Ternyata ini Sumber Pendapatan Wikipedia. Nggak Pasang Iklan lo Padahal!

sumber pendapatan wikipedia

Wikipedia, sebuah sumber tertulis untuk mengakses berbagai macam informasi secara cuma-cuma. Mulai dari cerita dinosaurus sampai bagaimana BTS mendunia, semuanya ada. Yang lebih menguntungkan lagi adalah bahwa situs ini bisa digunakan secara gratis oleh siapa saja dengan berbagai bahasa. Sayangnya mungkin memang nggak bisa dijadikan rujukan untuk penulisan akademis, tapi biasanya Wikipedia akan menaruh catatan kaki serta sumber-sumber aslinya di bagian bawah lo.

Advertisement

Dengan berbagai informasi yang ada di dalamnya, tentu perlu sebuah sistem untuk mengelola, artinya butuh dana juga untuk hal tersebut. Akan tetapi, kalau kamu membuka laman yang satu ini mungkin kamu nggak akan menemukan adanya satu pun iklan. Makanya jadi sering timbul pertanyaan, darimana mereka mendapatkan pendapatannya. Nah, untuk menjawab rasa penasaranmu, kali ini Hipwee Sukses akan mengupasnya. Simak!

Ternyata Wikipedia memperoleh pendapatan mereka melalui donasi, konten yang dibuat pun merupakan buatan kontributor

Jika biasanya sebuah situs akan memasang iklan untuk memeroleh pendapatannya, hal ini berbeda dengan Wikipedia. Situs ini merupakan salah satu bagian dari Wikimedia Foundation yang merupakan sebuah organisasi non profit sehingga situs Wikipedia didanai melalui donasi dari para pembaca. Tak hanya itu, mereka juga memiliki sebuah komunitas yang berisi kontributor yang akan menulis dan menyunting secara sukarela. Kontribusi tersebut digunakan untuk menutup biaya server dan staf serta pembiayaan lain. Dilansir dari laman Wikimedia Foundation, mereka juga menggunakan 12% dari donasi untuk kegiatan amal. Rata-rata donasi yang diberikan adalah $15 dan sudah mampu menutup berbagai biaya karena cukup banyak yang melakukannya.

Ternyata pengelola Wikimedia sempat ingin memasang iklan supaya bisa bertahan namun ditolak oleh angggota komunitasnya

Wikimedia Foundation/ Credit: Wikipedia via id.wikipedia.org

Dilansir dari CNN, Wikipedia awalnya merupakan bagian dari Nupedia yang menyediakan artikel yang ditulis oleh ahli serta diperiksa sampai tujuh kali sebelum terbit hingga hanya mampu memproduksi 2 artikel dalam 6 bulan. Rencananya mereka akan mencari iklan melalui perusahaan Bomis. Situs Wikipedia dibuat untuk menambah jumlah artikel yang diproduksi yang bisa ditulis serta disunting siapa saja. Dari sana situs ini ternyata bisa sukses mendapat banyak artikel. Namun, mereka mengalami krisis yang membuat Wales, pemegang situs ini hampir memutuskan untuk menerima iklan. Ternyata komunitas online tidak setuju dengan sikap ini sehingga Wales memutuskan untuk tak akan menerima iklan dan hanya menerima donasi sampai sekarang.

Advertisement

Tak hanya diakses orang biasa, ternyata Wikipedia juga digunakan oleh perusahaan besar untuk produk mereka

Walaupun dari Wikimedia Foundation sendiri memberikan akses secara gratis kepada para pengguna namun ternyata ada beberapa perusahaan besar yang menggunakannya untuk kepentingan komersial misalnya Google, Microsoft, Facebook, hingga Amazon. Mereka akan menggunakan konten dari Wikipedia untuk infobox yang muncul sebagai hasil dari mesin penncarian. Ada juga asisten virtual seperti Siri dan Alexa yang menggunakan infromasi dari sana untuk menyediakan jawaban. Bahkan laman ini juga digunakan sebagai alat untuk mengecek fakta bagi Facebook dan YouTube.

Akhirnya pada akhir bulan Maret lalu Wikimedia mengumumkan perilisan Wikimedia Enterprise yang menyediakan produk komersial untuk menjual konten Wikipedia kepada perusahaan Big Tech. Kesepakatan antara Big Tech dan Wikimedia serta pendirian anak perusahaan baru akan dicapai paling cepat bulan Juni mendatang.

Walaupun Wikipedia tak bisa sembarangan dikutip untuk tulisan akademik karena penulis dan penyuntingnya dilakukan oleh banyak pengguna namun laman ini cukup memberikan banyak wawasan serta informasi yang lengkap kepada para pembacanya. Hayo, siapa nih yang dulu getol banget pakai Wikipedia sebagai sumber tulisan makalah? Hehe~

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE