Tahu adalah salah satu jenis makanan yang paling populer di tradisi-tradisi negara Asia termasuk Indonesia. Makanan yang terbuat dari kacang kedelai ini banyak dijumpai di budaya-budaya Asia seperti di Indonesia, karena biaya pembuatannya yang murah dan tentu saja nutrisinya yang sehat.

Selain sehat, tentunya tahu dapat menjadi lauk atau camilan yang nikmat. Sayangnya, memang nggak semua orang tahu bagaimana cara mengolah tahu yang nikmat. Salah mengolah sedikit, tahu justru bisa menjadi momok bagi lidah kita. Tapi tidak dengan aneka olahan tahu yang nikmat dan nggak biasa dari Hipwee Tips ini. Selamat ‘ngiler’ berjamaah, ya!

1. Pernah dengar yang namanya Wedang Tahu? Kelembutan teksturnya sangat juara meski kehadirannya tergolong baru

wedang tahu enaa via www.instagram.com

Wedang tahu memang tidak secara langsung terbuat dari tahu, namun terbuat dari susu kedelai. Meskipun begitu, cara pembuatannya yang sama dengan membuat tahu sutera pun menjadi makanan yang satu ini sebagai masakan olahan tahu. Mau tahu gimana cara buat makanan khas Semarang yang satu ini. Ini nih resepnya!

Bahan Tahu:

Advertisement
  • 1 liter Susu Kedelai
  • 4 gr agar-agar bubuk warna putih
  • 125 gr gula pasir
  • 1/4 sdm garam

Bahan Kuah Jahe:

  • 250 gram gula pasir
  • 100 gram gula merah
  • 1 liter air
  • 150 gram jahe, cuci, kupas, dan memarkan
  • 3 lembar daun pandan
  • 2 lembar daun jeruk
  • 3 cm kayu manis
  • 3 buah cengkeh
  • ½ sendok teh garam

Cara Membuat:

  • Pertama-tama didihkan susu kedelai, kemudian tambahkan agar, gula, dan garam. Sisihkan
  • Rebus gula merah bersama gula pasir, jahe, kayu manis, cengkih, dan garam serta gula  hingga  larut  serta beraroma. Saring
  • Sajikan tahu yang sudah mengental di dalam mangkok atau gelas, kemudian siram dengan kuah jahenya.
  • Wedang tahu pun siap disantap untuk menghangatkan badanmu!

FYI : Sebagai salah satu makanan yang paling sehat di dunia, tahu mengandung banyak nutrisi seperti protein, kalsium, dan juga asam amino. Bahkan tahu dikatakan dapat mengurangi resiko kanker lapisan perut!

2. “French Fries” Tahu juga patut kamu coba. Irit biaya, sekaligus lebih nikmat rasanya

tahu french fries! via www.foodpleasureandhealth.com

Makanan junk food seperti kentang goreng atay french fries emang nggak ada matinya, tapi ya itu…nggak sehat buat kita! Selain isinya kalori, karena digoreng french fries juga bikin kolestrol! Untuk alternatif yang lebih sehat, kamu bisa banget membuat french fries ala-ala yang terbuat dari tahu. Selain lebih sehat karena terbuat dari tahu, makanan yang satu ini juga lebih sehat karena dibuat dengan menggunakan oven. Gini nih cara buatnya:

Bahan:

  • Tahu
  • 1 sdm minyak sayur (minyak zaitun)
  • Garam, lada, dan bubuk cabai secukupnya

Cara membuat:

  • Keringkan tahu dengan cara menaruhnya diatas kain bersih agar jus tahu teresap. Tinggalkan selama 30-45 menit.
  • Panaskan oven hingga 190 drajat celsius.
  • Potong tahu memanjang menyerupai kentang goreng, tata diatas loyang lalu usapkan minyak sayur dengan menggunakan kuas.
  • Taburkan garam, lada, dan bubuk cabai sesuai selera.
  • Panggang selama 30 menit hingga krispi.
  • Tahu french fries siap dihidangkan!

3. Nggak kalah sama yang di restoran, Nugget Tahu ini dijamin membuat lidahmu serasa dimanjakan

nugget tahu

Nugget memang identik dengan daging ayam, tapi buat kamu yang memang hobi makan tahu, daging ayamnya bisa kamu ganti dengan tahu. Nggak cuma karena tahu lebih sehat, pastinya tahu juga lebih murah harganya. Mau tahu gimana cara bikin tahu? Cek yuk!

Bahan:

  • 65 gr tepung serba guna
  • 1 sdt gula
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt bubuk cabai
  • 400 gram tofu
  • 100 gr cornflakes
  • 500 ml minyak goreng
  • 90 ml air putih

Cara Membuat:

  • Campur bahan-bahan kering seperti tepung, gula, garam, dan bubuk cabai. Campur dengan air hingga terbentuk adonan nugget.
  • Remas-remas cornflake dengan tangan hingga halus.
  • Potong-potong tofu sesuai selera.
  • Celupkan tahu ke adonan basah kemudian celupkan ke remah cornflake.
  • Panaskan minyak dan goreng nugget tahu kurang lebih 3 menit.
  • Sajikan dengan saus tomat atau mayonaise favorit kamu!

Hemat, tapi tetap enak!

4. Kamu juga bisa mengolah tahu menjadi mayonaise. Lebih sehat dan aman pastinya

mayonnaise vegan enak! via quitegoodfood.co.nz

Biar nugget tahumu lebih asik, kamu bisa juga membuat mayonaise dari tahu. Seperti yang kita tahu, mayonaise umumnya terbuat dari telur yang mana mengandung terlalu banyak lemak dan kolestrol. Oleh karena itu, kamu bisa banget menggantikan telur dengan tahu agar mayonaise-mu jauh lebih sehat!

Bahan:

  • 300 gr tahu sutera
  • 2 sdm air lemon
  • 1/2 sdt garam
  • 2 sdm minyak sayur/zaitun
  • 1 sdt mustard
  • 1 sdt madu

Cara Buat:

  • Campurkan semua bahan di dalam blender hingga halus
  • Mayonaise siap dinikmati dengan makanan favorit kamu!

Mayonaise tahu ini dijamin bakal bikin nagih. Coba segera, yuk!

5. Bingung mau bikin kreasi apalagi dengan tahu? Jatuhkan saja pilihanmu kepada Steak Tahu!

Yah memang derita orang-orang yang nggak bisa makan daging adalah, mereka harus bersedia makan protein seperti tahu dan tempe. Banyak yang mengira bahwa makanan seperti tahu tidak bisa kamu olah menjadi makanan mewah seperti steak. Padahal, tahu juga bisa kamu olah menjadi steak yang nikmat untuk disantap! Mau tahu gimana caranya? Ini nih resepnya!

Bahan:

  • 150 gr tahu
  • 1 sdt jinten
  • ¼ sdt lada
  • 1 sdt cabai bubuk
  • ¼ sdt bawang putih
  • ¼ sdt garam
  • 2 sdm minyak
  • 1 sdt kecap hoisin
  • 1 sdt kecap asin
  • 1 seledri
  • 1 sdt daun bawang

Cara membuat:

  • Ulek jinten hingga halus kemudian campur dengan garam, lada, cabai, dan bawang putih bubuk.
  • Campurkan kecap asin, kecap hoisin, dan minyak.
  • Oleskan campuran jinten ke tahu hingga rata.
  • Panaskan wajan yang sudah diberi minyak, kemudian masak tahu.
  • Selagi tahu masak, oleskan campuran kecap ke tofu dengan menggunakan kuas.
  • Masak masing-masing sisi hingga kecoklatan kemudian taburi dengan seledri dan daun bawang.
  • Steak tahu pun siap dinikmati!

Enak, enak, enak!

6. Pengen bikin tahumu layaknya makanan jepang? Bikin saja Tahu Ala Katsu Pedas

Chicken katsu mungkin adalah salah satu jenis makanan Jepang yang paling familiar di telinga orang Indonesia. Jenis masakan yang satu ini pun dapat kamu nikmati dengan tahu sebagai ganti daging ayam! Jadi buat kamu yang vegeterian atau memang suka banget sama tahu, makanan yang satu ini bisa kamu jadikan hidangan yang lezat dan yang pastinya murah!

Bahan:

-400 gr tahu1/4 sdt bawang putih bubuk
-1/4 sdt cabai bubuk
-1 sdt garam
-1/3 cup tepung serba guna
-2 telur
-2 cup tepung panko
-minyak sayur

Cara Membuat:

  • Sediakan tiga jenis mangkok.
  • Mangkok pertama diisi dengan campuran tepung, cabai bubuk, bawang putih bubuk, dan garam. Mangkok kedua diisi dengan telur dan mangkok ketiga diisi dengan tepung panko.
  • Potong tahu segiempat kira-kira 2.5cm kemudian celupkan mulai dari mangkok pertama hingga ketiga.
  • Goreng tahu dalam minyak panas hingga coklat keemasan.
  • Tofu siap dihidangkan dengan saos sambal favoritmu!

7. Hiyayakko, Tahu segar yang didinginkan dan cocok dimakan pas udara sedang panas-panasnya

hiyayakko si tahu dingin! via www.sylviageatery.com

Hiyayakko adalah jenis makanan jepang yang mungkin masih terdengar asing buat kebanyakan orang Indonesia. Tapi buat kamu yang hobi kulineran masakan Jepang, kamu mungkin udah tahu betapa enaknya hidangan yang satu ini. Hiyayakko sendiri adalah makanan berbahan dasar tofu sutera yang dihidangkan secara mentah.

Sebelum dihidangkan, tahu tersebut harus didinginkan didalam kulkas, yang kemudian dihidangkan dengan kecap asin, parutan jahe, dan potongan daun bawang! Mau tahu gimana cara buatnya? Cek yuk!

Bahan:

  • 400 gr tahu sutera
  • 1 batang daun bawang iris tipis
  • 2 sdt jahe parut
  • 2 sdm kecap (asin atau manis sesuai selera)

Cara Membuat:

  • Potong tofu yang sudah didinginkan di dalam kulkas menjadi 4-6 potong
  • Sajikan masing-masing tahu dengan toppings daun bawang, jahe, dan kecap!
  • Enak banget disantap saat panas-panasan!

Sueger!

8. Rolade Tahu, alternatif lauk atau camilan yang lebih menyehatkan!

rolade tahu dengan sosis! via www.diahdidi.com

Seperti namanya, rolade tahu adalah rolade yang terbuat dari tahu. Berbeda dengan rolade yang biasa, pinggiran rolade terbuat dari tahu basah yang telah dibumbui. Masakan yang satu ini tentunya bisa menjadi alternatif olahan tahu yang bisa kamu buat sehari-hari. Kalau kamu tertarik untuk membuatnya, ini nih resepnya!

Bahan:

– 1 bh Tahu cina
– 300 gr Daging ayam giling
– 2 btg Seledri
– 1 btr Telur
– 75 gr Tepung roti kasar
– 1 bks Masako ayam
– 1 bh Wortel rebus
– 8 bh Buncis rebus

Cara Membuat:

  • Cincang Seledri
  • Haluskan tahu. Tambahkan daging ayam, seledri, telur, tepung roti, dan kaldu bubuk rasa ayam, aduk rata.
  • Siapkan alumunium foil, tuang dan pipihkan adonan. Isi dengan wortel dan buncis rebus, gulung, dan padatkan
  • Kukus ±30 menit hingga matang, dinginkan, angkat, potong-potong, dan sajikan.

9. Abura-age, tahu isi asal Jepang yang nggak cuma lucu tapi enak buat dimakan

tahu kantong a la Jepang via delectablebakehouse.com

Lagi-lagi kita punya resep olahan tahu asal Jepang, karena seperti Indonesia negara yang satu ini memang cinta dengan produk kacang kedelai yang satu ini. Kali ini ada masakan Abura-age yang menggunakan tahu cokelat dibandingkan dengan tahu putih. Masakan yang satu ini juga biasa disebut tahu kantong karena bentuknya yang seperti kantong yang kemudian diisi dengan berbagai jenis fillings. Yuk buat bareng!

Bahan Kulit Tahu:

  • Tahu Pong
  • 3 sdm kecap asin
  • 3 sdm gula
  • kaldu bubuk instan
  • Air untuk merebus  kira kira aja jumlahnya sampai bisa merendam tahu/ abura age. Jadi jumlah kecap & gula bisa menyesuaikan.

Bahan Isian Nasi:

  • 2 cup nasi hangat yang baru matang
  • 1 sdm gula pasir
  • ½ sdt garam
  • 3 sdm cuka jepang ato cuka yang terlalu asam

Cara Membuat:

  • Potong tahu pong jadi 2 dan rendam dalam air panas. Ini bertujuan untuk menghilangkan lemak dalam tahu
  • Setelah terendam semua langsung  angkat & tiriskan. Peras air yang tersisa.
  • Sementara itu rebus air  di panci sampai mendidih. Masukkan kecap , kaldu, dan gula.
  • Masukkan tahu sampai terendam.
  • Rebus sampai air habis
  • Kalo udah meresap , matikan api dan tunggu sampai hangat. Sambil nunggu kita siapkan nasinya.
  • Campur cuka, gula dan garam dalam wadah. Aduk sampai larut.
  • Ambil nasi dan campur dengan larutan cuka.
  • Ambil tahu pong dan buka tepinya perlahan.
  • Kepal kepal nasi kira kira ukurannya bisa masuk abura age.
  • Masukkan ke abura age dan tekan lagi lalu lipat ujung ang terbuka.
  • Lakukan sampai bahan habis, lalu tahu kantong bisa dinikmati!

10. Tahu Bakso, biarpun jadul tapi tetap pas di lidah kita-kita

Sebagai orang Indonesia, siapa sih yang nggak kenal dengan tahu bakso? Luarnya tahu, dalemnya bakso? Siapa coba yang nggak tergiur dengan makanan enak yang satu ini. Biar kamu nggak usah ngehabisin duit buat beli, mending kamu bikin sendiri deh dengan resep yang satu ini!

Bahan:

  •  25 – 30 buah tahu goreng atau tahu pong atau tahu Sumedang ukuran 3 x 3 cm, iris bagian tengahnya hingga membentuk kantung
  •  300 gram daging sapi giling
  •  300 gram daging ayam giling
  •  200 gram tepung sagu
  •  2 butir telur ayam ukuran besar
  • 1 batang daun bawang, cincang halus (optional)

Bahan Bumbu:

  •  8 siung bawang putih
  •  5 siung bawang merah
  •  1 1/2  sendok teh merica butiran
  •  1 1/2 sendok teh kaldu bubuk
  •  1/2 sendok makan garam (sesuai selera)

Bahan Air Rebusan Bakso:

  •  3 siung bawang putih, haluskan
  •  1/2  sendok makan garam
  •  2 1/2 liter air

Cara Membuat:

  • Siapkan mangkuk masukkan daging sapi, daging ayam, daun bawang dan  bumbu halus.
  • Uleni adonan dengan tangan hingga tercampur rata dan serat-serat daging tercerai berai atau tidak menggumpal lagi.
  • Masukkan telur, uleni hingga rata dan tambahkan tepung sagu. Aduk dengan tangan hingga menjadi adonan yang smooth. Cicipi rasanya.
  • Masukkan satu sendok makan adonan bakso ke tengah tahu yang telah diiris hingga terbuka, jejalkan adonan dengan ujung-ujung jari hingga padat dan mengisi rongga tahu.
  • Siapkan panci, beri air dan bumbu untuk merebus tahu bakso. Rebus hingga air mendidih.
  • Masukkan tahu yang telah diisi adonan ke dalam air mendidih. Rebus hingga tahu mengapung dan matang.
  • Angkat tahu menggunakan saringan kawat dan tiriskan.
  • Tahu bakso siap dihidangkan!

Nah, tahu ternyata bisa diolah menjadi berbagai macam makanan yang nikmat ‘kan? Nggak cuma penuh nutrisi, mereka pun sangat ekonomis bagi kantong kita. Buat kamu yang lagi mencari ide untuk bereksperimen di dapur, semoga resep-resep ini bisa menjadi inspirasi buatmu!