5 Keunggulan Isi Angin Ban Kendaraan dengan Nitrogen. Angin Biasa Mana Bisa Begini~

Isi angin ban dengan nitrogen

Agar laju kendaraan tetap stabil, kamu wajib memperhatikan tekanan udara pada bannya. Jika dulu kita cuma tahu angin biasa untuk mengisi udara di ban kendaraan, kini ada gas kimia lain yang ternyata jauh lebih unggul, nitrogen namanya. Menurut pakar otomotif, penggunaan nitrogen lebih disarankan, apalagi jika kendaraan sering kamu pakai tiap hari untuk pergi jauh-jauh.

Advertisement

Nah, buatmu yang masih pakai angin biasa untuk mengisi tekanan ban, sepertinya harus mulai beralih ke nitrogen. Sebab, beberapa keunggulan ini cuma bisa kamu dapatkan kalau ban kendaraanmu diisi pakai nitrogen.

1. Molekul nitrogen yang lebih besar membuat ban jadi nggak cepat kempis

gampang kempes via www.flickr.com

Nitrogen memiliki molekul yang kuat dan nggak mudah terkontaminasi, bahkan di saat panas sekalipun. Jadi, meski kendaraan berada di bawah sinar matahari yang terik, tekanan angin dalam ban nggak akan mengalami penguapan.

2. Tarikan makin mantap berkat molekul nitrogen yang padat

handling kuat via kit.honestjohn.co.uk

Kepadatan molekul nitrogen yang padat membuat ban jadi lebih stabil, sehingga pengendalian kendaraan pun jadi lebih enak sekalipun kamu harus ngebut. Nggak perlu takut capek, tarikan kendaraan tetap ringan kok.

3. Karena bebas dari kandungan air, ban dan velg jadi nggak mudah berkarat

velg karatan via www.boombastis.com

Beda dengan angin biasa, nitrogen nggak mengandung air yang bisa menimbulkan embun pada velg ban. Padahal, titik-titik air yang dibiarkan terlalu dalam dalam velg bisa menimbulkan korosi. Nggak hanya itu, kandungan air dalam angin biasa juga bisa memicu reaksi kimia yang bikin ban jadi lebih berat.

4. Ban yang diisi nitrogen juga jauh lebih awet dari segi bentuk dan ukurannya

bentuk ban via www.suara.com

Beda dengan angin biasa, kestabilan nitrogen cukup bisa diandalkan untuk membuat ban lebih tahan lama. Tekanan angin yang stabil dan cukup padat membuat ban jadi nggak cepat aus.

5. Grip atau daya cengkram ban terhadap aspal juga jadi lebih baik lo!

Advertisement

cengkraman kuat via otomotif.okezone.com

Kestabilan kendaraan yang baik pun membuat daya cengkram ban jadi lebih optimal, berkendara pun jadi lebih enak. Sebab, ini berpengaruh pada handling atau pengendalian dan penggunaan bahan bakar.

Meski nitrogen cukup stabil untuk ban kendaraan, ada baiknya kalau pun tetap memperhatikan volume pengisiannya. Jangan lupa juga, cek tekanan angin ban agar nggak mengganggu kegiatan berkendaramu. Pastikan ban nggak kurang angin waktu mau dipakai pergi, ya!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE