5 Rumus Rahasia Jualan Hijab Online. Kunci Biar Lebih Menonjol dari Para Pesaing!

tips jualan hijab

Bulan Ramadan ini mungkin kamu kepikiran untuk memulai bisnis pakaian muslimah, salah satunya hijab. Akan tetapi, kalau dilihat sekarang sudah ada banyak yang juga menjual hijab karena pasarnya yang besar di sini. Bahannya beragam, motifnya pun demikian. Meskipun begitu, kalau diperhatikan lagi sebenarnya kebanyakan toko akan menjual hijab yang sudah terlalu banyak di pasaran lo. Makanya tetap akan ada peluang yang bisa diambil dalam lini yang satu ini.

Advertisement

Sebelum mencoba, jangan mundur dulu dan menyia-nyiakan kesempatan yang ada di depan mata ini. Ada beberapa trik kok yang bisa kamu terapkan jika ingin bertahan dan berhasil dalam lini bisnis hijab yang menjanjikan ini. Simak yuk bagaimana caranya!

1. Supaya nggak pasaran, kamu bisa memulai untuk produksi hijab sendiri. Motif dan bahannya kamu sendiri yang tentukan

Produksi sendiri/ Credit: senivpetro on Freepik via www.freepik.com

Sebenarnya cara paling mudah untuk memulai bisnis hijab adalah dengan menjadi seorang reseller atau dropshipper. Akan tetapi, masalah baru muncul yaitu motif dan bahan yang digunakan rasanya sudah pasaran sehingga lebih sulit untuk mencari titik unik dari produkmu, belum lagi harga yang ditawarkan toko lain biasanya juga sudah banyak yang dibuat murah. Makanya, kamu bisa mulai memproduksi sendiri di mana bisa menentukan bahan dan motif yang digunakan.

2. Orang-orang cenderung suka dengan eksklusivitas sehingga kamu bisa membuat produk edisi tertentu atau membuat seri limited edition

Hal-hal yang berbau kelangkaan akan menggoda orang untuk menjadi yang pertama memilikinya. Makanya, setiap kali produksi mungkin kamu bisa membuatnya dalam edisi terbatas. Untuk mengkategorikannya kamu bisa membuat berbagai edisi seperti musim tertentu atau dengan nama-nama lain yang lebih kreatif. Meskipun begitu, janggan lupa untuk tetap menyediakan produk-produk basic lainnya untuk diversifikasi ya.

Advertisement

3. Ketika menentukan harga ternyata murah saja belum tentu jadi jaminan orang-orang akan membeli produkmu lo

Semakin ke sini konsumen semakin pintar dalam menentukan barang yang akan mereka beli. Mereka tak semata-mata melihat barang yang asal murah saja lo tapi juga mulai memperhatikan kualitas yang diberikan, bukan cuma barangnya tapi juga pelayanan. Makanya tak perlu takut akan adanya persaingan sengit harga di pasar. Asal bisa memberikan value yang sesuai dengan harga yang ditawarkan maka biasanya konsumen tetap akan tertarik.

4. Konten media sosial serta foto-foto yang menarik akan menjadi nilai plus terhadap tokomu

Konten media sosial/ Credit: ijeab on Freepik via www.freepik.com

Walaupun mungkin pada akhirnya produkmu akan dijual di marketplace, namun keberadaan media sosial tak bisa kamu sepelekan. Alih-alih hanya foto hijab yang standar dan mirip dengan toko yang lain, akan lebih baik kalau bisa menghadirkan foto yang lebih bagus. Di sana kamu bisa membuat konten menarik yang tak melulu jualan namun konten lain seperti cara merawat hijab, cara padu padan hijab dengan pakaian, dan hal-hal yang berhubungan lainnya. Tujuannya adalah untuk mendapatkan banyak engagement dan menaikkan customer loyalty.

5. Mumpung sebentar lagi lebaran maka kamu bisa menyediakan paket hampers berisi beberapa hijab yang dikemas cantik

Mungkin sudah banyak orang yang bosan menerima hampers berupa kue kering makanya hampers berisi hijab akan menjadi salah satu alternatif yang dicari untuk dikirim ketika lebaran. Bahkan sebenarnya tak perlu menunggu lebaran lo, hijab akan menjadi kado cantik ketika ulang tahun maupun momen berharga lainnya. Kemasan yang unik dan kartu ucapan yang cantik akan menjadi nilai plus bagi produkmu.

Meskipun sudah ada banyak saingan di luar sana namun kamu tetap bisa kok jadi menonjol asal melakukan usaha yang sudah disebutkan. Siap-siap ya lebaran dapat banyak THR dari konsumen~

Untukmu yang saat ini ingin atau sedang merintis usaha, gabung yuk sama komunitas UMKM #KitaMulaiBersama! Daftar di bit.ly/MILISKMB untuk berlangganan newsletter supaya nggak ketinggalan info berisi konten dan event menarik seputar kewirausahaan dan pengembangan UMKM. Jangan sampai ketinggalan ya~

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE