7 Trik Mengatasi ‘Bocor Halus’ Pengeluaran Cewek, yang Tahu-tahu Bikin Isi Dompet Ludes Habis

Menghemat pengeluaran cewek

Sebagian orang pasti pernah mengalami bocor halus pengeluaran, terutama para cewek. Bocor halus sendiri berarti pengeluaran tak terdeteksi yang biasanya kecil jumlahnya. Umumnya, hal ini terjadi karena kurang pengawasan terhadap pengeluaran sehari-hari. Nggak kerasa memang, tapi kalau sering terjadi, bisa-bisa uang di rekening boncos juga lo!

Advertisement

Nah, supaya di akhir bulan nanti nggak kaget lantaran banyak uangmu yang lenyap, minimalisir bocor halus dengan menerapkan trik dari Hipwee Tips berikut. Praktikkan pelan-pelan, biar keuanganmu membaik dan tabungan tetap aman.

1. Kalau baru coba skincare, mending beli ukuran sampelnya dulu aja

beli ukuran sampel via sg.carousell.com

Harga skincare ukuran besar biasanya lebih murah jika ditimbang dari segi banyaknya isi, tapi belum tentu cocok untuk kulitmu. Daripada malah nggak kepakai dan dibuang, mending beli ukuran sampelnya dulu. Kalau memang cocok, baru deh beli yang ukuran normal. Selain aman buat kulitmu, bisa berhemat juga, kan?

2. Wajib hukumnya untuk selalu bawa dompet berisi receh sisa kembalian untuk hal-hal printilan seperti parkir misalnya

bawa dompet receh via karamelfrapucino.wordpress.com

Karena nominalnya nggak begitu banyak, kadang pengeluaran buat parkir nggak masuk hitungan. Padahal totalnya bisa jadi banyak, apalagi kalau kamu sering keluar main. Nah, biar lebih hemat, selalu simpan uang receh yang kamu punya dan bawa dalam dompet kecil. Bisa buat bayar parkir atau isi angin ban motormu, kan?

Advertisement

3. Jangan lupa, sisihkan lima persen penghasilan buat beli vitamin kesehatan

bujet vitamin via livejapan.com

Buatmu yang belum memasukan vitamin ke anggaran pengeluaran bulanan, gih tambahkan dulu. Kelihatan sepele, padahal vitamin ini penting banget untuk memelihara kesehatan kita biar nggak gampang sakit. Biaya periksa-periksa kan juga lumayan mahal~

4. Siapkan rekening khusus belanja biar pengeluaranmu terkontrol terus

rekening khusus via gobiz.co.id

Biasanya masing-masing orang akan punya anggaran yang berbeda. Kamu bisa menyisihkan 20 persen gaji untuk belanja. Tapi, pastikan kamu sudah menyiapkan anggaran lainnya juga ya, biar jelas pos-posnya untuk apa aja.

5. Sekalipun sudah diatur bujetnya, mending bawa uang saku tiap ngampus atau ngantor

bawa uang saku via www.idntimes.com

Nah, uang saku inilah yang nantinya bisa kamu pakai buat jajan sewaktu-waktu kamu lapar camilan. Nominalnya bisa disesuaikan dengan anggaran bulananmu kok. Tapi jangan terlalu banyak juga, dan selalu bawa nominal pas biar nggak ada bocor halus nantinya.

Advertisement

6. Kalau mau ada tambahan pemasukan, baju-bajumu yang nggak terpakai mending dijual aja

jual baju nggak dipakai via www.jurnal.id

Kalau nggak sempat buka lapak, kamu bisa menjual baju-baju bekas ini lewat medsos. Baiknya jangan pasang harga terlalu tinggi buat menarik pembeli di awal-awal. Pastikan juga baju yang kamu jual masih dalam kondisi bagus, ya!

7. Sebelum tidur, jangan lupa catat pengeluaranmu seharian ini

dicatat pengeluarannya via www.finansialmu.com

Sekalipun cuma seratus rupiah, wajib untuk mencatat setiap pengeluaran harianmu. Sebab, dari sini kamu bisa tahu mana hal yang sering jadi penyebab bocor halusnya pengeluaran. Nah, kalau setiap pengeluaran tercatat dengan baik, kan kamu jadi bisa melakukan evaluasi besoknya.

Bocor halus ini memang agak sulit dihindari, nominalnya kecil dan sering nggak disadari. Tapi kalau kamu nggak mengubah kebiasaan buruk penyebab bocor halus, lama-lama ya tabungan habis juga. Makanya, yuk terapkan trik-trik di atas, biar dompet aman dan bisa tetap jajan.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE