6 Tips Buka Warung Angkringan yang Laris dan Beda Dari yang Lain. Santai, Modal Bisa Diatur~

Usaha warung angkringan

Jika dulu angkringan cuma ada di sekitar Solo dan Jogja, kini kamu dapat dengan mudah menjumpainya di kota-kota besar lain. Ya, berkat menunya yang sederhana dan relatif murah, kepopuleran angkringan makin hari terus meningkat. Nggak cuma bapak-bapak, bahkan kini anak muda pun nggak segan untuk makan atau sekedar nongkrong di angkiringan pinggir jalan.

Advertisement

Mumpung peminatnya banyak, nggak ada salahnya kamu manfaatkan kesempatan ini untuk dijadikan sebuah peluang usaha. Nggak perlu bingung soal modal, untuk bisa buka angkringan uang lima juta saja sudah cukup kok!

1. Pilihlah lokasi yang sesuai dengan target pasarmu

di pinggir jalan via www.angkringjogja.co.id

Misal, targetmu ialah mahasiswa atau karyawan, maka bukalah angkringan di sekitar kampus atau wilayah kos-kosan. Kalau memang belum ada lahan kosong, kamu bisa membuka angkringan di pinggir jalan yang memang diizinkan untuk jualan. Biar nggak kena garuk petugas, pastikan kamu sudah mengantongi izin usaha, ya!

2. Penting juga untuk menentukan konsep angkringan — mau dibuat sederhana atau kekinian

konsep angkringan via jateng.tribunnews.com

Kalau mau sederhana, kamu hanya perlu menyiapkan gerobak kayu dengan tutup terpal saja. Misal masih ada lahan, siapkan juga tiker biar bisa dipakai duduk lesehan. Kalau mau dibuat kekinian, kamu bisa sediakan wifi gratis atau mengadakan hiburan musik akustik setiap minggunya. Memang sih lebih effort, tapi cara ini akan membuat banyak anak muda tertarik lo!

Advertisement

3. Lokasi sudah, konsep sudah, tinggal beli barang yang akan dipakai buat buka angkringan

beli perlengkapan via www.tokopedia.com

Kalau uang untuk modalmu nggak banyak, mending beli barang yang memang dibutuhkan dulu, misalnya gerobak, kursi kayu, dan terpal. Barang-barang selanjutnya bisa kamu cicil sedikit-sedikit biar nggak ngoyo. Nah, untuk alat masaknya, pakai dulu yang sudah kamu punya di rumah. Kan, makin irit tuh.

  • Gerobak angkringan Rp 2.o00.000
  • Terpal ukuran lebar Rp 200.000
  • Kursi kayu Rp 120.000
  • Tempat sampah Rp 15.000
  • Nampan dan keranjang Rp 50.000
  • Termos es Rp 80.000
  • Teko Rp 30.000

4. Nggak perlu banyak, tapi usahakan ada menu spesial di angkringanmu

menu khas via metrosemarang.com

Sebenarnya, makanan dan minuman di angkringan sangatlah beragam. Tapi, biar angkringanmu punya ciri khas, cobalah buat menu khusus misalnya nasi sambel pete. Atau, kalau memang nggak mau menghadirkan menu yang beda, kamu bisa membuatnya makanan dengan rasa yang khas, misal sambal teri masak lombok ijo. Sebenarnya banyak kok triknya, tinggal pilih saja mana yang benar-benar khas.

Advertisement

5. Walau sederhana dan cuma gerobakan, baiknya tetap perhatikan kebersihannya, ya!

kebersihan via traveling.maslatip.com

Nggak perlu bagus, tapi usahakan gerobakmu tetap bersih dan nggak ada sampah berserakan. Sampah yang bertebaran bisa mengganggu kenyamanan pelanggan. Hal ini bisa membuat mereka berpikir dua kali untuk balik lagi. Usahakan juga area jualanmu bebas dari tikus dan kecoa yang sering berkeliaran di jalan-jalan.

6. Meski cuma angkringan, nggak ada salahnya kok kalau kamu tetap melakukan promosi

bikin promosi via bangka.tribunnews.com

Ya, kamu bisa membuat akun media sosial khusus untuk angkringanmu. Atau, kalau nggak mau repot ya pasarkan saja pakai akun media sosial milikmu. Biar lebih laris, daftarkan angkringanmu di jasa delivery makanan online. Terpenting, buat spanduk berwarna cerah biar angkringanmu mudah ditemukan.

Meski sudah banyak angkringan di jalan-jalan, usaha ini tetap menjanjikan untuk dicoba. Apalagi kalau kamu punya konsep dan ciri khas makanan yang cukup menarik. Memang butuh usaha lebih besar ketika awal buka, tapi lambat laun pasti pelanggan akan hafal dan sering berkunjung ke angkringan milikmu kok. Semoga angkringnmu sukses dan ramai, ya!

Advertisement
loading...
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE