Teknologi smartphone benar-benar mengubah cara hidup manusia ke level selanjutnya. Bayangkan saja, kini hampir segala kebutuhanmu bisa tercukupi hanya dengan menggerakkan ujung jari, mulai dari mencari informasi, bernavigasi, sampai mengelola uangmu sendiri. Omong-omong tentang mengelola keuangan, ada segudang aplikasi yang bertujuan untuk itu di luar sana.

Tapi, kamu gak perlu repot lagi menemukan mana yang sesuai dengan kebutuhanmu; yang terbaik sudah Hipwee rangkum di sini.

1. Mint

Mint berhasil menembus daftar aplikasi terbaik App Store pada 2012 bukan tanpa alasan. Kamu bisa melihat seberapa besar pengeluaranmu di tiap-tiap kategori dari anggaranmu lewat app ini; dia akan membantu memonitor segala transaksimu secara otomatis dengan grafik yang ciamik. Cukup sign in dan periksa ke mana saja uangmu digunakan selama seminggu terakhir. Dengan app ini, kamu bisa menjaga bujetmu bulananmu untuk tetap terkontrol.

Aplikasi ini tersedia di platform Apple dan Android.

2. Expensify

Advertisement

Expensify menawarkan tampilan antarmuka untuk smartphone maupun web. Antarmukanya yang minimalis menonjolkan empat tombol utama: SmartScan, Add Expense, Track Time, serta Track Distance. Lewat fitur-fitur ini, kamu bisa memindai bukti pembayaran, melihat jarak tempuh bagi kamu yang sering bepergian, menghubungkan kartu debit dan kredit untuk mengetahui bagaimana pola pengeluaranmu, serta membuat laporan pengeluaran. Mengekspor data ke app lainnya juga cukup mudah.

Kamu bisa mengunduh app ini di iOS, Android dan Windows.

3. DailyCost

DailyCost via www.csdn.net

Jika kamu ingin mengetahui seberapa banyak pengeluaran harianmu lewat app yang sederhana dan mudah, maka DailyCost bisa jadi pilihan. Berbagai pilihan kategori memudahkanmu meng-input semua pengeluaran harianmu. Kalo kamu memposisikan ponselmu secara horizontal, kamu bisa melihat grafik dan statistik pengeluaranmu. App ini juga melacak pengeluaran mingguan dan bulanan lewat kategori dan bisa di-back up ke iCloud.

Unduh app ini di Apple dengan harga $1,99.

4. Toshl Finance

Bagi kamu yang gemar traveling, Toshl adalah app yang cocok untuk melacak pengeluaran dan anggaranmu. App ini bisa menangani berbagai mata uang dan memisahkan antara bujet travelingmu dengan pengeluaran harian. Toshl juga menyediakan fitur-fitur standar aplikasi pengelolaan uang, misalnya pengatur tagihan dan pengingatnya, serta bisa disinkronisasikan ke perangkatmu yang lain.

App ini tersedia di perangkat Apple dan Android.

5. Tricount

Tricount via play.google.com

Kamu yang biasa mengadakan aktivitas kelompok akan sangat terbantu dengan app yang satu ini.  Tricount membantu kamu untuk membagi pengeluaran yang kalian lakukan bersama ke masing-masing orang. Dengan app ini, kamu bisa membuat laporan pengeluaran di ponselmu dan mengaturnya per orang–berapa banyak yang mesti mereka bayar–lalu mengirimnya via email sehingga teman-temanmu tahu berapa bagian mereka. Dengan berbagai pilihan untuk pengeluaran, neraca, pembagian, dan pengaturan, kamu gak perlu repot-repot menghitung secara manual.

Kamu bisa mengunduh app ini via Apple dan Android.

6. Check

Dengan Check, kamu gak perlu takut kelupaan membayar tagihan. Aplikasi ini mengingatkan kapan tagihanmu jatuh tempo, dan memudahkanmu membayar saat itu juga dari rekening bank atau kartu kreditmu; kamu juga bisa menjadwalkan pembayaran untuk masa mendatang. Hubungkan semua akunmu dalam satu app terenkripsi ini (kamu gak perlu khawatir, data kartumu “bocor) dan pantau semuanya untuk memudahkan akses dan pembayaran.

App ini tersedia di Apple dan Android.

7. Paypal

Buat kamu yang acapkali melakukan transaksi pembayaran ke luar negeri dengan Paypal, aplikasi yang satu ini jelas gak boleh terlewatkan. App ini memberikan akses pada neraca dan pemeriksaan transaksi. Kamu juga bisa menambah, menarik, atau mentransfer dana pada teman-temanmu. Terlebih lagi, kamu bisa memanfaatkan app ini di gerai toko, restoran, dan tempat-tempat lain yang menerima pembayaran PayPal.

Kamu bisa mengakses app ini lewat perangkat iOSAndroid, dan Windows.

8. Dollarbird

Dollarbird via www.digitaltrends.com

Dollarbird menawarkan kemudahan membaca pengeluaran harianmu dengan format kalender, sehingga kamu bisa mengetahui berapa banyak uang yang sudah kamu keluarkan tiap harinya. Tinggal klik saja pada tanggal yang ingin kamu lihat, dan kamu akan mengetahui berapa banyak uang yang sudah kamu keluarkan dan digunakan untuk pos apa saja.

Tersedia di iOS dan Android.

9. One Touch Expenser

One Touch Expenser via www.appsdaily.net

Ingin selalu awas dengan pengeluaranmu, tapi lagi terburu-buru dan gak mau ribet memasukkan detil transaksi? One Touch Expenser bisa menjawab kebutuhanmu itu. Dengan app ini, kamu gak perlu takut kelupaan mendataa pengeluaranmu; app ini akan membantu mencatat pengeluaranmu dengan satu sentuhan, dan memberikan pengingat untuk memasukkan detil transaksi setelahnya. App ini didesain sangat sederhana, tapi memang cuma itu yang kamu perlukan.

Unduh app ini di perangkat Android.

10. Book Keeper Accounting

Book Keeper Accounting via apps.store.aptoide.com

Nah, buat kamu yang berwirausaha, app ini penting buat kamu. Book Keeper Accounting merupakan salah satu aplikasi akuntansi terbaik yang bisa menjawab kebutuhanmu baik untuk bisnis berskala kecil maupun besar untuk memonitor transaksi, neraca, penjualan, pembukuan, dan lain-lain. App ini juga menonjolkan kemampuan untuk melakukan pengelolaan persediaan.

Aplikasi ini tersedia di perangkat iOSAndroid, dan Windows.

Setelah mengetahui aplikasi mana yang bisa bermanfaat untuk mengelola keuanganmu, berarti gak ada alasan lagi untuk melakukan pengeluaran yang gak terkontrol, dong. Yuk, lebih cerdas dalam mengontrol keuangan dengan aplikasi di atas.