalan” selalu menjadi pegangan bagimu. Kenapa? Karena dengan bertanya, kamu bisa menambah tabungan pengetahuan. Kamu juga bisa langsung introspeksi diri setelah kamu mendapat informasi baru dari orang lain. Kamu tak pernah merasa terlalu bodoh atau justru tinggi hati. Tiap kali tidak mengetahui akan suatu hal kamu akan langsung bertanya demi memperkaya wawasan di kepala.

8. Semua manusia pasti pernah melakukan kesalahan. Calon orang sukses akan dengan segera memperbaikinya tanpa perlu diminta terlebih dahulu.

memperbaiki kesalahan via skillcrush.com

Introspeksi adalah hal yang selalu kamu lakukan setiap waktu. Kamu tak ragu minta saran dari orang lain demi mengembangkan potensimu. Tak peduli berapa besar atau kecil kesalahan, kamu akan selalu berusaha untuk memperbaikinya. Kamu percaya perbaikan-perbaikan kecil yang kamu lakukan sekarang akan berguna bagi hal besar di masa depan.

9. Tak ada godaan yang mampu mengalihkanmu dari tujuan awal. Pikiran yang selalu terfokus adalah kunci utamanya.

fokus via www.tumblr.com

Fokus adalah kunci utama bagi kamu yang ingin sukses di usia muda. Masa muda adalah masa dimana kamu terus diserbu oleh pengalaman dan kegiatan baru. Banyaknya kegiatan-kegiatan yang kamu ikuti bisa menjadi pengalih perhatian jika kamu tak bisa fokus. Untungnya, kamu sudah punya prioritas tersendiri dan kamu mampu konsisten untuk fokus pada tujuanmu.

10. Ide kreatif dan jalan alternatif selalu ada. Ini bukti kecil bahwa kamu selalu menempa diri demi mempertebal wawasan di kepala.

ide kreatif via www.plymouthart.ac.uk

Istilahnya sih “Banyak jalan menuju Roma”. Kamu punya banyak sekali alternatif cara yang bisa dipakai untuk mencapai tujuanmu. Kamu selalu menuliskan yang kamu dapat sehingga bila ada masalah yang menghadang, kamu selalu siap dengan berbagai ide unikmu guna menghadapinya.

11. Banyak atau sedikitnya, kehadiran kawan akan selalu dihargai. Kamu percaya, bahwa mereka akan berperan dalam kemajuan karirmu nanti.

Ketika orang lain memilih teman hanya untuk sekadar mengajak mereka jalan-jalan atau bermain saja, bagimu teman lebih dari itu. Temanmu adalah salah satu jalanmu menuju kesuksesan. Mereka adalah koneksi tiada batas yang bisa kamu kembangkan demi mendapat apa yang kamu cita-citakan.

Jadi, apakah kamu sudah punya sifat-sifat di atas?