Puncaki Kesuksesan Tanpa Privilese, Jalan Sunyi Berduri yang Membuatmu Lebih Tangguh Berkali-kali

sukses tanpa privilese

Seiring bertambahnya usia mungkin kamu akan semakin menyadari bahwa ternyata ada beberapa orang yang jalannya menuju sukses seakan sudah diaspal mulus sehingga bisa maju tanpa rintangan yang berarti. Ketika kamu kembali menilik apa saja yang sudah dilalui, kamu akan tersadar bahwa banyak sekali kerikil atau bahkan jalan bebatuan yang sudah kamu lewati dan masih terbentang panjang di depanmu. Kali itu, kamu menyadari bahwa ada beberapa keuntungan yang hanya dimiliki orang-orang tertentu yang mungkin sekarang lebih akrab kamu kenal sebagai privilese.

Advertisement

Berjuang sendirian tanpa ada privilese berarti mungkin bakal melalui jalan yang sedikit lebih ‘berkelok’ untuk menuju kesuksesan, tapi bukan berarti jalanmu tersebut buntu dan harus menyerah begitu saja. Walau sedikit tak menyenangkan, kamu pasti bisa kok melaluinya!

Privilese sendiri berarti sebuah keuntungan yang diperoleh, tak bisa dimungkiri hal ini akan banyak membantu jalanmu

Privileged/ Credit: Putri Tanjung via www.instagram.com

Privilese menurut KBBI berarti “hak istimewa”, hak ini bisa memiliki berbagai makna dalam konteks menuju kesuksesan, misalnya dukungan dari orang tua berupa akses pendidikan, makanan bergizi, akses informasi, hidup yang layak, bahkan dukungan moral yang diberikan. Banyak orang yang menyangkal bahwa dirinya sukses karena memiliki sebuah privilese, padahal tak apa-apa juga untuk mengakuinya. Tak bisa dimungkiri beberapa hak istimewa yang didapatkan tersebut telah secara tak sadar memberikan keuntungan dalam meraih cita-cita.

Contoh kasusnya misal ada dua orang yang sama-sama memiliki peluang yang sama untuk masuk kuliah dengan tingkat kecerdasan yang dimiliki, namun bisa jadi anak yang satu harus berpikir dua kali karena ada pilihan bekerja untuk mengurus adik-adiknya, sedangkan yang satu bisa melenggang begitu saja karena tak terbebani secara finansial.

Advertisement

Walaupun sulit namun memperoleh kesuksesan adalah hak semua orang, lagipula definisi sukses juga berbeda-beda tergantung bagaimana cara memaknainya

Semua berhak sukses/ Credit: Liputan6 via www.liputan6.com

Kesempatan yang dimiliki olehmu yang kurang privilese mungkin lebih sempit, tapi bukan berarti tak ada sama sekali. Lagipula, privilese juga tak melulu berbentuk uang lo, ada yang berupa orang tua yang mendukung berbagai pilihanmu atau teman yang juga sering menujukkan berbagai peluang. Pun kesuksesan banyak bentuknya bagi satu orang dan yang lainnya, ada yang menumpuk tabungan hingga ratusan juta, ada juga yang bisa terbebas dari tanggung jawab menyekolahkan adik-adiknya. Ada yang suksesnya ketika sudah bisa bepergian ke luar negeri, ada juga yang merasa sukses ketika sudah berhasil berbagi.

Jangan dikira orang yang punya privilese tak pernah insecure sepertimu, mereka bisa jadi juga beberapa kali merasa kurang percaya diri dan terbebani

Semua berhak sukses/ Credit: Maudy Ayunda via www.instagram.com

Selama ini memiliki privilese dianggap sebagai satu-satunya jalan yang menjamin masa depan seseorang, sehingga ketika mereka yang memilikinya mendapatkan kesuksesan komentarnya tak jauh-jauh dari “Iyalah, kan bapaknya pengusahan kaya raya,” atau “Wajar, orang dia anak konglomerat!” Hal tersebut ternyata bagi sebagian orang bisa jadi beban juga untuk membuktikan bahwa mereka bisa melakukannya sendiri.

Walaupun banyak jalan berduri namun akan ada banyak sekali hal yang bisa dipelajari dari kerja kerasmu saat ini

Advertisement

Sesukses Jack Ma/ Credit: Kompas via tekno.kompas.com

Kita tak bisa memilih dilahirkan di keluarga yang mana, makanya mengeluhkan apa yang dari lahir tak kita punya rasanya hanya akan sia-sia belaka. Alih-alih melakukannya, kamu bisa menggunakan energimu untuk bekerja keras dan cerdas supaya kamu bisa menciptakan privilese bagi anak-anakmu kelak. Nantinya ketika sudah di puncak, rasa puasnya akan berkali-kali lipat karena hal tersebut harus didapatkan setelah kamu terengah-engah di jalan menanjak. Makanya, tak apa untuk keluar dari zona nyaman, menambah koneksi dengan memperluas pergaulan, dan terus mengasah soft skill untuk bertahan.

Jika saat ini kamu tengah berjuang di kehidupan yang rasanya tak memihak, tetaplah bertahan sejenak. Kesuksesan yang didapat dari kerja keras penuh perjuangan akan lebih terasa manis kok nantinya. Kalau kamu, apa definisi sukses versimu?

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE