Masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) itu nggak gampang. Karena kursi PTN terbatas, hanya calon-calon terbaiklah yang bakal lolos untuk menempuh pendidikan di sana. Nah, SBMPTN (seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) jadi salah satu metode untuk menyaring calon-calon terbaik tersebut. Jika tahun lalu SBMPTN menawarkan dua pilihan tes seperti UTBC (Ujian Tulis Berbasis Cetak) dan UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer), tahun ini peserta hanya bisa mengikuti UTBK saja lo! Mengenai informasi pendaftaran dan sebagainya, kamu bisa cek langsung di sini.

Biar nggak bingung dan kaget, Hipwee Sukses telah merangkum beberapa fakta terbaru terkait sistem yang diberlakukan untuk UTBK SBMPTN 2019. Jangan sampai terlewat!

1. SBMPTN 2019 hanya menggunakan metode UTBK dengan dua materi tes, yakni Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kompetensi Akademik (TKA)

dua macam tes via www.defantri.com

Advertisement

Jika tahun sebelumnya SBMPTN masih menggunakan UTBC dan UTBK sebagai pilihan tes, tahun ini UTBC sudah nggak berlaku. Jadi hanya akan dilaksanakan melalui satu metode, yaitu UTBK.

Materi tesnya terdiri dari Tes Potensi Skolastik (TPS) yang mengukur kemampuan penalaran dan pengetahuan umum, dan Tes Kompetensi Akademik (TKA) yang dibagi menjadi TKA Saintek dan TKA Soshum. TKA Saintek soal tesnya meliputi matematika saintek, fisika, biologi, dan kimia. Sedangkan TKA Soshum meliputi matematika soshum, geografi, sejarah, sosiologi dan ekonomi. Selain itu, soal TKA ini mengandung HOTS (High Order Thinking Skills) yang mana nggak sekadar menghafal pelajaran, tetapi juga mampu berpikir kritis dan analitis dalam menjawab soal.

2. Sedangkan Uji Keterampilan bagi peserta yang ingin mendaftar jurusan seni dan olahraga diganti dengan Seleksi Portofolio

dokumen portofolio via docplayer.info

Dalam Seleksi Portofolio, kamu akan diminta untuk melampirkan atau mengunggah dokumen portofolio prestasi-prestasi yang dimiliki, tentunya yang berhubungan dengan jurusan yang diminati. Jadi, buatmu yang ingin mendaftar jurusan seni dan olahraga, pastikan kamu sudah menyusun dokumen portofolio tersebut sedini mungkin, ya! Giatlah dalam mengikuti kegiatan-kegiatan dan aktivitas yang sesuai dengan jurusan yang kamu minati.

3. Tes UTBK pada SBMPTN 2019 dilaksanakan sebanyak 24 kali dalam setahun

dijadwalkan 24 kali tes via www.medcom.id

Advertisement

Berbeda dengan tes-tes sebelumnya, UTBK SBMPTN 2019 kali ini digelar selama 12 hari setiap hari Sabtu dan Minggu masing-masing dua sesi ujian, yakni pukul 08.00 – 11.45 dan pukul 13.00 – 16.45. UTBK sesi pertama akan dilaksanakan mulai tanggal 13 April mendatang. Nah, para peserta diperbolehkan untuk memilih jadwal dan sesi tes yang diinginkan. Pilih yang paling nyaman untukmu, ya!

4. Peserta boleh mengikuti tes maksimal 2 kali dan menggunakan nilai tertinggi untuk mendaftar PTN

boleh ikut 2 kali via www.retorikakampus.com

Pada SBMPTN 2019, calon mahasiswa baru diberikan kesempatan untuk mengikuti tes sebanyak maksimal 2 kali. Jadi tiap kali selesai mengerjakan tes, peserta akan mendapatkan hasil yang dikirim melalui email sekitar 10 hari setelah tes.

Nah, tes kedua ini bisa dimanfaatkan untuk menaikkan nilai jika dirasa kurang puas. Meski soal yang keluar di tes pertama dan kedua nggak akan sama, kamu bisa memperkirakan apa yang perlu ditingkatkan atau materi apa lagi yang perlu didalami lagi agar hasil UTBK yang kedua bisa lebih baik. Beri jeda waktu yang cukup ya ketika mengikuti tes pertama dan kedua!

5. Keputusan diterima atau nggaknya peserta tes ditentukan oleh PTN langsung dari nilai yang dihasilkan, bukan dari panitia penyelenggara UTBK

PTN yang menentukan via aceh.tribunnews.com

Jika tahun lalu penerimaan peserta berupa notifikasi dari panitia SBMPTN yang berisi keterangan diterima atau nggaknya di sebuah PTN, maka tahun ini bentuk penerimaan berdasarkan nilai UTBK. Jadi, bukan pilih PTN lalu ikut tes, tapi tes dulu untuk dapat nilai, baru nilainya itu digunakan untuk mendaftar. Makanya, lolos atau nggaknya peserta masuk ke PTN tujuan tergantung pada nilai rata-rata para pesaingnya.

Untuk mengakalinya, mending kamu lakukan survei kecil-kecilan untuk mengetahui gambaran kasar apakah nilai UTBK-mu berada di range atas, range menengah, atau range bawah.

Kira-kira seperti itu ya gambaran UTBK SBMPTN 2019 dengan sistemnya yang berbeda dengan tahun sebelumnya. Yuk, persiapkan sedari dini agar kamu bisa mengikutinya dengan strategi yang terarah sehingga peluangmu masuk PTN impian lebih besar. Semoga berhasil, ya!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya