11 Tools Instagram yang Bermanfaat untuk Akun Bisnismu. Jangan Cuma Unggah dan Menunggu~

tools instagram bisnis

Saat punya sebuah bisnis mungkin ada paling tidak dua akun yang log in di dalam aplikasi Instagrammu, satu milik pribadi dan yang satunya lagi akun Instagram untuk berbisnis. Tampilannya juga mungkin beda antara yang personal dengan bisnis soalnya akun jualan biasanya lebih banyak ‘aksesorinya’ yang punya fungsi masing-masing. Nah, selain yang ada di dalam aplikasi tersebut ternyata ada juga lo berbagai tools yang akan membantumu memaksimalkan strategi penjualan.

Advertisement

Mulai dari tools untuk membuat desain konten hingga mengintip analytic, semuanya bisa kamu akses baik secara cuma-cuma maupun berbayar jika ingin fitur yang lebih optimal. Nah, apa saja bebagai tools tersebut? Simak yuk ulasan lengkapnya!

Konten adalah senjata utama  untuk mewakili brand image yang ingin kamu bangun, ada berbagai tools untuk desain maupun video yang bisa kamu gunakan

  • Canva merupakan sebuah aplikasi untuk membuat desain yang jadi favorit banyak orang karena mudah digunakan namun hasilnya seperti profesional. Kamu bisa mengakses secara gratis ribuan template dengan pilihan font beragam dan ukuran yang bisa disesuiakan dengan kebutuhan.
  • Photoshop Express kini bisa digunakan lewat telepon pintarmu. Walaupun fiturnya tak selengkap fitur Photoshop di PC maupun laptop tapi rasanya fitur di sini cukup lengkap dan bisa diakses gratis.
  • Inshot merupakan aplikasi untuk mengedit video dengan cukup praktis sehingga bisa digunakan oleh pemula. Fiturnya cukup lengkap termasuk untuk menggabungkan video, memberi musik latar, dan memberi tulisan. Kamu juga bisa mengaksesnya secara gratis lo.

Supaya nggak kelabakan maka beberapa tools untuk menjadwalkan terbitnya konten akan sangat berguna untukmu

Analytic/ Credit: yanalya on Freepik via www.freepik.com

  • Hootsuite merupakan salah satu tool yang bisa digunakan untuk menjadwalkan, akan ada notifikasi sebelum sebuah konten diterbitkan apabila ada yang masih ingin diedit. Aplikasi ini berbayar setelah gratis trial selama 30 hari.
  • Buffer mungkin lebih populer untuk menjadwalkan di Twitter namun kini bisa juga digunakan untuk Instagram. Tak hanya itu, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk mengecek analytic lo. Tool ini bisa diakses gratis namun sangat terbatas sehingga sebaiknya berlangganan.
  • Sked tak hanya bisa digunakan untuk menjadwalkan namun juga bisa digunakan untuk mengedit foto. Tool ini hanya digunakan secara gratis selama 7 hari dan berbayar setelahnya.
  • Later merupakan rekanan resmi dari Instagram sehingga hanya bisa digunakan untuk menjadwalkan unggahan khusus di Instagram. Fitur penjadwalan bisa dipilih langsung dikirim atau dengan pemberitahuan. Aplikasi ini memiliki versi gratis dan ada pula versi bisnisnya.
Advertisement

Terakhir, kamu juga perlu mengecek analisis dan memonitor kiriman mana yang berhasil dengan beberapa pilihan tools

  • Instagram Insight merupakan tools gratis yang tersemat dan disediakan langsung oleh Instagram saat akunmu sudah diubah jadi akun bisnis. Di sana akan ditampilkan seberapa ramainya akunmu dikunjungi, mana kiriman yang paling laris, hingga jangkauan kontenmu.
  • Iconosquare bisa digunakan untuk menjadwalkan kiriman sekaligus mengecek analitik dengan insight yang mendalam. Tak hanya mengecek akun milik sendiri, kamu juga bisa mengecek akun milik kompetitormu.
  • Union Metrics digunakan untuk menganalisis aktivitas akun bisnismu selama 30 hari terakhir. Mulai dari followers, engagement, hingga laporan semua disajikan.
  • Socialbakers juga bisa dipilih untuk melihat performa akun dan konten-konten yang diunggah termasuk mana kiriman dengan engagement terbaik. Aplikasi ini juga bisa digunakan untuk mengecek performa kompetitor.

Memulai bisnis di Instagram bukan berarti cuma mengunggah gambar saja, tapi juga melihat bagaimana unggahanmu ditanggapi setelahnya. Beberapa tools tersebut bisa mulai kamu gunakan untuk memaksimalkannya. Banyak yang gratis namun ada juga yang berbayar tentunya dengan fitur yang lebih maksimal. Selamat mencoba ya!

Gabung dan Berlangganan Newsletter

Berlangganan Newsletter dari Kita Mulai Bersama

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE