4 Tips Atur THR Jadi Modal Usaha, Biar Lekas Kesampaian Mimpi Punya Bisnis Sendiri

thr untuk modal bisnis

THR sudah di tangan tapi bingung mau dipakai untuk apa karena nggak mudik? Tahan, tahan, jangan sampai gegabah dipakai buat ‘jajan’ barang-barang konsumtif eh tahu-tahu habis begitu saja. Tentu boleh memakainya untuk memenuhi kebutuhan yang sudah lama kamu idam-idamkan, tapi kamu juga bisa lo menggunakannya untuk meraih impian yang selama ini kamu inginkan; mendirikan usaha.

Kalau selama ini kamu selalu memiliki alasan “ah, nggak punya modal” ketika akan memulai sebuah bisnis maka ini adalah saat yang tepat untuk menggunakan tunjangan yang baru kamu terima sebagai modalnya. Bagaimana caranya? Simak yuk penjelasan berikut ini!

1. Sebelum menggunakannya untuk modal usaha, jangan lupa untuk memenuhi kebutuhanmu dulu ya

Memenuhi kebutuhan/ Credit: Karolina Grabowska on Pexels via www.pexels.com

Jangan sampai saat sudah memulai usaha dengan semua THR yang dimiliki tapi ternyata kebutuhanmu malah tak terpenuhi dan akhirnya terpaksa utang sana sini untuk menutupnya. Buatlah catatan berisi skala prioritas sehingga bisa menentukan mana yang lebih mendesak untuk dipenuhi dan mana yang bisa dipotong dari anggaran.

Membayar utang jika punya atau memenuhi kebutuhan untuk lebaran yang biasanya makin naik harganya bisa diprioritaskan. Sedangkan untuk modal usaha, kamu bisa menyisihkan beberapa bagiannya misalnya 30% atau lebih jika tak ada tanggungan lagi. Jika total THR Rp5 juta maka kamu sudah bisa memperoleh modal Rp1,5 juta.

2. Tentukan jenis usaha yang akan kamu buat dan mulai hitung kira-kira berapa banyak modal yang diperlukan

Bikin rancangan/ Credit: Karolina Grabowska on Pexels via www.pexels.com

Kamu mungkin sudah mempunyai mimpi untuk memiliki usaha tertentu dalam skala besar namun jangan lupa untuk tetap menyesuaikannya dengan modal yang kamu miliki. Nggak masalah kok memulainya dengan kecil-kecilan dulu untuk dikembangkan seiring berjalannya waktu. Toh, uangnya bisa diputarkan lagi jadi makin banyak. Meskipun begitu, tetap buat perencanaan yang jelas supaya kalau butuh modal tambahan maka kamu bisa mencari cara untuk mendapatkan sisa kekurangannya.

3. Jika memang modalnya ternyata masih kecil maka jangan sungkan untuk menggunakan aset yang kamu miliki seperti perlengkapan

Perlengkapan/ Credit: Dmitry Zvolsky on Pexels via www.pexels.com

Salah satu yang memakan cukup banyak modal ketika mendirikan usaha biasanya adalah sewa tempat dan membeli perlengkapan yang dibutuhkan. Nah, kalau memang belum bisa membeli yang baru maka jangan sungkan untuk menggunakan barang-barang yang sudah ada dulu sementara waktu. Misalnya jika ingin membuka usaha katering, maka kamu bisa menggunakan perlengkapan dapur yang biasa digunakan. Untuk tempatnya, kamu bisa memanfaatkan teras rumah atau bahkan garasi jika memungkinkan. Ada juga pilihan untuk melakukan penjualan secara online untuk produk tertentu yang tak perlu makan banyak tempat kecuali untuk penyimpanan persediaan.

4. Kalau merasa modal masih belum cukup atau kamu masih perlu waktu melakukan riset dan persiapan, maka uang THR bisa diinvestasikan dulu

Diinvestasikan dulu/ Credit: maitree rimthong on Pexels via www.pexels.com

Ketika modal masih kurang maka biasanya akan ada bisikan yang muncul “Ah, tanggung. Nanti aja sekalian.” Akhirnya membuka usaha tak jadi terlaksana karena uang keburu habis dipakai yang lain. Untuk menghindari hal ini, jika sudah menyisihkan sebagian untuk modal maka sebaiknya simpan di deposito atau gunakan untuk investasi selama jangka tertentu sampai sudah siap memulai. Tak hanya aman dari godaan, kamu juga bisa mendapatkan keuntungan tambahan dari bunga yang diberikan.

Walaupun mungkin nilai THR yang kamu dapatkan tak begitu besar tapi paling tidak kamu sudah bisa menyicil mendapatkan modal untuk membuka usaha. Hati-hati, jangan mudah terlena dengan barang-barang yang hanya berguna untuk sesaat saja padahal sebenarnya nggak butuh-butuh banget. Yuk bisa yuk~

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.