Berwarna merah, punya rasa manis sedikit asam, serta bentuk yang imut membuat strawberry jadi salah satu buah yang banyak digemari. Kandungan vitamin C dan anti oksidan menjadikan buah ini cocok dikonsumsi sehari-hari. Selain mencerahkan kulit, strawberry juga berperan dalam pencegahan penyakit kanker dan stroke, lho!

Nah, karena buah cocok ini dijadikan camilan sehari-hari, kamu bisa kok menjajal kreasi camilan yang berbahan dasar strawberry. Selain mudah dibuat dan pastinya bermanfaat, camilan-camilan ini juga bisa jadi pelengkap saat sedang kumpul bersama keluarga. Apa aja sih resepnya? Yuk, simak di artikel ini!

1. Agar momen kumpul bareng keluarga terasa lengkap, siapkan camilan strawberry salut cokelat!

stroberi salut coklat

stroberi salut coklat via faveable.com

Advertisement

Resep yang satu ini bakal mudah banget dibuat. Bahkan, kamu mungkin hanya butuh waktu antara 10 – 15 menit saja untuk menyiapkannya.

Bahan yang dibutuhkan :

  • Cokelat batangan sesuai selera
  • Strawberry yang sudah dicuci dan ditiriskan
Advertisement

Bahan untuk topping :

  • Cokelat putih

Cara membuatnya :

  • Lelehkan kedua cokelat dalam wadah yang berbeda. mangkuk tahan panas di atas panci yang diisi air
  • Setelah cokelat meleleh sempurna, celupkan strawberry satu per satu lalu taruh di atas nampan yang sudah dialasi kertas roti.
  • Tunggu hingga cokelat menempel sempurna, lalu hiasi dengan cokelat putih. Kamu bisa menggunakan garpu untuk membuat hiasan di atas strawberry yang sudah dicelup cokelat.

2. Manjakan keluargamu dengan membuat camilan istimewa, cream cheese icebox cookie sandwiches.

cookies strawberry yang imut dan enak

cookies strawberry yang imut dan enak via www.recipe.com

Yup! resep yang satu ini memang terbilang spesial. Pasalnya, kamu harus sedikit bekerja esktra untuk membuat kue-kue imut ini. Tapi sekali-kali memanjakan keluarga di momen istimewa nggak ada ada salahnya juga ‘kan?

Bahan yang dibutuhkan :

Cookies lemon :

  • 225 gr mentega
  • 225 gr gula pasir
  • 1 sdt baking powder
  • 1/4 sdt garam
  • 1 butir telur
  • 1 sdt teh vanila bubuk
  • 250 gr tepung terigu
  • 2 sdt parutan kulit lemon

Strawberry cheese cream :

  • 240 ml cheese cream
  • 55 gr mentega
  • 660 gr gula bubuk
  • 170 gr strawberry

Cara membuatnya :

Cookies lemon :

  • Gunakan mixer untuk mencampur mentega, gula, baking powder, dan garam. Setelah tercampur rata, masukan pula telur dan vanila bubuk.
  • Masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit. Aduk rata dan tambahkan parutan kulit lemon.
  • Setelah kalis, bagi adonan menjadi 2 bagian dan bentuk menyerupai lontong.
  • Bungkus adonan dengan plastik dan diamkan selama 1 – 3 jam hingga adonan agak keras sehingga bisa dipotong-potong.
  • Siapkan oven dengan suhu 190 derajat Celcius, lalu panggang adonan yang sudah dipotong-potong selama 8-10 menit.

Strawberry cheese cream :

  • Campurkan cheese cream dan mentega, setelah itu gula bubuk.
  • Tambahkan pula buah strawberry yang sudah diblender halus dan aduk rata.
  • Setelah semua tercampur, masukan adonan pada plastik lalu simpan selama 1 jam dalam lemari es.
  • Kemudian, lubangi plastik lalu oleskan cream pada cookies dan kreasikan sesuai seleramu.

3. Pengen camilan segar di siang hari yang terik? Milkshake strawberry dijamin bikin suasana lebih ceria!

strawberry milkshake

strawberry milkshake via www.unbelievable-facts.com

Saat cuaca sedang terik-teriknya, paling nyaman tinggal di rumah dan mengobrol bersama keluarga. Nah, supaya suasana lebih semangat dan ceria, resep milkshake strawberry berikut ini bisa kamu jadikan senjata!

Bahan yang dibutuhkan :

  • 480 ml susu cair
  • 170 gr buah strawberry
  • 3 sdm madu

Cara membuatnya :

  • Blender susu, buah strawberry dan madu hingga lembut. Periksa tekstur stawberry dan tingkat keasamannya. Jika rasa manis dan asamnya sudah pas, kamu bisa segera menghidangkannya. Bisa juga didinginkan terlebih dahulu di dalam lemari es sebelum disantap, ya!

4. Saat butuh camilan yang mengenyangkan, crepes strawberry dan cokelat bisa kamu hidangkan.

strawberry chocolate crepes

strawberry chocolate crepes via c

Di momen spesial seperti hari raya misalnya, seringkali kamu dan keluarga bosan dengan nasi dan lauk pauk yang tersedia. Nah untuk mengisi perut yang lapar, resep yang satu ini banget lho diandalkan.

Bahan yang dibutuhkan :

Bahan kulit :

  • 100 gr tepung terigu
  • 1 sdm gula pasir
  • 2 butir telur
  • 300 ml susu cair
  • 75 gr mentega cair
  • mentega untuk olesan

Bahan untuk topping :

  • Selai strawberry
  • Selai cokelat

Bahan untuk dressing :

  • Potongan buah strawberry
  • Gula bubuk
  • Susu kental manis cokelat

Cara membuatnya :

  • Masukkan gula pasir, tepung terigu dan kocokan telur. Aduk semua adonan sampai rata.
  • Tambahkan susu sedikit demi sedikit, lalu aduk lagi hingga rata dan diamkan selama 60 menit.
  • Panaskan wajan teflon atau wajan biasa yang bentuknya agak landai. Kemudian olesi dengan mentega dan tuangkan adonan lalu ratakan hingga membentuk bulatan.
  • Tunggu adonan sampai menguning. Bubuhkan selai sesuai selera. Gulung di atas wajan. Angkat. Sisihkan.
  • Ulangi hingga semua adonan habis. Kemudian, tata di atas piring dan hias dengan potongan buah, susu kental manis atau gula bubuk.

5. Bosan menyantap sup yang itu-itu saja? Resep sup strawberry ini bikin jamuan makan di rumahmu terlihat berbeda.

soup strawberry

soup strawberry via doughmesstic.com

Kita mungkin sudah terbiasa menyantap sup. Namun, rata-rata menu sup yang dihidangkan pastilah punya cita rasa asin, seperti sup ayam atau sup jagung misalnya. Kenapa nggak membuat hidangan yang berbeda dari biasanya? Ini lho resep sup strawberry yang boleh banget kamu coba!

Bahan yang dibutuhkan :

  • 340 gr buah strawberry
  • 480 ml jus jeruk
  • 480 ml yogurt rasa vanila
  • 1/2 sdt ekstrak vanila

Bahan topping :

  • whipped cream
  • daun mint

Cara membuatnya :

  • Blender semua bahan jadi satu. Pastikan buah strawberry sudah hancur sempurna dan tercampur merata dengan jus jeruk, yogurt, dan ekstrak vanila.
  • Tuangkan adonan yang sudah diblender ke dalam mangkuk, tambahkan whipped cream dan daun mint sebagai pemanis.

6. Punya tekstur yang renyah dan rasa manis, strawberry muffins memang paling pas jadi teman minum teh atau kopi bareng keluarga.

strawberry muffins

strawberry muffins via ohsweetday.com

Kumpul keluarga biasanya ditemani minuman seperti kopi dan teh. Tapi kalau minum saja sih rasanya kurang lengkap, ya? Nah sebagai pelengkapnya, kue-kue cantik ini cocok jadi pendampingnya.

Bahan yang dibutuhkan :

  • 330 gr tepung terigu
  • 1 sdm baking powder
  • 1/2 sdt baking soda
  • 1/2 sdt garam
  • 1 1/2 sdm bubuk cinamon
  • 300 ml susu cair
  • 2 butir telur
  • 220 gr mentega
  • 340 gr buah strawberry
  • 330 gr gula pasir

Cara membuatnya :

  • Campurkan tepung terigu, baking powder, baking soda, garam, dan bubuk cinamon dalam satu wadah.
  • Setelah semua tercampur, tambahkan pula susu, telur, dan mentega.
  • Baru kemudian, tambahkan strawberry dan gula lalu aduk kembali.
  • Siapkan cetakan muffin yang sudah dialasi kertas roti.
  • Masukkan adonan dalam tiap-tiap cetakan lalu panggang dalam oven bersuhu 190 derajat Celcius selama kurang lebih 20 – 25 menit.

7. Siapkan camilan segar yang nggak terlalu mengenyangkan dengan membuat puding mangga saus strawberry.

pudding mangga saus strawberry

pudding mangga saus strawberry via www.mydarlinglemonthyme.com

Jangan sampai camilan-camilan yang kamu siapkan justru membuat keluarga atau teman yang berkunjung merasa begah lantaran kekenyangan. Solusinya, kamu bisa membuat camilan ringan dengan rasa segar seperti puding mangga saus strawberry ini.

Bahan yang dibutuhkan :

  • 300 gram mangga
  • 1 sachet resep puding mangga instant
  • 150 gram gula pasir
  • 200 gram strawberry
  • 5 sdm gula cair
  • 1/2 sdt maizena
  • 50 ml air mineral

Cara membuatnya :

  • Hancurkan buah mangga dengan cara diparut atau diblender.
  • Masak puding rasa mangga instant dan gula di atas api kecil hingga mendidih. Campurkan mangga yang sudah dihancurkan tadi kemudian aduk hingga rata.
  • Hancurkan buah strawberry lalu masukkan ke dalam panci. Tambahkan gula cair, maizena dan air.
  • Aduk-aduk sebentar di atas api kecil, lalu tuangkan dalam wadah.
  • Setelah puding dingin, siram dengan saus strawberry dan hias dengan potongan strawberry segar.

Nah, gimana? Gampang banget ‘kan bikin resep-resep di atas? Momen kumpul keluarga tentu terasa lebih istimewa jika kamu menyiapkan hidangan-hidangan ini. Yang pasti, kamu dan keluarga bisa menyantap camilan berbahan dasar strawberry yang pastinya sehat, lho! Selamat mencoba, ya! 🙂

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya