Snack atau kudapan bisa dipastikan selalu hadir di setiap kesempatan. Terutama ketika sedang berkumpul bersama teman-teman. Rasanya waktu bertemu dengan mereka akan makin asyik karena terhidangnya snack di meja. Apa kamu bosan dengan camilan kemasan biasanya dan gak mau repot bikin kudapan nikmat? Well, finger snack bisa jadi solusinya!

Finger snack adalah kudapan yang memiliki bentuk kecil dan habis dalam sekali gigit. Karena ukurannya kecil seperti jari, makanya diberi istilah finger. Tidak perlu beli mahal- mahal di kafe. Bahkan, kamu bisa meracik sendiri di dapur kesayangan lho. Yuk simak, 10 resep yang bakal Hipwee jabarkan ini!

1. Buat Churros dalam ukuran lebih kecil akan memanjakan tamu. Tambah juga lelehan cokelat dan gula halus, dijamin mereka gak bakalan jemu!

Churros dicelup cokelat makin legit. via www.yelp.com

Advertisement

Sebagai salah satu snack yang sedang hits di dunia kuliner Indonesia beberapa waktu terakhir ini, Churros sudah
banyak banget dijajakan. Mulai dari cafe bahkan sampai gerobak pinggir jalan. Ingin menjamu teman-temanmu dengan makanan renyah ini? Kalian bisa membuatnya dalam waktu yang cukup singkat plus dengan bahan yang sederhana.
Apa saja bahan yang harus disiapkan?

  • 250 ml air
  • 2 sdm mentega
  • 150 gr tepung terigu
  • 1 butir telur
  • 1 sdm gula pasir
  • 1 sdm gula pasir
  • 1/2 sdt kayu manis bubuk
  • Minyak goreng secukupnya

Cara membuatnya:

Advertisement
  • Campur air, mentega, dan gula pasir di atas teflon kecil, masak hingga mendidih.
  • Masukkan tepung terigu di atas api kecil, aduk selama 2 menit, lalu matikan api.
  • Aduk adonan sampai kalis, lalu masukkan telur dan kocok lepas hingga tercampur sempurna.
  • Masukkan adonan ke dalam pipping bag. Gunting ujungnya dan tambahkan cetakan kerucut agar hasilnya
    lebih cantik.
  • Panaskan minyak di atas api sedang. Masukkan adonan churros dengan ukuran kecil-kecil hingga berwarna kecoklatan. Tiriskan.

Kamu bisa menikmati churros dengan taburan gula halus dan bubuk cinnamon. Ditambah cokelat leleh untuk dicelup akan membuat churros-mu semakin manis dan legit.

2. Sweet Potato Bites – Ubi yang kelihatan biasa aja, ternyata bisa disulap jadi snack yang gak kalah istimewa!

Sulap ubi jadi makanan ala resto. via www.rd.com

Ubi bisa jadi terobosan baru sebagai bahan baku finger snack-mu. Yes, kamu bisa memanfaatkan ubi sebagai menu alternatif kudapan arisan kecilmu. Kamu hanya perlu memanggang ubi dan tambahkan saus dari alpukat bersama potongan sayuran dan daging di atasnya. Dijamin, rasa manis dan lembutnya tekstur daging akan berpesta di dalam mulutmu dalam sekali hap.

3. Buat telur rebus jadi makanan ala restoran bintang lima. Kamu tinggal mencampurnya dengan saus rahasia!

creamy egg via www.bettycrocker.com

Ada banyak stok telur di kulkasmu? Bingung mau dibikin snack apa? Segera buat telur rebus, dan tambahkan saus spesial di atasnya. Niscaya, kudapanmu menjadi lebih berbeda dari biasanya.
Bahan untuk saus rahasianya adalah:

  • Mayonaisse
  • Mustard
  • Gula
  • Garam

Langkah:

  • Belah telur rebus menjadi 2 bagian dan ambil bagian kuningnya.
  • Campur kuning telur yang telah direbus tadi dengan mayonnaise, mustard, gula, dan garam.

Tinggal sajikan dengan memasukkan saus rahasia di bagian putih telur. Bagi para penggila pedas, tinggal tambahkan saja bubuk cabe di atasnya.

4. Toast dengan lumuran krim keju dan tomat segar. Dijamin membuat tamumu gak sabar untuk segera melahapnya.

Dengan bahan dasar roti, kamu bisa menyulap lembarannya menjadi sesuatu yang spesial dan menggugah selera. Kamu hanya perlu menyiapkan roti panjang ala Italia, krim keju, parsley, tomat, olive oil, garam, lada hitam, dan bawang.

Campur semua bahan ke dalam wadah besar, kecuali minyak zaitun. Setelah tercampur rata dan roti sudah dipotong, lumuri campuran keju dan bumbu tadi di atas roti berukuran kecil setelah dioles minyak zaitun. Lalu panggang di microwave dengan suhu 204’C selama 5 menit. Ulala! Snack sekali lahap dari roti ini siap untuk dinikmati.

5. Rasakan kesegaran irisan buah dan marshmallow yang sudah dicelup saus cokelat dalam sekali hap!

Fruit chocolate fondue via www.portaltudoaqui.com.br

Snack ini adalah resep yang termudah dan bisa dinikmati dalam sekejap. Kamu hanya perlu menyiapkan beberapa macam buah yang telah dipotong-potong serta cokelat untuk dilelehkan. Sajikan buah-buahan dan marshmallow di atas piring, dan siapkan wadah mangkuk untuk plating cokelatmu. Voila! Fruit Chocolate Fondue-mu siap dinikmati bersama tamu istimewa.

6. Kreasikan sayuran atau buah-buahan sebagai ganti topping di atas pancake mini. Dijamin kudapanmu ini akan lebih bergizi.

mini pancake via www.pinterest.com

Menu makanan pendamping yang mudah dibuat lainnya adalah pancake. Ya, dengan bahan dasar tepung terigu dan telur, adonan pancake sudah siap untuk dieksekusi di atas teflon. Kamu bisa membuat pancake dengan ukuran mini. Kalau kamu bosen dengan topping manis seperti madu atau es krim, coba ganti dengan topping sayuran, seperti mentimun, tomat, atau telur dan daging. Kamu bisa kenyang dan sehat dalam sekali santap lho.

7. Nostalgia dengan bekal buatan mama bisa kamu hadirkan finger snack-mu. Lilit potongan sosis dengan mie lalu goreng dengan minyak panas.

Sosis dengan balutan mie rebus. Enak. via yolksandforks.blogspot.co.id

Jangan lupakan makanan yang pernah jadi sahabat terbaikmu waktu bawa bekal ke sekolah ini, guys. Masakan buatan mama ini memang gampang banget dibikin. Kamu hanya perlu menyiapkan mie instan dan sosis sebagai bahan utamanya. Caranya, cepat dan mudah. Masak mie instant terlebih dahulu. Tiriskan, lalu lilitkan di badan sosis yang telah kamu potong kecil-kecil, dan goreng. Voila! Kudapan sekali gigit sederhana dan enak sudah siap untuk disantap!

8. Bosan dengan bakso yang rasanya gitu-gitu aja? Yuk, bikin kreasi bola-bola sosis keju yang dijamin lebih tasty!

Olahan sosis disulap menjadi bakso. via yolksandforks.blogspot.co.id

Di Indonesia banyak banget yang menjajakan bakso ya. Kalau kamu bosen, kamu bisa mengganti bakso yang berbahan dasar daging sapi dengan olahan sosis. Kamu bisa membentuknya seperti bakso juga, nih. Cara pembuatannya pun nggak ribet dan hanya membutuhkan waktu yang cukup singkat.

Bahan:

  • 1 1/2 cup tepung terigu
  • 1/2 sdt garam
  • 1/4 sdt merica
  • 1 1/2 sdt baking powder
  • 2 cup keju cheddar parut
  • sosis yang sudah dicincang
  • 1/2 bagian bawah putih parut kasar
  • 3 sdm mentega yang telah dilelehkan

Cara membuat:

  • Campur semua bahan di dalam wadah besar.
  • Aduk dengan tangan hingga tercampur secara merata.
  • Buat bentuk seperti bola dengan ukuran agak kecil.
  • Panggang di oven kira- kira selama 25 menit.

Bakso dari sosis pun siap dihidangkan dalam keadaan panas.

9. Beli roti bun yang berukuran mini dan isi dengan bahan pelengkap burger. Camilan mengenyangkan siap menemani harimu!

mini burger via www.yuppiechef.com

Burger merupakan salah satu makanan yang dapat disajikan dalam waktu yang cukup singkat, lho. Kamu hanya perlu menyiapkan beberapa macam sayuran, seperti mentimun, wortel, dan bawang bombay. Jangan lupa daging dan roti bun yang bisa kamu potong agar ukurannya bisa lebih kecil. Tinggal tumpuk dan olesi dengan saus tomat, mayonaise, dan saus sambal. Nyam nyam! Burger unyu siap untuk dilahap!

10. Ingin kudapan nikmat sekaligus crunchy? Kamu bisa kok membuat pizza mini di dapur sendiri!

mini pizza via www.welke.nl

Ingin memberi suguhan tamumu dengan pizza? Kamu juga bisa lho buat pizza dengan ukuran kecil dan habis dalam sekali santap. Caranya semudah membuat pizza biasanya. Untuk topping, kamu bisa menambahkan keju, tomat, paprika, daging atau sosis. Panggang dan tadaaa! Kudapan imut ini siap kamu sajikan di meja makan untuk teman mengobrolmu nanti.

Dari dari kumpulan kudapan imut di atas, mana nih yang pingin kamu buat sekarang?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya