7 Teknik Perawatan Motor yg Penting Saat Musim Hujan, Biar Nggak Gampang Mogok di Jalan

Merawat motor saat hujan

Di Indonesia, akhir tahun merupakan waktu yang identik dengan hujan. Nggak cuma tubuh manusia, sepeda motor pun perlu mendapatkan perawatan ekstra untuk menghadapi musim hujan. Sebab, air hujan yang bersifat asam bisa membuat mesin motor mengalami beberapa masalah.

Advertisement

Berikut beberapa tips sederhana yang bisa kamu lakukan untuk merawat motor ketika musim hujan. Yuk terapkan, biar motormu nggak sering mogok di jalan.

1.  Setelah kehujanan, ada baiknya untuk segera mencuci motormu

Usahakan untuk mencuci motor setelah kehujanan. Sebab, kandungan asam pada air hujan bisa menimbulkan karat dan menghilangkan kilau pada cat luar motor. Kalau memang nggak sempat mencucinya, seenggaknya bilas motor dengan air bersih.

2. Periksa tekanan ban motor setelah menerobos genangan air

cek tekanan ban via dayamotora.pojoksatu.id

Kamu bisa menekan banmu menggunakan jempol tangan. Jika dirasa kurang, lebih baik segera isi anginnya. Kurangnya tekanan udara bisa menyebabkan telapak ban bersentuhan langsung dengan jalan. Akibatnya, tarikan motor jadi berat dan bisa bikin ban jadi lebih cepat tipis dan gundul.

Advertisement

3. Rantai motor juga perlu kamu beri pelindung supaya nggak karatan

bersihkan rantai via moladin.com

Sama halnya seperti cat body, air hujan juga bisa membuat rantai yang berbahan besi jadi karatan. Agar perlindungannya lebih maksimal, kamu bisa mengencangkan rantainya setelah kehujanan. Jangan lupa juga lumasi rantai dengan grease, ya!

4. Sehabis kena air hujan, cabut kop atau karet penutup busi kemudian bersihkan dengan lap

cabut kop busi via duniamotor1.blogspot.com

Selain busi, kamu juga perlu mengecek kabelnya. Kalau komponen ini basah, motor jadi sulit menyala karena proses pengapiannya terhambat. Kamu bisa meniup atau mengelap supaya airnya hilang dan busi jadi lebih bersih.

5. Injak-injak pedal rem setelah kehujanan supaya kanvasnya kering

injak pedal rem via www.motorplus-online.com

Air kotor bisa bikin rem terasa lebih keras ketika pedalnya diinjak. Pasalnya, rem ini langsung terbuka ketika genangan air masuk ke disk cakram. Makanya, segera bersihkan rem dan injak-injak supaya kanvasnya nggak kering dan rem lebih pakem.

6. Meski dipakai hujan-hujanan, usahakan kabel body tetap kering

kabel body via www.youtube.com

Kabel body yang basah bisa menyebabkan korsleting dan merusak komponen motor lainnya. Makanya, pastikan kabel body tertutup agar kerusakan sepeda motor bisa dicegah lebih dini. Rutin mengecek kabel body juga perlu kamu lakukan supaya motor nggak sering mogok.

7. Penting juga untuk memperhatikan bagian knalpot apalagi di musim hujan begini

bersihkan knalpot via www.kcssurabaya.com

Nggak cuma body dan sepatbor (sayap roda), kotoran air hujan juga bisa mengotori bagian leher knalpot. Makanya, kamu perlu membersihkannya supaya sistem pembuangan nggak terganggu dan tetap berfungsi sempurna. Kamu bisa mengeluarkan air hujan, kemudian semprotkan oli ke bagian dalam knalpot, bagian lehernya bisa kamu olesi grease juga lo!

Jangan lupa juga membersihkan kotak saringan udara agar mesin nggak terganggu. Pastikan mengelap motor dan bagian-bagian dalam yang terkena air hujan agar motor nggak mogok-mogok. Nggak mau kan, motor jadi rusak hanya karena sering kehujanan? Makanya, yuk rawat motormu lebih ekstra!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement
loading...
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE