Menelusuri Tren Orang Terkaya di Dunia Sejak Tahun 1800-an. Jeff Bezos Barusan Lengser, Who’s Next?

Tren bisnis miliuner

Bisnis apa ya yang bisa bikin pengusaha masuk deretan miliuner terkaya di dunia?

Bisnis memang seperti halnya tren yang akan selalu mengikuti perkembangan zaman seiring dengan apa yang dibutuhkan manusia dalam kehidupan. Hal ini menjadi bukti bahwa peluang bisnis bisa didasarkan pada kebutuhan, atau di mana ada kebutuhan di situlah ada peluang. Misalnya, saat ini teknologi sedang berkembang pesat dan menjadi salah satu kebutuhan dalam kehidupan manusia. Maka, nggak heran kalau lihat era sekarang, peringkat orang terkaya di dunia yang tercatat di Forbes dari kalangan pengusaha di bidang teknologi.

Ketika teknologi belum terlalu dibutuhkan atau belum menjadi tren, tentu para pengusaha belum mengambil bidang teknologi untuk sektor bisnis mereka. Sebab, dalam berbisnis kita dituntut untuk bisa memprediksi hal apa yang akan menjadi tren karena kebutuhan konsumen. Bagi kamu yang sedang merintis bisnis, pasti pernah mengalami bagaimana mencoba membaca peluang supaya bisa meraup banyak keuntungan kan? Atau bahkan kamu juga bermimpi menjadi miliuner dari bisnis yang kamu rintis saat ini? Melansir dari Vox, sejarah kekayaan secara global merangkum bahwa banyak sekali sektor yang menjadi sumber kekayaan orang-orang di dunia dari waktu ke waktu dan mengantarkan mereka menjadi pendulang kekayaan.

Lalu, bagaimana tren bisnis pengusaha terkaya pada era-era sebelumnya? Bisnis apa saja yang mereka jalani sehingga bisa masuk jajaran miliuner terkaya di dunia?

Era 1820-1850 bisnis perdagangan, industri tekstil, perbankan dan transportasi laut menjadi tren bisnis yang membuat jajaran pengusaha menjadi miliuner terkaya di dunia

Di zaman masih banyaknya kerajaan dan orang yang kaya tujuh turunan karena hak lahir, Stephen Girard tercatat sebagai orang terkaya di dunia setelah memperoleh kekayaan dari perdagangan ekspor dan impor barang termasuk hasil pertanian pada tahun 1820. Munculnya berbagai industri dan perdagangan yang semakin kuat membuat bisnis perbankan juga ikut berjaya. Terbukti pada tahun 1830an Nathan Mayer Rothschild mengambil alih sebagai orang terkaya di dunia karena bisnis di bidang perbankan dan industri tekstil.

Kebutuhan konsumen yang semakin berkembang, membuat para pengusaha tentunya mengambil peluang dalam bisnis mereka. Seperti John Jacob Astor yang terjun di perdagangan bulu dan mendirikan industri real estate. Kemudian Cornelius Vanderbilt yang mencoba membuka layanan transportasi jalur laut dan menjadikannya orang terkaya di dunia pada era 1850-an.

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Penikmat buku dan perjalanan

Editor

Learn to love everything there is about life, love to learn a bit more every passing day