Lama sebentarnya hubungan asmara memang tak menjamin sepasang kekasih pasti akan melangkahkan kaki ke jenjang pelaminan. Mereka yang kini sudah lama menjalin hubungan dan memiliki keinginan untuk segera menikah pun seringnya masih terbentur dengan masalah perekonomian.

Namun, sebenarnya kini ada banyak macam bisnis yang bisa dirintis bersama dengan pasangan. Tak sekadar menambah pundi-pundi tabungan, kamu dan kekasih pun akan kian kompak menjalani hidup di masa depan. Nah, ingin tahu apa saja bisnis yang bisa kalian lakoni bersama? Yuk, simak penjabaran Hipwee selengkapnya!

Merintis bisnis kuliner bisa jadi pilihan. Tak sekadar bekerja sama mengais keuntungan, kamu dan dia juga dapat melatih kekompakan.

bisnis kuliner via khuntorialurve.tumblr.com

Advertisement

Banyaknya bisnis yang ada memang harus membuatmu jeli melihat peluang. Bisa dikatakan, bisnis kuliner memang tak pernah sepi pembeli. Kamu bisa kok merintis bisnis ini bersama pasangan karena sekarang banyak bisnis kuliner dengan bujet seadanya. Sebagai modal awal, kalian bisa menyisihkan 10% gaji yang kalian dapatkan dan kumpulkan selama satu tahun. Setelah itu tentukan target pasar kalian. Bila menyasar anak muda, kamu bisa berbisnis ragam camilan maupun kudapan yang terlihat unik.

Kalian pun tak diwajibkan untuk memiliki toko untuk menarik pembeli. Manfaatkan saja instagram dan ragam media sosial lainnya untuk berdagang. Atau kalau kalian memiliki mobil, manfaatkan saja sebagai food truck yang tentu akan terlihat lebih unik daripada kios biasa. Kamu pun bisa mempromosikan daganganmu dari mulut ke mulut kepada kawan atau keluarga. Di sini, kamu dan pasangan dapat melatih kekompakan. Kamu dan dia pun bisa berbagi tugas bersama.

Modal tiap bulan : 10 % x Rp 4.000.000 (akumulasi gajimu dan pasangan) = Rp 400.000

Selama 12 bulan, modal terkumpul : 12 x Rp 400.000 = Rp 4.800.000

Berbisnis clothing line juga bisa kamu tekuni bersama. Selagi masih muda, kreatifitas yang kalian miliki pasti masih segar-segarnya.

bisnis clothing line via www.festivales.info

Advertisement

Menggeluti bisnis clothing line memang tak mudah, namun kamu bisa mengaplikasikannya dengan strategi jitu yang pernah Hipwee jabarkan dulu. Kamu dan pasangan bisa menggodok konsep dan ide bersama setiap kali kencan. Hal ini tentu membuat pertemuan-pertemuan kalian lebih berkesan dan berfaedah, bukan?

Misalnya saja kalian akan membuat desain kaus couple yang elegan dan kasual. Selain itu, bisa pula kalian memfokuskan dengan memproduksi kaus untuk para pencinta klub bola tertentu atau penggemar grup musik yang memiliki basis fans berjumlah banyak. Dengan begini, dapat dipastikan permintaan akan selalu ada dan bisnis kalian bisa tetap berjalan ke depannya.

Kamu dan pasangan dapat menekuni bisnis kafe untuk anak muda. Agar bisnis kalian tetap ramai, ajak kawan-kawan terdekat untuk jadi pelanggan setia.

bisnis kafe via cendhika.com

Dulu Hipwee pernah menuliskan mengenai trik memiliki kafe dengan bujet pas-pasan. Kamu pun sebenarnya sangat bisa mempraktekkannya bersama dengan pasangan. Memang untuk merintis bisnis ini butuh ketekunan, kamu dan kekasih juga belajar untuk selalu bertahan di setiap keadaan. Namun justru dengan begini beban yang ada justru akan terasa ringan karena dibagi berdua. Tak perlu menyewa tempat dan menggaji karyawan, kalian bisa memanfaatkan teras rumah dan mengurusi segalanya bersama.

Jangan pula langsung gegabah membeli segala peralatan dapur, kamu bisa memilah mana yang memang perlu dibeli dan mana yang bisa meminjam dari dapur rumah. Selain itu, buat juga konsep unik untuk kafemu. Misalnya saja kamu bisa mendirikan kafe kebun dengan suasana romantis berbekal teras rumah dan kebun belakang. Ajak juga beberapa kawan untuk mengisi acara dengan lagu akustik. Melalui jaringan pertemanan dan promosi dari mulut ke mulut bisa dipastikan kafemu akan selalu ramai pelanggan.

Berbisnis online shop bisa kalian lakoni di mana saja, bahkan kamu dan pasangan dapat merintisnya sembari bekerja.

bisnis online shop via imgbuddy.com

Bisnis online shop sebenarnya memiliki keuntungan yang menggiurkan jika kamu mau menekuninya. Memang menjamurnya ragam online shop membuatmu harus jeli melihat pasar. Kamu bisa menjajakan barang yang memang belum banyak yang menjual namun memiliki potensi bagus di pasaran. Misalnya saja barang-barang asli dari luar negeri, makanan import, dan pernak-pernik klub bola maupun band musik tertentu.

Bahkan bisnis ini bisa kalian tekuni sembari bekerja di kantoran. Kamu bisa berburu barang dagangan pada akhir pekan. Sementara pada hari kerja kamu bisa meminta bantuan saudara atau anggota keluarga lain untuk bertugas sebagai admin. Selepas kamu pulang bekerja kamu bisa berbagi tugas dengan pasangan untuk mengelola pengiriman pesanan hingga mengambil alih tugas admin. Modal untuk usaha pun bisa dikumpulkan dari tabungan kalian berdua.

Pengguna internet di Indonesia memang tergolong tinggi. Maka tak ada salahnya jika kamu dan pasanganmu menjajal bisnis startup sendiri.

bisnis website via picslist.com

Indonesia termasuk negara dengan pengguna internet terbesar nomor enam di dunia. Memang netizen di Indonesia tidak bisa dipandang sebelah mata. Kamu pun bisa melihat peluang usaha di dalamnya. Kamu dan pasangan bisa menekuni bisnis startup, misalnya dengan merintis website yang menyasar pasar tertentu. Website kuliner, portal berita, atau yang menyediakan forum jual beli bisa kamu coba.

Kamu bisa berbagi tugas dengan kekasih. Misalnya saja, kamu sebagai marketing dan pasangan yang mempelajari coding lengkap dengan cara mengelola website. Bahkan, salah satu dari kalian ada yang bisa tetap bekerja sehingga tetap ada pemasukan dana untuk digunakan sebagai modal pengelolaan website ke depannya. Jika kalian tekun merintisnya, bisnis ini bisa dijadikan pegangan hingga kelak melangkah ke pelaminan bersama.

Jadi, sudahkah kalian menentukan pilihan bisnis yang akan digeluti bersama? Semakin cepat bisnis kalian menghasilkan keuntungan, semakin banyak pula modal yang terkumpul untuk melangkah ke pelaminan lho!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya