Tips Menabung Anti Gagal untuk Pelajar Hingga Ibu Rumah Tangga. Uangmu Bakal Cepat Ngumpulnya!

Tips menabung

Bagi sebagian orang, menabung bukanlah hal yang mudah. Apalagi jika mereka memiliki penghasilan yang terbatas. Padahal semestinya, sekecil apa pun pendapatan, kita mesti menyisihkannya beberapa persen untuk ditabung. Efeknya memang tak akan kamu rasakan sekarang, tapi di masa depan nanti, kamu akan merasakan betapa nikmatnya hidup dengan menyisihkan sebagian pemasukan untuk ditabung. Nah, karena hal itulah, tak heran jika banyak orang tua yang mulai mengenalkan tips menabung ke anak mereka sedari dini.

Advertisement

Saat ini memang banyak tips menabung uang yang beredar di internet. Tapi tips-tips tersebut akan berlalu begitu saja jika kamu tak konsisten menerapkannya. Salah satu faktor yang sering bikin acara menabung jadi gagal ialah keinginan untuk menuruti gaya hidup. Padahal, hal ini kerap bikin pengeluaran tak terkontrol dan jadi ‘boncos’.

Nah, buatmu yang masih sering gagal menabung, Hipwee Tips punya beberapa tips menabung anti gagal yang bisa dicoba. Ada juga cara menabung yang menyenangkan bisa dipraktikkan untuk adikmu yang masih SD atau seorang ibu rumah tangga sekalipun lo!

Tips menabung anak SD akan berhasil jika orang tua ikut ambil peran di dalamnya

anak SD menabung via baituljannah.com

Orang tua harus mengontrol dan mendampingi anak agar mereka bisa menabung dengan konsisten. Lakukan beberapa trik berikut:

Advertisement

1. Kenalkan konsep ‘uang’ ke anak 

Kamu bisa mulai dengan mengenalkan pecahan uang, baik dari yang terkecil hingga paling besar. Sembari mereka belajar memahami pecahan uang, kamu juga mesti memberikan pemahaman mengenai hitungan dasar ke anak.

Advertisement

2. Biar mereka tertarik, coba gunakan celengan lucu sebagai tempat tabungannya

Bisa beli sih, tapi membuat celengan sendiri bikin anak lebih antusias menabung. Tak perlu bingung soal bahan, kamu bisa buat celengan dari botol bekas atau kardus kok.

3. Ajarkan anak untuk menyisihkan uang receh yang mereka punya

Beri tahu anak pepatah ‘sedikit-sedikit, lama-lama menjadi bukit’ agar mereka tak merasa sia-sia menyisihkan sebagai uang recehnya. Beri arahan pelan-pelan ke si kecil, agar mereka paham dan mau mempraktikannya, ya!

4. Coba ajak anak ‘bekerja’ untuk mengumpulkan uang mau ditabungnya

Ciptakan situasi di mana anak bisa mendapatkan uang sebagai imbalannya. Misalnya, dengan meminta mereka untuk memijat punggung, lalu kamu berikan berapa rupiah sebagai imbalannya.

Tips menabung anak SMP bisa dibilang lebih teknis daripada anak SD. Meski begitu, anak SMP tetap kudu diajarkan disiplin biar konsisten nabungnya

anak SMP menabung via www.rijal09.com

1. Pertama, tentukan tujuan dan target tabunganmu 

Sekalipun kamu menabung hanya untuk membeli sesuatu, sebenarnya tak masalah lo! Cara ini bisa dijadikan sebagai salah satu cara untuk melatih kebiasaan menabung. Nggak heran jika kebanyakan anak SMP sekarang mulai mencari tahu tips menabung untuk beli HP atau benda lain yang tengah diincarnya.

2. Uang tabungannya nanti bisa disimpan dalam celengan atau dititipkan ke sekolah maupun guru 

Biasanya, sekolah akan meminta siswa untuk menabung sekalian bayar SPP. Walau cuma sebulan sekali, tapi cara ini efektif membuat mereka jadi lebih disiplin menabung. Nah, karena tabungan ini waktunya lama, maka sebagian uang bisa disimpan dalam celengan, ya!

3. Bawalah bekal dan air minum sendiri biar lebih irit

Ketimbang jajan di kantin, mending sisihkan uangnya ditabung biar barang incaranmu bisa cepat-cepat terbeli. Lumayan lo! Kadang, bawa bekal bisa bikin uang jajan lebih hemat sampai 1o ribu soalnya.

4. Mau lebih irit? Coba deh sering-sering ke perpustakaan

Kelihatannya memang nggak ada hubungannya, tapi dengan pergi ke perpustakaan, kamu bisa mengontrol hasrat jajanmu lo! Sebab, pikiranmu untuk jajan bisa teralihkan dengan baca buku. Percayalah, trik ini akan sangat manjur buat mereka yang sedang mencari cara menabung uang jajan 5000.

Tips menabung untuk anak SMA bisa dibilang susah-susah gampang. Karena sudah mulai banyak mainnya, kadang mereka jadi kesulitan menyisihkan uang

menabung di bank via finance.detik.com

Cara menabung di usia-usia ini memang nggak mudah. Apalagi saat ini kebanyakan remaja punya lifestyle yang sebelas dua belas dengan mahasiswa. Begini triknya.

1. Hampir sama dengan anak SMP, kamu mesti menentukan goal spesifik berapa banyak uang yang mau ditabung

Tips menabung untuk pelajar ini memang mesti lebih keras. Dengan begitu, mereka jadi tahu berapa rupiah yang mesti dialokasikan untuk tabungan setiap bulannya. Karena biasanya anak SMA sudah punya ATM, maka kamu bisa menggunakan fitur auto debet untuk setor tabungan tiap bulannya.

2. Meski begitu, kamu tetap boleh menabung dengan nominal kecil tapi dengan syarat konsisten terus, ya!

Misalnya kamu diberi uang saku seminggu sekali, coba bagi uang sesuai kebutuhan. Alokasikan 10 persen uang saku untuk ditabung, kalau keberatan, lima persen pun boleh kok. Asal terus dilakukan dengan minimal nominal yang sama setiap minggunya.

3. Sesekali main boleh, selebihnya coba cari hiburan yang gratis 

Misalnya dengan bermain game online atau menonton film di laptop. Percayalah, keluar main setiap weekend bisa mengurangi uang tabunganmu hingga 200 ribu lo! Makanya, jangan sering-sering main kalau nggak mau makin lama mengumpulkan uangnya.

4. Bawalah uang secukupnya saat bepergian

Bukan berarti pelit, tapi trik ini akan mengajarkanmu untuk nggak membeli barang yang memang dibutuhkan. Jangan cuma uang tunai, tapi dompet digital pun mesti diisi pas sesuai bujet main hari ini lo!

Selanjutnya, ada tips menabung mahasiswa terutama buat mereka yang tinggal di kos dan merantau

menabung ala mahasiswa via sahabatpegadaian.com

1. Karena sudah mahasiswa, kamu mesti rajin mencatat pengeluaran harian

Dengan rajin mencatat pengeluaran, kamu bisa lebih hati-hati ketika memakai uang nanti. Jadi, pengeluaranmu akan lebih terkendali. 

2. Tips menabung cepat bisa dengan menjajal kebiasaan ‘satu persen’ 

Maksudnya ialah menambahkan nominal uang tabungan setiap bulan sebanyak satu persen. Lakukan secara rutin agar tabunganmu mengalami peningkatan, ya!

3. Buatlah rekening khusus untuk tabunganmu 

Dengan membuka rekening khusus, kamu akan terhindar dari godaan untuk membelanjakan uang tabungan. Baiknya, rekening tersebut tak perlu dibuatkan ATM biar kamu benar-benar tak menggunakannya.

4. Jangan lupa manfaatkan setiap student discount yang ada

Saat ini banyak tempat makan yang memberikan diskon ke mahasiswa hanya dengan menunjukkan kartu identitas. Diskon ini pun bisa dibilang lumayan. Kadang bisa lebih dari 50 persen!

5. Atau, kamu bisa menjajal kerja sampingan untuk menambah pemasukan

Banyak kok pekerjaan sampingan yang diperuntungkan untuk mahasiswa, misalnya pelayanan restoran hingga penulis lepas. Memang sih gajinya tak begitu banyak, tapi setidaknya bisa menambah uang jajanmu lo!

Tak cuma pelajar, ada juga tips menabung ibu rumah tangga lo! Biar belanja bulanannya nggak lari ke mana

menabung ala ibu rumah tangga via www.catho.com.br

1. Selalu sisihkan tabungan di awal bulan 

Idealnya, kamu mesti langsung mengambil 20 hingga 30 persen pemasukan untuk ditabung. Jika kamu rutin dan konsisten, keuangan rumah tangga bisa dipastikan akan baik-baik saja. Nah, uang ini nantinya bisa disimpan untuk dana darurat dan dipakai saat ada keperluan mendesak.

2. Cobalah praktikkan strategi 31 amlop 

Maksudnya ialah menyisihkan setiap pengeluaran pada beberapa amplop, misalnya uang SPP anak, tagihan bulanan, belanja sayur, dan sebagainya. Pastikan kamu menaruh uang pas di amplop tersebut, agar nggak terjadi ‘bocor halus’.

3. Sebagai IRT, kamu mesti update diskon dan promo

Sebelum belanja, cek dulu semua informasi promo di internet agar kamu bisa mendapatkan harga terbaik. Jika perlu, kamu pun bisa mendaftar sebagai member karena biasanya ini akan menerima poin yang bisa ditukarkan dengan beragam penawaran menarik.

4. Atau, kamu bisa mengikuti arisan baik RT maupun lainnya 

Sebenarnya, arisan sama saja dengan menabung karena kamu mesti menyisihkan uang untuk membayar setiap bulannya. Kalau memang diniatkan untuk menabung, kamu bisa meminta untuk menerima arisan di akhir waktu saja. Tapi usahakan memilih member arisan terpercaya dan sesuai dengan bujetmu, ya!

Terakhir, tips menabung jangka panjang yang sebenarnya penting tapi belum banyak dilakukan

tabungan jangka panjang via www.tokopedia.com

Padahal cara ini bisa dibilang sebagai tips menabung yang benar lo! Sebab, metode ini bisa digunakan sebagai tips menabung untuk beli rumah atau kebutuhan pokok jangka panjang lainnya. Biar lebih jelas dan terarah, kamu bisa menentukan tujuan utamanya, misal untuk dana pensiun atau pendidikan anak nanti. Kalau sudah jelas coba lakukan beberapa hal berikut.

1. Lunasi semua hutang tanpa terkecuali 

Hutang akan membuatmu kesulitan untuk menabung. Apalagi jika kamu memilih berhutang dengan menggunakan bunga. Baiknya, saat ada uang cukup segera lunasi hutang tersebut biar kamu bisa menabung dengan tenang.

2. Karena jangka panjang, maka kamu bisa membeli barang yang nilai jualnya naik di masa mendatang 

Misalnya dengan membeli emas, saham, atau reksa dana. Ya, cara ini bisa dibilang sebagai salah satu bentuk investasi. Tak perlu repot, sekarang banyak kok platform yang bisa dipakai untuk berinvestasi dengan mudah.

3. Jangan lupa, buat tabungan berencana

Tips menabung di bank lewat layanan tabungan berencana bisa membantumu mendapatkan jumlah tabungan yang sudah ditargetkan sebelumnya lo! Sebab, pihak bank akan secara otomatis memotong saldomu tiap bulan untuk dimasukkan ke tabungan berencana ini. Tenang, aman kok!

Meski sulit, praktikkan tips menabung di atas sedari ini sebelum akhirnya kamu menyesal tak punya tabungan di hari tua nanti. Jika memang bingung, kamu bisa mengandalkan bank untuk mengontrol tabunganmu. Meski begitu, kamu tetap harus punya catatan tabungan sendiri, ya!

Advertisement
loading...
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE